Persyaratan Melamar Kerja, Berkas Dokumen Lengkap yang Harus Ada

Diterima kerja di perusahaan besar, ternama atau perusahaan idaman tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi para pencari kerja. Setelah berhasil mendapatkan ijazah kelulusan baik SLTA maupun Perguruan Tinggi tentu kamu ingin segera bisa mendapatkan pekerjaan dan mulai membangun karir agar sukses dan mandiri. Terlebih lagi jika posisi pekerjaan yang ditawarkan bagus dengan gaji yang besar.

Ada banyak informasi lowongan pekerjaan yang bisa kamu dapatkan melalui internet, koran, papan pengumuman Disnakertrans atau melalui Job Fair yang diselenggarakan oleh lembaga atau instansi terkait. Beberapa perusahaan yang sering menjadi incaran para pencari kerja adalah lowongan pekerjaan di Bank, Pertambangan dan BUMN seperti Pertamina.

Persaingan ketat jelas tidak dapat dihindarkan, para pencari kerja berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan pekerjaan incaran mereka. Beberapa hal yang dilakukan adalah dengan berpenampilan menarik dan sopan serta yang paling penting adalah berkas kelengkapan dokumen melamar kerja yang baik dan benar.

Persyaratan Melamar Kerja, Berkas Dokumen Lengkap yang Harus Ada

Karena tidak jarang dalam melamar kerja, surat lamaran lah yang terlebih dahulu sampai di tangan HRD untuk baru kemudian si pelamar akan di panggil untuk sesi wawancara atau interview. Jadi bisa dikatakan surat lamaran pekerjaan adalah ujung tombak terpenting dalam usaha kamu untuk mendapatkan pekerjaan. Sehingga kamu tidak boleh asal-asalan membuat lamaran kerja ‘asal jadi’, surat lamaran pekerjaan harus maksimal, baik dan benar.

Nah bagi kalian-kalian yang baru memulai untuk meniti karir dan belum pernah membuat surat lamaran kerja, berikut ini adalah persyaratan yang harus dan wajib ada didalam dokumen surat lamaran kerja kamu.

1. Surat Lamaran Kerja

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah surat lamaran kerja itu sendiri, yang menjadi kesan pertama bagi perusahaan menilai calon karyawannya. Sudah barang tentu kamu harus mempersiapkan surat lamaran sebaik mungkin, ada banyak contoh surat lamaran kerja untuk berbagai jenis perusahaan yang bisa kamu temukan di internet. Silahkan kamu dapat menjadikan referensi dari sumber tersebut dan mengemasnya mungkin dengan lebih baik lagi.

  • Isi surat lamaran kerja

Umumnya surat lamaran kerja berisi tujuan dan maksud pelamar tentang posisi apa yang hendak di lamar serta kemampuan atau nilai jual apa yang mendukung posisi tersebut. Sebaik-baiknya surat lamaran pekerjaan adalah berisi informasi yang ringkas, padat dan jelas.

  • Surat lamaran kerja di ketik atau tulis tangan?

Tidak ada aturan wajib dalam membuat surat lamaran apakah di ketik kemudian di print atau menggunakan tulisan tangan, terkecuali dari perusahaan mensyaratkan surat lamaran harus di tulis tangan. Dengan metode ketik dan print, maka membuat banyak surat lamaran pekerjaan menjadi lebih efisien dari segi waktu.

Akan tetapi tidak ada salahnya juga jika kamu memilih untuk menggunakan tulisan tangan, jika memang tulisan tangan kamu rapi dan menjadi kelebihan tersendiri.

2. Fotokopi Ijazah

Kemudian berkas yang harus dilampirkan selanjutnya adalah fotokopi Ijazah pendidikan terakhir yang sebaiknya yang telah di legalisir. Terkadang ada perusahaan yang meminta fotokopi Ijazah sejak pendidikan awal di Sekolah Dasar.

3. Daftar Riwayat Hidup

Daftar Riwayat Hidup atau disebut juga Curiculum Vitae berisikan informasi biodata pelamar dengan lebih lengkap meliputi informasi pendidikan, keahlian yang dimiliki, pengalaman kerja atau riwayat kerja dan lain sebagainya. Daftar Riwayat Hidup dapat berupa form yang dibeli dari tempat fotokopi atau membuat sendiri, untuk formatnya dapat dengan mudah kamu temukan di internet.

