Tips Mengatasi Laptop yang Cepat Panas Tanpa Sebab

Tips Mengatasi Laptop yang Cepat Panas Tanpa Sebab

Tips Mengatasi Laptop yang Cepat Panas Tanpa Sebab – Pernah gak sih laptop kamu panas sendiri ketika digunakan tanpa sebab yang jelas. Padahal laptop digunakan untuk aktivitas yang sebenarnya cukup ringan. Akan tetapi suara kipas menderu dan suhu laptop meningkat dengan sendirinya.

Pada umumnya laptop akan cepat panas jika digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat, salah satu contohnya adalah game. Hal ini terjadi karena komponen laptop di pacu untuk bekerja ekstra keras menjalankan game tersebut.

Tips Mengatasi Laptop yang Cepat Panas Tanpa Sebab

Nah berikut ini cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi laptop yang cepat panas tanpa sebab yang jelas:

1. Restart

Kamu bisa mencoba merestart atau mematikan sejenak laptop kamu jika terjadi panas berlebih tanpa sebab yang jelas. Panas tersebut kemungkinan terjadi karena laptop menjalankan tugas di latar belakang, terjadi eror, bug dan lain sebagainya yang membebani sistem.

Nah dengan me-restart atau shutdown sejenak maka semua aktivitas, eror maupun bug sistem yang terjadi bisa teratasi karena sistem akan kembali booting dan memulai semuanya dari awal.

2. Hapus file sampah

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus semua file sampah di laptop kamu. Dengan mudah kamu bisa menghapus semua file sampah dengan menggunakan software CCleaner.

Dengan di hapusnya file sampah dan eror registry yang menumpuk ini harapannya laptop kamu bisa bekerja dengan normal kembali.

3. Scan menggunakan Antivirus

Bisa jadi panas berlebih di laptop kamu terjadi karena ulah si virus atau malware yang bersarang di sistem komputer kamu. Seperti yang kita tahu bahwa virus dan malware sangat sulit di hindari terlebih untuk penggunaan laptop yang aktif.

Beberapa sumber virus dan malware seperti hardisk atau penyimpanan eksternal terhubung dan juga download file atau aplikasi dari internet. Kamu bisa mencoba untuk melakukan full scan di laptop kamu, bisa mencoba Avira.

4. Bersihkan debu

Debu di dalam komponen hardware laptop juga dapat menyebabkan panas berlebih karena kurang lancarnya aliran udara yang diterima sebagai pendingin alami. Terlebih untuk laptop yang sudah digunakan selama bertahun – tahun, pasti debunya sudah menumpuk.

Kamu bisa mencoba membersihkan debu di bagian dalam laptop untuk memastikan aliran udara dapat berjalan dengan efektif. Jika kamu tidak berpengalaman dalam membongkar laptop, kamu bisa kok memasrahkan masalah ini kepada ahlinya, misal di toko servis komputer.

5. Penggunaan yang baik

Setiap barang elektronik pasti berpotensi rusak, namun dengan penggunaan yang baik paling tidak dapat memperpanjang umur pemakaian. Cobalah perlakukan laptop kamu dengan baik misa dengan menaruhnya di tempat yang datar dan tak berdebu, aliran udara bebas, memori penyimpanan lega dan tidak menginstall banyak aplikasi di dalamnya.

Nah selengkapnya mengenai cara menggunakan laptop, notebook, netbook yang benar kamu dapat menyimak artikel berikut: 22 Tips Menggunakan Laptop yang Baik dan Benar.