Posisi peletakkan backlink terbaik versi saya

Posisi peletakkan backlink terbaik versi saya

Luxury138

Mohon maaf sebelumnya mungkin judul artikelnya agak ambigu, karena kebetulan saya juga bingung membuat judul artikel yang pas mengenai topik bahasan ini. Backlink hingga saat ini masih menjadi salah satu teknik SEO yang diterapkan guna mendapatkan peringkat keyword yang bagus untuk money site. Namun seringkali kita yang masih awam merasa bingung mengenai penempatan backlink yang sesuai.

Pada sebuah situs, ada beberapa alternatif penempatan backlink menggunakan kontekstual link (link yang bisa diklik/anchor). Seperti penempatan backlink di sidebar, header menu, di dalam artikel, kolom komentar dan lain sebagainya. Sebenarnya kita hanya ingin lokasi penempatan backlink terbaik dengan hasil yang maksimal, namun seringkali kita tidak tahu karena memang tidak pernah menguji atau melakukan studi kasus.

RGOCASINO

Posisi peletakkan backlink terbaik versi saya

Pada kesempatan ini saya ingin memberikan sedikit saran atau masukan terkait penempatan backlink dalam sebuah situs berdasar dari hal yang saya tahu dan pengalaman saya melakukan optimasi melalui link building.

1. Didalam laman artikel

Penempatan backlink di dalam tubuh artikel menggunakan kontekstual link menurut saya adalah posisi terbaik penempatan backlink terbaik untuk mendapatkan poin relevansi yang tinggi kepada money site. Kenapa? karena melalui artikel kita bisa mengemas artikel setopik dengan money site atau situs utama yang kita optimasi. Di dalamnya ada berbagai keyword relevan yang merekomendasikan dan memberikan link ke money site.

Relevansi backlink sangat penting untuk hasil yang maksimal dalam link building, backlink di dalam tubuh artikel adalah opsi terbaik untuk mendapatkan relevansi keyword. Sebaiknya letakkan satu backlink saja dan pastikan artikel memiliki sekumpulan keyword-keyword yang relevan dengan keyword yang kita optimasi. Oh ya letakkan backlink di paragraf pertama dari artikel.

2. Dibagian sidebar dan header (sitewide)

Penempatan backlink baik dalam bentuk teks maupun gambar selanjutnya adalah dibagian luar halaman situs seperti di sidebar, header dan footer. Lokasi ini juga bagus untuk peletakkan backlink, namun ada beberapa hal yang perlu kamu catat dan terapkan agar hasilnya tidak sia-sia.

Pilih bagian header, sidebar atau footer? jawaban terbaiknya adalah bagian paling atas dari sebuah situs. Untuk header sendiri jelas dibagian atas, untuk sidebar pastikan menempatkan di bagian sidebar paling atas, sementara hindari memilih footer untuk meletakkan backlink. Bagian-bagian atas situs memberikan nilai yang tinggi kepada money site, semakin kebawah maka poin yang diberikan akan semakin berkurang.

Backlink sitewide baik diterapkan jika: situs tersebut memiliki topik yang relevan dengan money site yang kita optimasi. Jika situs tempat menaruh backlink memiliki beragam topik yang luas sebaiknya hindari menerapkan backlink di bagian luar laman situs. Dampaknya tetap ada meskipun tidak setopik, hanya saja tidak efektif dan bahkan pada beberapa kasus praktek ini membuat SPAM score meningkat.

Kelebihan dan kekurangan backlink di sitewide adalah, kelebihannya kita akan mendapatkan backlink dari seluruh halaman situs baik categori, post, tag, page dan lain sebagainya sehingga semakin banyak url yang memberikan backlink ke money site kita. Kekurangannya adalah backlink sitewide mendapatkan banyak url backlink, termasuk halaman-halaman yang tidak relevan pun ikut memberikan link ke money site.

3. Dikolom komentar

Commenting backlink juga masih menjadi salah satu favorit para pelaku link building, kenapa? karena mendapatkan backlink di komentar cenderung lebih mudah. Ada beberapa cara dilakukan seperti menautkan link di kolom URL, membuat anchor text, membuat Ping Back maupun mempaste link secara langsung.

Kelebihan dari backlink komentar adalah lebih mudah didapatkan dan umumnya halaman artikel sudah memiliki peringkat yang bagus di mesin pencari sehingga poin yang diberikan lebih besar karena halaman tersebut bukanlah halaman baru dan biasanya halaman tersebut adalah halaman yang memiliki perayapan yang baik oleh mesin pencari. Sangat mudah juga menemukan kolom komentar yang auto aprove sehingga backlink bisa langsung terposting.

Sementara itu kekurangannya adalah situs populer biasanya dilengkapi dengan sistem penolakan terhadap SPAM di kolom komentar, halaman komentar biasanya terbagi menjadi beberapa halaman sehingga komentar kita akan cepat tertutup oleh komentar lainnya dan terbagi ke halaman berikutnya dan komentar juga bisa dihapus oleh moderator atau admin situs tersebut.

Usahakan juga komentar yang ditautkan terletak di kolom komentar bagian atas, jika komentar otomatis diletakkan dibawah maka bisa me-reply komentar teratas. Seperti sudah saya jelaskan di paragraf-paragraf sebelumnya bahwa posisi backlink terbaik adalah di bagian atas dari laman atau kolom laman situs.

Nah demikianlah penjelasan secara umum dari saya mengenai penempatan backlink pada sebuah situs. Harapannya artikel ini bisa menambah wawasan kamu terutama kamu yang berfokus di link building dan optimasi SEO. Punya wawasan lebih dalam dunia SEO dan link building? jangan sungkan untuk memberikan tambahan ilmu ke kita ya?

Luxury138