Ray Tomlinson: Pencipta Email Tutup Usia

By | 7 March 2016

Ray Tomlinson: Pencipta Email Tutup Usia

Ray Tomlinson: Pencipta Email Tutup Usia – Ray Tomlinson merupakan pencipta email yang hingga saat ini masih kita pergunakan. Beliau meninggal dunia di usianya yang ke-74 tahun.

Tomlinson meninggal pada Sabtu (5/3/2016) pagi di kediamannya di Lincoln, Massachusetts, AS. Dirinya juga merupakan sosok yang memperkenalkan simbol “@” untuk alamat e-mail yang umum dipakai saat ini.

“Seorang pionir teknologi sejati, Ray merupakan orang yang mengenalkan kita kepada e-mail di era awal komputer berjejaring,” tutur juru bicara Raytheon, Mike Doble saat mengkonfirmasi kabar duka tersebut, seperti dikutip dari The Guardian, Senin (7/3/2016)

Berbagai perusahaan teknologi telah mengungkapkan rasa belasungkawa kepada Ray melalui jejaring sosial Twitter, termasuk akun Twitter Gmail milik Google.

Semasa hidupnya Tomlinson sempat mengenyam pendidikan di Rensselaer Polytechnic Institute dan MIT pada tahun 1960 silam. Setelah itu dia bekerja di perusahaan Raytheon BBN Technologies.

Tomlinson sendiri menggunakan simbol @ untuk menghubungkan username dengan alamat tujuan yang menjadi komunikasi internasional. Awalnya tidak ada yang menyangka bahwa simbol tersebut akan terselip di alamat email.

Salah satu rekan kerjanya menuturkan, saat itu Tomlinson tengah melihat tombol papan ketik dan mencari sesuatu yang tidak menjadi bagian dari alamat. Tomlinson menganggap simbol @ tersebut dianggap menjadi solusi yang logis.

Salah satu koleganya juga berpendapat bahwa kemungkinan besar simbol @ akan hilang saat ini jika tidak di pergunakan untuk email sedari dulu.

Sebelumnya di tahun 2000, Tomlinson juga menerima penghargaan George R. Stibitz Computer Pioneer Award dari American Computer Museum.

Vimax Canada
Category: Info Tekno Tags:

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.