Persyaratan Melamar Kerja Lengkap: Berkas Dokumen Surat Lamaran Kerja

Persyaratan Melamar Kerja Lengkap: Berkas Dokumen Surat Lamaran Kerja

Persyaratan Melamar Kerja Lengkap: Berkas Dokumen Surat Lamaran Kerja – Pada dasarnya semakin lengkap berkas lampiran surat lamaran kerja maka akan semakin baik. Tentunya akan ada banyak sekali berkas yang bisa kita sertakan di dalam surat lamaran kerja bukan? Nah kali ini saya ingin membahas berkas umum apa saja yang minimal ada di dalam surat lamaran kerja teman – teman semua.

Rgocasino

Berkas apa saja yang sebaiknya ada di dalam surat lamaran kerja?

1. Surat Lamaran

Sudah barang tentu surat lamaran adalah hal yang paling utama dan di letakkan di lembar paling depan sendiri. Surat lamaran pada dasarnya berisi maksud dan tujuan pelamar, posisi apa yang di lamar serta nilai jual apa yang bisa di sampaikan guna mendukung posisi yang di lamar. Sebaik – baiknya surat lamaran kerja adalah disajikan dengan ringkas,  padat dan jelas.

Lalu surat lamaran harus di ketik atau tulis tangan?

Jika instansi perusahaan yang anda lamar tidak mengharuskan anda untuk membuat lamaran dengan tulisan tangan maka ada baiknya anda membuat surat lamaran kerja print/ketik, begitu juga sebaliknya.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik

2. Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup berisikan detail informasi diri si pelamar, mulai dari nama, alamat, TTL, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan dan masih banyak lainnya. Bagaimana daftar riwayat hidup yang lengkap? anda dapat mencari informasi tersebut di internet, ada banyak sekali format daftar riwayat hidup yang bisa anda coba.

3. Foto Copy KTP dan Pas Photo

Foto copy KTP wajib ada, untuk pas foto anda bisa menggunakan ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar jika tidak ada ketentuan terkait persyaratan melamar.

4. Foto Copy Ijazah (Legalisir)

Sebaiknya foto copy ijazah di legalisir dari lembaga tempat anda menempuh pendidikan. Jika anda baru lulus dan ijazah asli belum keluar maka anda dapat menggunakan surat keterangan lulus dan transkrip nilai yang juga di legalisir.

Bandar Q

5. Sertifikat Pelatihan/Ketrampilan Tertentu

Sertifikat pelatihan atau kursus tertentu merupakan berkas pendukung surat lamaran yang sebaiknya ada jika memang anda memiliki ketrampilan khusus. Terutama jika ketrampilan tersebut berhubungan posisi pekerjaan yang anda lamar. Sertifikat pelatihan pada umumnya seperti sertifikat komputer.

6. SKCK

SKCK merupakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang menyatakan bahwa pihak yang bersangkutan tidak pernah terlibat kasus pidana hukum apapun. Anda dapat mengurus SKCK di Polsek ataupun Polres tergantung kebutuhan dan di wilayah mana SKCK tersebut akan di gunakan.

Baca juga: Cara Membuat SKCK Terbaru

7. Kartu Kuning (AK 1)

Kartu kuning atau kartu pencari kerja dapat anda buat di Depnaker/Disnakertrans terdekat. Untuk membuat Kartu Kuning ini gratis alias tidak di kenakan biaya sepeserpun, maka ada baiknya anda untuk membuatnya. Ada banyak sekali keuntungan menggunakan kartu kuning: Manfaat Kartu Kuning Bagi Pencari Kerja

8. Surat Keterangan Sehat

Anda dapat mengurus Surat Keterangan Sehat ini di dokter atau lebih disarankan di Puskesmas terdekat. Surat keterangan sehat ini berisikan informasi seperti tinggi dan berat badan, golongan darah, tensi darah dan lain sebagainya.

9. Surat Keterangan Kerja

Bagi anda yang mempunyai pengalaman kerja maka melampirkan Surat Keterangan Kerja adalah hal yang wajib. Maka dari itu sebaiknya anda harus mempunyai atau bisa juga meminta Surat Keterangan Kerja pada perusahaan tempat anda bekerja pada saat anda berhenti bekerja. Surat Keterangan Kerja merupakan bukti formal bahwa anda benar – benar pernah bekerja di lembaga atau instansi perusahaan tertentu.

