Tips Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Rusak atau Bermasalah (Error)

Tips Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Rusak atau Bermasalah (Error)

Luxury138

Tips Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Rusak atau Bermasalah (Error) – Sebagian pengguna laptop pastinya pernah mengalami sebuah kejadian mengerikan yaitu sebagian keyboard laptop kamu tidak berfungsi dengan baik bahkan sampai tidak berfungsi. Tentu saja ini merupakan masalah yang dapat menghambat pekerjaan kamu.

Di artikel kali ini kita akan membahas bagaimana memperbaiki keyboard yang sebagian rusak tersebut. Keyboard merupakan salah satu hardware yang memiliki peran yang sangat penting, keyboard adalah salah satu hardware yang sangat rentan mengalami kesalahan.

RgoPoker

Tips Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Rusak atau Bermasalah (Error)

Ketika keyboard tidak berfungsi, bisa jadi itu dikarenakan memiliki masalah pada software ataupun hardwarenya. Berikut langkah yang bisa kamu lakukan:

Bersihkan keyboard dari debu

Ketika kamu mengalami beberapa tombol di keyboard tidak berfungsi dengan sangat baik, ini bisa saja karena keyboard kamu kotor dan terhambat oleh debu.

Untuk mengatasi hal itu kamu harus menyingkirkan debu tersebut secara efektif, kamu bisa melakukannya dengan memiringkan laptop kamu dengan sudut kemiringan 75 derajat serta digoyangkan untuk mengeluarkan debu. Cara ini harus saat laptop kamu sudah dimatikan. Satu hal lagi kamu juga harus membersihkan bagian bawah juga dan periksa semua tombol apakah sudah bekerja dengan baik atau belum.

Laptop kamu harus di restart

Ketika kamu mengalami keyborad yang tidak bisa merespon dengan sangat baik, bisa jadi itu permasalahannya ada pada software ataupun driver yang kamu pakai. Kamu bisa mengatasinya dengan cara merestart, jika kamu tidak bisa melakukan restart dengan menu restart kamu bisa menggunakan dengan cara lain yaitu tekan dan tahan tombol power selama beberapa detik maka laptop kamu akan otomatis restart.

Restore OS Windows kamu

Saat kamu mengalami permasalahan pada keyboard setelah kamu melakukan beberapa penginstalan aplikasi atau kamu mengotak-atik pengaturan, kamu bisa mengatasinya dengan cara restore OS kamu. Kemungkinan hal ini dapat menjadi solusi untuk memulihkan sistem operasi dilaptop kamu.

Ganti dan perbaiki driver yang digunakan

Permasalaha keyboard tidak tentun sangat mengganggu, penyebab hal ini bisa saja karena driver keyboard yang kamu pakai tida up-to-date atau ada beberapa aplikasi yang mengalami kerusakan. Dengan begitu kamu bisa memeriksa dan memastikannya apakah driver yang kamu gunakan bekerja dengan baik atau tidak dari Device manager.

Cara alternatif lainnya

Jika tombol keyboard di laptop kamu mengalami kerusakan sebagian, sementara cara-cara yang diberikan sebelumnya tidak bekerja dengan baik, solusi lain adalah kamu dapat menggunakan keyboard USB eksternal untuk mengetik sehingga pekerjaan kamu tetap berjalan dengan baik. Ada banyak keyboard eksternal beragam desain yang menarik

Selain itu kamu juga bisa menggunakan keyboard virtual. Caranya klik Start menu > All Programs > Accessories > Ease of Access > On-Screen Keyboard.

Baca juga

Itulah 5 cara yang dibahas di artikel ini tentang mengatasi keyboard yang sedikit mengalami masalah. Jika peranan keyboard fisik tidak dapat digantikan misal dengan keyboard virtual, mungkin kamu perlu memperbaiki keyboard atau menggantinya dengan yang baru di tempat service komputer atau laptop.

Luxury138

2 thoughts on “Tips Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Rusak atau Bermasalah (Error)

  1. Service AC Panggilan Sidoarjo

    nice postingannya , saya sudah mencoba beberapa trik diatas al hasil tetap gk bisa, apakah saya harus mengganti keyboard saya dengan keyboard baru ?? Teima Kasih..

    1. d.bhaghoz Post author

      Mungkin bisa dengan menggantinya :)

Comments are closed.