Pengertian dan Penjelasan, Apa Itu Bounce Rate?

By | 30 July 2015
188Domino | Agen Poker | Agen Domino | Poker Online Terpercaya

Pengertian dan Penjelasan, Apa Itu Bounce Rate? – Istilah Bounce Rate sering muncul pada beberapa tools statistik trafik blog seperti Histats dan Google Analytics. Bagi yang masih awam atau baru mendengarnya pasti sedikit bingung. Dimanapun anda melihat yang namanya Bounce Rate pastilah di tampilkan dalam bentuk persentase (%), lalu sebenarnya apa sih yang di maksud Bounce Rate itu?

Pengertian dan Penjelasan, Apa Itu Bounce Rate

Pengertian dan Penjelasan, Apa Itu Bounce Rate ?

Bounce Rate adalah rasio pentalan atau memperlihatkan berapa persentase pengunjung yang mental dari blog kita, mental bagaimana? Pentalan disini maksudnya adalah seberapa persentase pengunjung blog yang pergi begitu saja dari blog kita tanpa ada interaksi (klik) apapun pada laman blog. Jadi dengan kata lain Bouce Rata adalah pengunjung yang datang dan pergi begitu saja tanpa mau klik laman lain di web atau blog kita.

Semakin tinggi persentase Bounce Rate seringkali di anggap kurang baik, atau Bounce Rate juga menggambarkan rendahnya pageviews dari suatu blog atau bisa juga dianggap blog kita kurang memberikan manfaat yang lebih. Tapi jangan terlalu awal mengambil kesimpulan dari penjelasan di paragraf ini ya? mari kita simak beberapa penjelasan di paragraf berikutnya.

RomeoPoker | Agen Poker Online | Agen Domino99 Online | Agen BandarQ

Bagaimana dan Mengapa Bounce Rate Terjadi ?

Bagaimana bisa terjadi? tentu saja karena pengunjung blog menutup tab laman blog kita atau langsung menuju situs lain. Lalu mengapa pengunjung blog tidak mau berinteraksi dengan laman blog kita, mengapa dia tidak klik laman lain di blog kita?

  • Karena pengunjung salah masuk laman, atau artikel di blog kita bukanlah yang dia cari
  • Artikel di blog kita tidak memberikan manfaat dan tidak memberikan solusi
  • Pengunjung blog keluar dari blog karena loading blog kita terlalu lamban dan berat
  • Pengunjung blog sudah mendapatkan apa yang dia cari atau artinya artikel kita sudah memberikan apa yang dia cari

Salah satu hal yang menyebabkan Bounce Rate tinggi adalah karena kurang baiknya navigasi blog kita, atau dengan kata lain pengunjung blog tidak menemukan artikel terkait lainnya yang menarik.  Navigasi yang di maksud disini misalnya adalah bar navigasi, widget related post, widget popular post, internal link dan lain sebagainya. Bisa juga karena blog anda membahas niche atau topik yang beragam sehingga pengunjung blog sulit menemukan relevansi artikel menarik yang menjadi minatnya.

Bounce Rate Tinggi, Baik atau Buruk ?

Jawabannya adalah “tergantung” misal saja blog kita merupakan blog yang memiliki artikel yang singkat, padat, jelas dan to do point maka Bounce Rate yang tinggi itu bisa di katakan wajar karena dengan sebentar saja pengunjung blog sudah paham inti dari artikel di blog kita. Namun jika blog kita rata-rata memiliki artikel deskripsi yang cukup panjang kemudian Bounce Rate tinggi itu bisa di katakan kurang baik. Dengan asumsi dengan artikel yang panjang tersebut seharusnya pengunjung blog bisa stay di blog kita sampai 45 detik.

Namun saya pribadi beranggapan Bounce Rate yang tinggi itu kurang baik. Karena seharusnya blog kita bisa menahan pengunjung untuk berlama-lama dan membaca artikel kita lainnya. Setahu saya Google juga melihat nilai manfaat dari sebuah blog dari informasi data Bounce Rate yang ada. Lalu bagaimana sih caranya agar Bounce Rate blog kita menjadi rendah?

Tips Agar Bounce Rate Rendah

Pada intinya bagaimana caranya kita bisa menahan pengunjung blog selama minimal 45 detik atau bahkan kita sebisa mungkin membuat pengunjung blog meng-klik laman lain di blog kita. Beberapa tips berikut ini mungkin anda bisa mencobanya:

  • Buatlah loading blog anda ringan
  • Desain blog dengan lebih menarik
  • Gunakan internal link yang berkaitan
  • Buat menu navigasi yang jelas
  • Fokus pada satu topik blog (optional)
  • Tingkatkan kualitas konten dan keunikan konten

Kalau ngomong itu emang enak ya? tapi memang sebenarnya Bounce Rate itu memang tidak mudah, namun tidak ada salahnya kita coba beberapa tips diatas. Karena pada dasarnya selain optimasi topik blog tertentu juga bisa mendapatkan pageviews tinggi sehingga Bouce Rate rendah. Oke saya rasa cukup sekian bahasan mengenai Pengertian dan Penjelasan, Apa Itu Bounce Rate? semoga membantu.

*Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Obat Pembesar Penis
Category: Blogging Tags: ,

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

One thought on “Pengertian dan Penjelasan, Apa Itu Bounce Rate?

Leave a Reply

Your email address will not be published.