Sekali lagi persyaratan melamar kerja diatas merupakan persyaratan umum saja apabila memang informasi lowongan pekerjaan yang anda terima tidak mencantumkan syarat apa saja yang harus anda lengkapi. Jika sudah ada ketentuan syarat apa saja yang harus anda lengkapi dalam berkas surat lamaran kerja maka anda harus melengkapinya agar anda bisa lolos seleksi administratif.

Sebaik – baik surat lamaran kerja adalah surat lamaran yang lengkap, tapi pada satu kondisi jika anda tidak bisa melengkapi salah satu persyaratan maka lamarlah seadanya saja. Karena terkadang persyaratan melamar kerja bisa jadi wajib dan bisa jadi tidak mutlak. Misal nih anda masuk kandidat kuat, maka persyaratan apapun yang kurang kemungkinan perusahaan berkenan memberikan tenggang waktu bagi anda untuk melengkapinya.

Demikian topik bahasan mengenai Persyaratan Melamar Kerja Lengkap: Berkas Dokumen Surat Lamaran Kerja semoga dapat menambah wawasan kita semua. Selamat membuat lamaran kerja dan semoga anda di terima bekerja di posisi yang anda lamar. Aamiin :)

43 thoughts on “Persyaratan Melamar Kerja Lengkap: Berkas Dokumen Surat Lamaran Kerja

  1. irfan

    Sipp saya suka

  2. Ahmad rosadi

    Sayah akan melanar kerjan

    1. s.magi Post author

      semangat dan semoga di terima ^^

      1. Sidik paristyono

        Terimakasih min

        1. s.magi Post author

          sama – sama :)

      2. Faris Alkomi

        Apakah surat keterangan magang (bukan sertivikat) bisa berguna atau d lampirkan di lamaran kerja?

        1. d.bhaghoz Post author

          Ya bisa sekali, terlebih jika magangnya diperusahaan tersebut. Hal ini bisa menjadi pertimbangan kuat bagi perusahaan untuk menerima lamaran :)

  3. encep

    Terimakasih atas pemberitahuan nya, sungguh bermanfaat bagi saya?

    1. s.magi Post author

      Sama – sama :)

  4. Feri

    Kebetulan di tempat saya masih ada lowongan kerja buat anda yang belum bekerja bisa hub saya Feri di no 0877-8475-9175

  5. Nurul fitriah

    Apa menar itu?
    #Saya lagi membutuhkan kerja, untuk Daerah Bandung

  6. Anonymous

    kalo syaratnya ga pake ijazah dll, apakah perlu ditulis?

    1. s.magi Post author

      tergantung dari perusahaannya mensyaratkan tulis tangan atau tidak, jika tidak ada baiknya di ketik saja biar rapi atau kalau tulisan tangan kamu juga rapi boleh di tulis tangan :)

  7. andine

    klo bikin kartu kuning diluar kota bisa bsa gak, krna aku udah pindah tempat…

    1. s.magi Post author

      Kayaknya sih bisa, mengingat pembuatan kartu kuning syaratnya mudah. Soalnya ada teman admin dulu pernah membuat Kartu Kuning di kota sebelah, silahkan bisa dicoba :)

  8. zuliana

    kalo belum punya KTP gimana ? soalnya masih 16 tahun.

    1. s.magi Post author

      lamar menggunakan syarat – syarat seadanya dulu saja :)

  9. Anonymous

    Saya mau nglamar,cmn gak tw caranya ni nope 083877551931

  10. Yeni_hy98

    SKck harus asli atau foto copy an ny aja tp d legalisir, bgtu pula Npwp, dan sertifikat ?

    1. s.magi Post author

      Sebaiknya SKCK foto copy saja yang legalisir, untuk sertifikasi kemampuan jika ada legalisir itu lebih baik dan sementara NPWP sepertinya tidak perlu kecuali memang perusahaan yang dilamar mengharuskan pelamarnya melampirkan NPWP :)

  11. maella

    kak mau tanya kalo kita ngelamar kerja gitu secara online filenya yang dikirim dalam bentuk apa saja ya??