4. Pas Foto Terbaru

Berkas berikutnya yang wajib dilampirkan adalah foto formal terbaru, yang menampilkan bagaimana penampilan kamu sebagai calon karyawan bagi perusahaan.

  • Foto melamar kerja

Foto harus menampilkan tampilan yang rapi dan formal, beberapa tips diantaranya untuk pria menggunakan baju berkerah dengan setelah jas hitam dan memakai dasi sementara untuk wanita mengenakan kostum berkerah setelan blazer dengan tatanan rambut yang rapi. Terkadang ada beberapa persyaratan juga dari perusahaan untuk melampirkan foto seluruh badan.

  • Ukuran foto

Jika tidak ditentukan dalam persyaratan melamar mengenai berapa ukuran foto yang harus dilampirkan, kamu bisa menggunakan foto ukuran 3×4 atau 4×6. Pastikan memilih studio foto terbaik agar hasil foto terlihat bagus dan menarik, sebaiknya hindari mengedit foto yang diambil melalui handphone jika kualitas gambarnya kurang jelas.

5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian ini merupakan berkas lampiran dalam melamar kerja yang memberikan catatan bahwa kamu memiliki kelakuan yang baik. Sudah ada banyak tutorial cara mengurus dan membuat SKCK, silahkan kamu fotocopy SKCK untuk kemudian di legalisir agar dapat digunakan untuk beberapa surat lamaran pekerjaan.

Masa berlaku dari SKCK ini cukup singkat yakni hanya 6 bulan saja dan harus memperpanjang masa berlaku setiap periode tersebut. Jadi simpan SKCK yang asli dan gunakan SKCK fotocopy yang telah di legalisir sebagai dokumen pelengkap melamar pekerjaan, terkecuali perusahaan meminta SKCK yang asli.

6. Surat Keterangan Sehat

Surat Keterangan Sehat bisa kamu dapatkan di dokter atau puskesmas atau rumah sakit terdekat, yang menerangkan bahwa pelamar kerja benar-benar berbadan sehat. Cara mendapatkannya cukup mudah, dokter atau petugas kesehatan akan melakukan pemeriksaan kesehatan secara umum sebelum mengeluarkan surat ini.

7. Kartu Kuning

Kartu Kuning atau AK-1 adalah kartu yang dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans atau Depanker bagi pelamar kerja yang hendak melamar pekerjaan, terutama persyaratan melamar kerja di instansi pemerintahan Kartu Kuning ini wajib ada.

Kartu Kuning ini berlaku selama 2 tahun dan setiap 6 bulan kamu harus melapor jika belum mendapatkan pekerjaan. Kegunaan Kartu Kuning ini adalah untuk memantau kuantitas tenaga kerja yang masih belum mendapatkan pekerjaan di Indonesia. Depnaker atau Disnakertrans juga memberikan informasi instansi atau perusahaan mana yang tengah membutuhkan tenaga kerja.

8. Fotocopy Sertifikat dan Piagam

Sertifikat dan Piagam yang mungkin kamu punya juga dapat mendukung surat lamaran kamu, terlebih jika keahlian dalam Sertifikat dan Piagam tersebut mendukung posisi pekerjaan yang hendak kamu lamar sekarang.

9. Fotocopy KTP

Fotocopy KTP juga perlu dilampirkan, sebagai bukti bahwa kamu adalah benar-benar warga negara Indonesia resmi dan telah tercatat di dinas kependudukan.

10. Dokumen pendukung lainnya

Surat keterangan lain yang jika ada perlu dilampirkan seperti Surat Pengalaman Kerja jika sebelumnya kamu pernah bekerja di perusahaan tertentu. Terlebih jika riwayat pekerjaannya baik dan sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar sekarang, tentu ini akan menjadi poin penting bagi pihak rekrutmen. Dokumen lain seperti Surat Keterangan Magang atau PKL bagi pelamar kelulusan SMK ataupun Riwayat Organisasi juga dapat dilampirkan.

Cek kembali seluruh dokumen persyaratan melamar pekerjaan sebelum kamu kemas dan memasukkan nya ke dalam amplop lamaran. Kemas seluruh dokumen dan berkas diatas lalu klip atau gunakan penjepit kertas untuk menyatukan dokumen agar lebih rapi. Lalu masukan ke dalam amplop coklat lamaran kerja, di bagian luar amplop berikan keterangan posisi yang hendak dilamar, alamat tujuan dan juga pengirim.

