WA WEB, Cara Menggunakan WhatsApp Web di Komputer PC atau Laptop

WA Web memang praktis digunakan terlebih bagi mereka yang cenderung sering bekerja di depan komputer atau laptop, sehingga tidak perlu bolak-balik cek handphone untuk membalas pesan yang masuk. WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan teks, pesan suara, gambar, file, panggilan dan juga panggilan video.

WhatsApp bisa dikatakan sebagai aplikasi chatting paling populer saat ini, seperti kita lihat hampir semua orang menginstall WhatsApp di smartphone mereka baik di iOS iPhone, Android maupun di Windows Phone. Benar saja karena tampilan tatap muka yang menarik serta aplikasi yang ringan dan simpel membuat orang lebih memilih WhatsApp untuk bisa berkomunikasi dengan keluarga atau teman mereka.

AGEN333

Popularitas WhatsApp tentu saja menggeser BBM yang sempat bertahun-tahun menjadi aplikasi instant messenger paling favorit para pengguna. Sayangnya memang aplikasi BBM kini jarang digunakan karena alasan beberapa hal seperti tatap muka aplikasi yang kurang menarik, banyaknya iklan yang tampil dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan WhatsApp Web di Komputer PC atau Laptop

Pada kesempatan ini kami ingin berbagai tutorial cara menggunakan WA WEB atau WhatsApp Web yang bisa di praktekkan di Google Chrome, Mozilla Firefox dan lain sebagainya. Menghubungkan WhatsApp Web dengan smartphone baik iOS maupun Android, berikut step by step caranya.

Cara login WhatsApp Web

Langkah pertama silahkan login ke https://web.whatsapp.com di komputer, nantinya akan ditampilkan QR Code seperti berikut

cara login whatsapp

Selanjutnya buka aplikasi WhatsApp di smartphone kamu, pilih Opsi dipojok kanan atas kemudian pilih WhatsApp Web dan arahkan atau scan kode yang tampil di halaman web.whatsapp.com diatas

Sampai disini kamu sudah berhasil membuka WA Web dan sudah siap digunakan layaknya menggunakan WhatsApp di handphone.

Jika di step sebelumnya kamu men-ceklist opsi Tetap Masuk maka selama cookies atau history browser di komputer kamu tidak dihapus, maka otomatis bisa masuk ke WhatsApp Web tanpa perlu scan QR Code lagi.

Cara logout WhatsApp Web

Untuk cara logout WhatsApp Web caranya sangat mudah, bisa melalui WhatsApp Web di browser komputer atau bisa juga melalui aplikasi WhatsApp di handphone kamu.

Untuk logout melalui handphone caranya hampir sama, klik Opsi di pojok kanan atas kemudian pilih WhatsApp Web dan pilih Keluar dari semua perangkat

Untuk logout melalui WhatsApp Web sendiri cukup klik Opsi kemudian pilih Keluar

Bagaimana, sangat mudah bukan? tersedia juga pilihan aplikasi yang bisa di download dan install di PC Windows atau Apple Mac yang bisa kamu kunjungi di link ini https://www.whatsapp.com/download. Untuk cara penggunaannya sama, buka aplikasi WhatsApp kemudian scan QR Code yang muncul di aplikasi.

Hal yang menjadi kekurangan WhatsApp Web

Meskipun demikian ada beberapa hal yang sebagian besar pengguna mungkin merasakan hal ini sebagai kekurangan dari WhatsApp Web, diantaranya adalah:

  • Aplikasi harus terinstall dan aktif di handphone.
  • Handphone harus berada relatif dekat, harus dalam keadaan On serta memiliki koneksi internet yang baik agar WhatsApp Web bisa tetap terhubung
  • Meskipun sudah login di WhatsApp Web, terkadang pengguna tidak bisa masuk ke dashboard atau halaman depan WhatsApp dan harus membuka aplikasi WhatsApp di handphone mereka.

Bagi kamu yang kesulitan untuk masuk ke WhatsApp Web padahal sudah aktif, silahkan logout terlebih dahulu di WhatsApp handphone kemudian lakukan login ulang.

Bagaimana Cara Video Call WhatsApp di Komputer?

Sebenarnya hal seperti ini cukup jarang pengguna lakukan di laptop atau komputer, beberapa hal diantaranya karena cara ini cukup repot dan kurang praktis terlebih kualitas kamera di laptop cenderung kurang baik. Tetapi jika kamu menginginkannya ada cara yang bisa kamu coba yaitu dengan menginstall emulator seperti Bluestack.