  12. nugroho

    Ternyata rumit

    1. d.bhaghoz Post author

      Iya memang, tidak ada yang mudah kalau soal cari duit :D

  13. fia

    Lagi nyari loker daerah depok untuk part time atau selama bulan puasa

  14. Agusti D. Putra

    kalo misalkan ijasah blum keluar bisa diganti pake SKL kan ka??

    1. d.bhaghoz Post author

      Kalau ijazah belum keluar biasanya menggunakan seperti SKHUN, sebenarnya pakai SKL juga bisa dilengkapi dengan dokumen lainnya jikalau memungkinkan. Yang penting ada keterangan nilai dan keterangan yang menyatakan bahwa siswa/pelajar tersebut telah benar-benar lulus dari instansi pendidikan tertentu :)

  15. yufit

    klo misalnya KTP hilang gt gmn? kebetulan pgn cari kerja di daerah sby sedangkan sy domisili jkt

    1. d.bhaghoz Post author

      Mungkin bisa dengan mengurus terlebih dahulu KTP yang hilang, atau setidaknya ada keterangan dari instansi terkait (misal: Kecamatan) yang mengeluarkan keterangan pengganti KTP sementara :)

  16. Puput

    Apakah perlu pakai kartu kuning setiap mau lamar kerja? Atau hanya Skck saja yg di butuhkan?
    Tolong bantu jawab nya

    1. d.bhaghoz Post author

      Kalau dibilang perlu yang perlu juga, jadi jika memungkinkan maka lengkapilah surat lamaran selengkap mungkin baik SKCK, Kartu Kuning, Sertifikasi Keahlian dan lain sebagainya. Semakin lengkap surat lamaran kerja maka harpannya semakin baik. Kemudian perhatikan juga apakah perusahaan mengeluarkan syarat khusus untuk lamaran kerja misal harus ada Surat Sehat, Keterangan Bebas Narkoba dan lain sejenisnya. Secara umum persyaratan melamar kerja seperti yang sudah dijelaskan diatas, sebaik-baiknya surat lamaran kerja salah satunya adalah selengkap mungkin :)

  17. Tedi

    Kalau mau melamar kerja NPWP di butuhkan gak

    1. d.bhaghoz Post author

      Secara umum NPWP biasanya tidak diperlukan sebagai syarat melamar kerja, kecuali memang ada syarat tertentu dari perusahaan :)

  18. The DIary Of Hedi

    Wah, lengkap sekali . saya suka saya suka….. informasinya detail banget. terima kasih

  19. robi cahyadi

    Aslm.pak persyaratan lamaran pekerjaan apa aja.

  20. Nur fadilah

    Kak kalo mau ngelamar nama di ktp sama ijazah beda 1 huruf boleh nggak kak

    1. d.bhaghoz Post author

      Sebaiknya diperbaiki dulu, namun jika mendesak boleh lah dilamar dulu saja dan kemungkinan jika ada kekurangan nantinya bisa diperbaiki secara menyusul. Selama kandidat calon pelamar masuk kriteria maka ada kekurangan pun bisa di lengkapi nanti-nanti, sepengalaman sih begitu :)

  21. ikhsan

    kalo tanpa SKCK, SMa kartu kuning bisa engga mas ?

    1. d.bhaghoz Post author

      Bisa-bisa saja kok, melamar kerja sebenarnya yang utamanya kan surat lamarannya. Dan berkas pendukung juga penting sebenarnya, namun selama perusahaan tidak ada ketentuan khusus dan kebetulan masnya belum sempat mengurus SKCK dan Kartu Kuning boleh-boleh saja melamar. Namun saran saya jika bisa, sebelum melamar kerja lengkapi saja dulu semua berkas-berkasnya, jika memungkinkan maka lebih baik :)

  22. Aulianingsih

    K kalau bikin domisili tanggal lahirnya tida sama dengan ijazah gimana?

    1. d.bhaghoz Post author

      Jika sempat diperbaiki maka sebaiknya diperbaiki dulu, namun jika tidak sempat maka sebaiknya melamar saja terlebih dahulu. Jika kandidat memenuhi kriteria maka seharusnya kekurangan pada lamaran bisa di toleransi karena bisa diperbaiki dikemudian waktu :)

Comments are closed.