Cara mendapatkan informasi lowongan pekerjaan

Dalam mencari dan melamar pekerjaan sebaiknya pilih beberapa yang terbaik dari sekian lowongan pekerjaan yang tersedia. Kamu harus mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang lowongan pekerjaan yang sedang dibuka. Berikut ini beberapa cara mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang dapat kamu coba.

Internet

Cara paling mudah mendapatkan informasi lowongan pekerjaan adalah melalui internet, cukup cari di Google contoh dengan kata kunci “lowongan kerja terbaru jakarta” maka akan muncul banyak lowongan pekerjaan yang bisa kamu pilih. Bahkan biasanya ada website-website yang selalu update info lowongan pekerjaan untuk masing-masing kota tertentu di Indonesia.

Mungkin juga kamu sempat bingung lantaran sanking banyaknya informasi lowongan kerja yang bisa kamu temukan di internet. Cukup catat beberapa saja yang menurut kamu terbaik dan cocok untuk kamu lamar.

Job Fair

Job Fair adalah event bursa kerja yang diselenggarakan oleh instansi tertentu yang ditujukan kepada para pencari kerja. Job Fair ini biasanya diselenggarakan di kota-kota besar bertempat di alun – alun, GOR atau stadion. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar untuk tiket masuknya, yang gratis biasanya yang diselenggarakan oleh pemerintah bekerjasama dengan Disnakertrans.

Didalam area Job Fair terdapat banyak stand perusahaan yang tengah mencari karyawan, kamu bisa langsung menitipkan lamaran di stan tersebut. Tak jarang juga yang langsung mengadakan interview di tempat, pastikan kamu berpenampilan menarik ketika mengikuti Job Fair. Untuk informasi Job Fair sendiri bisa kamu dapatkan melalui internet, media cetak atau papan pengumuman seperti di kampus atau sekolahan.

Orang terdekat

Jangan sungkan dan malu untuk menanyakan lowongan pekerjaan kepada rekan, saudara atau tetangga. Siapa tahu ada posisi pekerjaan bagus yang tengah dibutuhkan oleh perusahaan dan kamu mendapatkan informasi lebih cepat. Terlebih jika yang dibutuhkan hanya beberapa karyawan, perusahaan cenderung tidak melakukan pengumuman perekrutan secara besar-besaran.

Siapa tahu juga orang terdekat kamu tersebut memiliki jabatan yang bagus dan menjadi karyawan terpercaya di perusahaan sehingga langkah kamu untuk diterima kerja selangkah lebih mudah.

Koran

Tidak suka baca koran? tetapi kamu harus ada pengecualian untuk bagan informasi lowongan pekerjaan. Ada banyak informasi lowongan pekerjaan yang bisa kamu dapatkan dari media cetak ini. Kamu dapat memilih dan mencatat perusahaan-perusahaan mana saja yang menurut kamu sesuai dan pas.

Papan pengumuman

Papan pengumuman seperti di Depnaker atau Disnakertrans dan juga Kantor Pos biasanya memajang informasi lowongan pekerjaan terbaru, kamu boleh mencoba untuk mencatat informasi lowongan pekerjaan dari sana.

Perusahaan Tempat Magang

Pernah magang atau PKL atau KKN di suatu perusahaan tertentu? tidak ada salahnya kamu memasukan lamaran ke perusahaan tempat kamu magang sebelumnya. Terlebih jika sebelumnya kamu memiliki penilaian yang baik saat magang di perusahaan tersebut. Surat keterangan magang atau PKL juga dapat kamu lampirkan untuk memperkuat surat lamaran kamu.

Tanya langsung

Tips terakhir untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan adalah dengan menanyakan langsung ke perusahaan yang hendak kamu lamar. Jangan sungkan dan malu untuk menanyakan apakah tengah ada posisi pekerjaan yang dibutuhkan di perusahaan tersebut. Menanyakan langsung ke pihak perusahaan tentunya ada nilai plus tersendiri, kamu terlihat sebagai pribadi yang percaya diri dan beritikad kuat untuk mendapatkan pekerjaan.

Diatas adalah tips seputar melamar kerja dan mendapatkan informasi lowongan pekerjaan, ditengah persaingan mendapatkan kerja yang sangat ketat seperti sekarang ini kamu harus makin aktif untuk terus berusaha mendapatkan informasi lowongan kerja. Catatlah perusahaan-perusahaan terbaik yang hendak kamu lamar dan persiapkan diri kamu dan lamaran kamu sebaik mungkin.