Emulator ini berfungsi untuk bisa membuka file aplikasi berformat .apk dimana merupakan format yang dijalankan di sistem Android. Silahkan kamu dapat mendownload aplikasi emulator tersebut di komputer kemudian tambahkan .apk WhatsApp dan buka menggunakan Bluestack. Langkah selanjutnya sama halnya seperti login WhatsApp di handphone Android kamu, lalu ijinkan komputer kamu untuk menerima dan melakukan panggilan video.

Bluestack bukanlah satu-satunya emulator Andorid di PC, ada banyak jenis program lain yang bisa kamu coba. Aplikasi Bluestack ini membutuhkan cukup banyak RAM di komputer kamu dan kami menyarankan minimal RAM adalah 4GB. Tidak hanya dapat untuk membuka WhatsApp, emulator ini juga bisa untuk membuka aplikasi Android lainnya.

Login beberapa nomor akun WhatsApp Web bisakah?

Login beberapa akun WhatsApp Web pun bisa, caranya adalah dengan memanfaatkan fitur Jendela Penyamaran atau Incognito atau Mode Privat untuk browser di komputer. Untuk Google Chrome bisa menekan CTRL+SHIFT+N sedangkan untuk Mozilla Firefox menggunakan pintasan CTRL+SHIFT+P dengan cara yang kurang lebih sama dengan login WhatsApp Web seperti tutorial diatas.

Fakta unik tentang WhatsApp

Sudah pasti pengguna sangat paham cara menggunakan WhatsApp, namun tidak semuanya tahu ada fakta-fakta unik dari WhatsApp yang jarang orang ketahui.

  • Siapa pendiri dan pembuat WhatsApp?

WhatsApp dirikan dan dibuat oleh Jan Koum dan Brian Acton yang merupakan mantan karyawan dari Yahoo pada tanggal 24 Februari 2009 atau 10 tahun silam. WhatsApp memiliki kantor yang bermarkas di Mountain View, California, Amerika Serikat.

Uniknya WhatsApp sama sekali tidak mengeluarkan biaya sepeserpun untuk memasarkan atau memperkenalkan aplikasi tersebut agar cepat di unduh oleh banyak pengguna. Tim dari WhatsApp tetap berfokus agar aplikasi mereka tetap nyaman digunakan terlebih tanpa ada satupun iklan di dalamnya.

  • Kenapa diberi nama ‘WhatsApp’?

Jan Koum member nama WhatsApp yang merupakan pengucapan dari kata ‘Whats Up’. Di tahun 2015 silam popularitas WhatsApp semakin meningkat hingga menginjak angka 1 Milyar download. Jumlah tim atau staff WhatsApp kini berjumlah 50 orang.

  • Resmi jadi milik Facebook, dibeli dengan harga fantastis

Perusahaan besar memiliki finansial yang sangat kuat, tak heran jika mereka tidak segan menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk dapat memperlebar lini bisnis perusahaan mereka. Akuisisi adalah hal yang mereka lakukan dengan melirik perusahaan lain yang memiliki potensi di kemudian hari.

WhatsApp sebelumnya pernah ditawar oleh Google sebesar 10 milyar dolar namun WhatsApp menolaknya. Ternyata keputusan WhatsApp tersebut benar, tawaran datang lagi dari perusahaan media sosial terbesar saat ini yaitu Facebook dengan nominal 19 milyar dolar atau setara Rp 233 triliun (kurs $1 = Rp 11.750 saat itu) pada tanggal 14 Februari 2014 atau tepat di hari Valentine.

Beberapa pengamat menganggap bahwa keputusan Mark Zuckerberg membeli WhatsApp dengan harga selangit tersebut adalah sebuah keputusan yang gila, namun banyak juga yang menilai bahwa keputusan CEO Facebook tersebut adalah hal yang tepat mengingat tingginya popularitas WhatsApp sekarang ini.

Fitur tersembunyi dan rahasia aplikasi WhatsApp

Berikut ini beberapa fitur yang kadangkala diperlukan dalam aktivitas mengirim pesan sehari-hari, namun jarang orang mengetahuinya. Apa saja itu?

1. Menghapus pesan yang sudah terkirim

Sudah terlanjur mengirim pesan namun ingin menarik atau membatalkannya? caranya cukup mudah yaitu dengan ‘ketuk dan tahan’ pada teks chat kemudian pilih Hapus untuk semua orang. Cara ini bisa diterapkan baik untuk chat yang belum terbaca ataupun yang sudah terbaca pun bisa.

