Penjelasan Istilah Space dan Bandwidth Hosting

By | 19 May 2015

Penjelasan Istilah Space dan Bandwidth Hosting

Pengertian Singkat Domain

Untuk domain saya kira mudah ya? mudahnya domain adalah nama/alamat url blog kita yang tertera di adress bar browser, misal www.uceng.com disebut juga Top Level Domain atau kelas domain paling tinggi. Kalau www.uceng999.bogspot.com namanya subdomain blogspot. Macam-macam ekstensi domain seperti .com, .co.id, .net dll. Sekarang kita lanjut ke Penjelasan Istilah di Dalam Hosting.

Penjelasan Istilah Space dan Bandwidth Hosting

Penjelasan berikut tujuannya adalah untuk memberikan gambaran umum mengenai hosting, terutama akan bermanfaat sekali bagi anda yang sedang mempelajari hosting dan tips membeli hosting. Sebenarya hosting itu tidak jauh-jauh dari server dan kuota, berikut jelasnya:

Pengertian Space Hosting

Space Hosting adalah besarnya kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh penyedia layanan hosting dalam MB/GB. Jadi ketika kita membuat artikel dalam sebuah blog dan kita upload gambar atau file sejenisnya maka besar ukuran file tersebut yang disimpan ke dalam kapasitas space hosting.

Semakin banyak dan besar file dan ukuran file yang di upload ke artikel maka semakin besar disk space hosting yang dibutuhkan. Misal anda mempunyai blog dengan 1000 artikel dengan ukuran rata-rata per artikel 100 KB maka total disk space hosting yang terpakai adalah 100 KB x 1000 artikel = 100 MB.

Dan selama anda update dan posting artikel terus menerus maka space penyimpanan juga akan berkurang namun jangan khawatir akan habis nanti anda juga bisa upgrade paket hosting ke space yang lebih besar. Bagi yang belum beli hosting, lalu dimana anda cek kapasitas terpakai space hosting? ya tentunya di akun manager di website penyedia hosting yang anda beli.

Pengertian Bandwidth Hosting

Bandwith Hosting adalah besarnya ukuran (bisa dalam KB/MB/GB) yang dihitung saat menelusuri laman blog kita termasuk semua konten di dalamnya. Misal dalam contoh simpel, blog anda memiliki ukuran artikel 100 KB perloading halaman dan ada 2000 page view tiap harinya maka perhitungannya: 100 KB x 2000 page view = 200 MB.

Jadi bandwidth jika di contohkan sama seperti kuota internet yang akan berkurang setiap kali anda menggunakannya. Kasusnya sama seperti diatas jika bandwidth hosting mendekati habis maka anda bisa upgrade paket space yang biasanya jadi satu antara space dan bandwidth. Untuk cek bandwidth sisa atau yang terpakai ya sama anda masuk ke akun manager di website penyedia layanan hosting yang anda beli.

Jika anda sudah mempunyai domain TLD dan hosting sendiri/berbayar anda akan lepas dari penyedia gratisan. Keuntungannya adalah anda akan mempunyai kendali penuh terhadap blog anda. Jika anda serius dalam mengelola blog maka tidak ada salahnya mencoba untuk membeli domain dan hosting, bisa dengan memulai step yang mudah dengan mengganti domain terlebih dahulu, bisa baca artikel berikut:

Vimax Canada
Category: Internet Tags:

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.