Umur Blog Untuk Mendapatkan Trafik Yang Stabil

By | 29 May 2015

Umur Blog Untuk Mendapatkan Trafik Yang Stabil

Umur Blog Untuk Mendapatkan Trafik Yang Stabil – Trafik yang stabil maksudnya adalah paling tidak trafik blog sama dengan jumlah artikel atau bisa dikatakan 1 : 1. Sebenarnya jika kita mempunyai blog dengan umur kurang dari 3 bulan jika kita mencoba memantau statistik di Histats atau di Google Analytics maka trafiknya pasti secara umum masih rendah. Karena jika kita melihat laporan di dasbor blogger maka saya rasa kurang akurat karena tayangan laman sendiri juga akan tetap di hitung walaupun kita sudah melakukan pengaturan untuk tidak melacak tayangan lama sendiri.

Baca juga: Update Rutin Tingkatkan Trafik Blog

Umur Blog Untuk Mendapatkan Trafik Yang Stabil

Meskipun tidak ada yang bisa menjelaskan dengan pasti namun dari hasil pengamatan saya, saya berpendapat bahwa blog untuk mendapatkan trafik yang stabil adalah kurang lebih blog berumur 3 bulan. Pada umumnya blog sebelum berumur 3 bulan maka trafik blog rendah dan tidak stabil walaupun blog baru dan artikel baru sudah terindeks mesin pencari.

Pendapat saya diatas dengan asumsi blog rajin di update setiap hari. Sebenarnya artikel jika sudah diterbitkan maka tidak bisa langsung mendapatkan posisi yang stabil di search engine. Maksudnya adalah jika kita memasukkan keyword pada mesin pencari maka terkadang posisi artikel bisa berubah-ubah, bisa di laman pertama, kedua kemudian bisa juga di halaman ketiga dan terlebih lagi jika kita menggunakan kombinasi keyword dalam melakukan pencarian. Hal ini berbeda dengan blog yang sudah populer dan mempunyai ranking, maka ketika pengguna internet mengetikan keyword tertentu maka SERP artikel mereka sudah stabil, biarpun berubah posisi di SERP maka tidak akan terpaut jauh.

Blog yang sudah memiliki umur 3 bulan atau lebih dan masih dalam kisaran bulanan biasanya akan memiliki trafik yang stabil dan bahkan bisa meningkat dari hari ke hari setelah 3 bulan. Selain faktor waktu ada faktor lain juga seperti kualitas konten, frekuensi update artikel, pemahaman tentang SEO dan lain sebagainya.

Bahkan jika kita memperhatikan beberapa blog di internet banyak sekali blog dengan frekuensi update yang jarang, bisa jadi sebulan hanya satu atau dua artikel namun bisa memiliki trafik dan pagerank yang bagus. Saya kadang iseng menggunakan tool untuk mengecek jumlah artikel, umur dan tingkat trafik sebuah website. Hal tersebut saya jadikan penelitian untuk kemudian saya bisa menyimpulkan beberapa pendapat seperti:

  • Umur blog merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pagerank.
  • Sebuah artikel butuh waktu untuk bisa populer di search engine.
  • Update artikel secara rutin dan konsisten adalah kunci utama membangun trafik.
  • Artikel populer bisa muncul di laman pertama search engine walaupun pagerank blog rendah.

Baca juga: Ngeblog Lama Ranking Alexa Masih No Data

Beberapa hal diatas merupakan kesimpulan yang saya dapatkan dari pengalaman saya ngeblog beberapa bulan ini. Apakah anda punya pendapat lain?

Vimax Canada
Category: Blogging Tags:

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

2 thoughts on “Umur Blog Untuk Mendapatkan Trafik Yang Stabil

  1. Riana

    Mau tanya, gan. Saya dan teman-teman bikin blog bareng, dan saat ini telah berusia 3 bulan. Karena digarap banyak orang, kami bisa update artikel secara rutin 5 artikel per hari. Tapi meski begitu, sudah 3 bulan ini belum ada pengunjung yang datang dari search engine. Menurut agan, apakah itu wajar? Jika tidak wajar, kira-kira di mana letak masalah blog kami ya? Terima kasih sebelumnya.

    Reply
    1. s.magie Post author

      Halo mbak Riana? blognya bagus dan artikelnya bagus. Saya yakin jika kamu bertiga terus konsisten mengembangkan blog tersebut, pasti akan luar biasa. Hanya saja blog kamu belum memiliki peringkat yang bagus, terlebih artikel di dalamnya kebanyakan memiliki persaingan yang tinggi. Untuk blog saya sendiri trafiknya agak cepat, soalnya membahas tutorial “cara”. Saran saya terus update secara konsisten, kurang lebih satu tahun pasti lonjakan trafik sudah luar biasa. Tipe blog magazine atau sejenisnya poin utamanya adalah di jumlah artikel, nantinya kalau ranking sudah bagus trafik pasti tinggi kok. Jangan lupa juga daftarkan di webmaster Bing dan Google, dan submit agar artikel cepat terindeks (jika belum).

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.