2. Menonaktifkan tanda ‘Centang Biru’

Centang biru mengartikan bahwa pesan yang dikirim telah dibaca oleh penerima, untuk beberapa kasus memang hal ini menjadi cukup sensitif. Misal saja sudah centang biru tetapi tidak dibalas, pernah tidak hal tersebut menjadi sebuah konflik tersendiri?

Ada cara untuk menonaktifkan centang biru agar pengirim pesan tidak mengetahui bahwa kamu telah membaca pesan yang ia kirim. Silahkan klik Setelan di pojok kanan atas lalu AkunPrivasiLaporan dibaca geser untuk menonaktifkan.

Dengan demikian maka orang lain tidak akan menerima laporan centang biru untuk pesan yang sudah kamu baca. Namun sebaliknya kamu juga tidak bisa mendapatkan laporan centang biru untuk pesan yang kamu kirim dan telah di baca oleh penerima.

3. Menyembunyikan terakhir kamu membuka WhatsApp

Menyembunyikan status online terakhir atau Last Seen penting bagi kamu yang ingin menjaga privasi dengan tidak membiarkan orang tahu kapan terakhir kamu membuka WhatsApp. Caranya pilih menu SetelanAkunPrivasiTerakhir dilihat pilih Tidak ada. Ada beberapa pilihan saja seperti hanya menampilkan last seen untuk orang-orang yang terdaftar di kontak kamu.

4. Mematikan download otomatis media WhatsApp

Sering jengkel penggunaan data internet boros lantaran aplikasi yang mendownload media baik video maupun gambar secara otomatis untuk semua pesan yang masuk? Kamu bisa menonaktifkannya dengan cara masuk ke menu SetelanData dan penyimpananUnduh otomatis media lalu ada beberapa pilihan diantaranya Saat menggunakan data seluler, Saat terhubungi ke WiFi dan Saat roaming.

Silahkan kamu dapat membuka masing-masing pengaturan pilihan mana yang kamu kehendaki.

5. Huruf Tebal dan Miring

Masih bingung bagaimana teman kamu bisa mengirimkan teks pesan dengan gaya Bold dan Italic? caranya sangat mudah untuk menebalkan kata cukup apit huruf dengan tanda *, sebagai contoh: *whatsapp* maka akan menjadi whatsapp. Sedangkan untuk kata miring bisa dengan mengapit kata atau huruf dengan tanda _ sebagai contoh _whatsapp_ maka akan menjadi whatsapp.

Untuk mmembuat kalimat atau kata dicoret yaitu dengan menggunakan tanda ~ yang diapit dikata yang dihendaki. Bisa juga menggabungkan beberapa tanda untuk mengkombinasi gaya teks di WhatsApp contoh *_whatsapp_* maka akan menjadi whatsapp.

6. Mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus atau karena berganti handphone

Dengan memanfaatkan cadangan pesan yang diunggah ke Google Drive maka kamu dapat mengembalikan atau restore data pesan beserta media didalamnya kapan saja. Caranya cukup mudah yaitu dengan menginstall WhatsApp baru kemudian mengaktivasinya seperti biasa, nantinya akan ada pilihan untuk mendownload cadangan pesan. Cara lain yang bisa dipilih adalah mengembalikan teks percakapan dengan mengirim database data di file WhatsApp lama.

7. Membuka aplikasi WhatsApp dengan Sidik Jari

Membuka dengan sidik jari layaknya membuka kunci smartphone bisa juga diterapkan di aplikasi WhatsApp. Tentunya ini akan menambah privasi kamu agar tidak semua orang bisa membuka WhatsApp dan melihat semua isi percakapan didalamnya.

Caranya masuk ke SetelanAkunPrivasiKunci sidik jari lalu tap atau geser untuk mengaktifkannya, langkah selanjutnya silahkan scan sidik jari kamu. Ada beberapa pilihan kunci otomatis seperti segera setelah menutup aplikasi, setelah 1 menit atau 30 menit.

Dan masih banyak lagi fitur-fitur yang disediakan oleh WhatsApp.

Demikian tutorial kali ini tentang cara membuka dan login di WA WEB, jangan di salah gunakan fitur WhatsApp Web ini untuk menyadap WhatsApp teman ya? Karena kamu dapat men-scan QR Code melalui handphone teman di komputer kamu. Dengan demikian selanjutnya kamu tetap bisa membuka WhatsApp teman kamu meskipun tidak memegang handphonenya.

AGEN333