Pengalaman Menggunakan WiFi IndiHome 10Mbps + Chanel TV, Baguskah?

Sudah lama rasanya tidak memposting artikel di blog ini, trafik sudah turun dan artikel sudah di copy dimana-mana. Anehnya kenapa artikel copy paste bisa naik ya di Google? ah sudahlah kembali lagi ke bahasan utama. Untuk profesi full online freelancer seperti saya ini sudah jelas membutuhkan koneksi internet yang baik dan stabil. Tahun lalu saya memutuskan untuk berpindah tempat mencari tempat tinggal yang memiliki koneksi internet yang baik dan banyak yang merekomendasikan WiFi dari Telkom Indihome.

Singkat cerita saya menghubungi sales dari Telkom IndiHome dan langsung dilakukan pemasangan kemudian tak lama WiFi bisa digunakan plus saya berlangganan chanel tv juga untuk hiburan dirumah. Pemasangan cepat karena sudah ada tiang Telkom di depan rumah saya sehingga cukup menghubungkan kabel ke rumah.

Pengalaman Menggunakan WiFi IndiHome 10Mbps + Chanel TV, Baguskah?

Saya memilih kecepatan yang paling rendah yaitu 10Mbps jaringan Fiber Optik dengan harga berlangganan 278 ribu perbulan dengan biaya admin saat membayaar 2.500, untuk pembayaran saya lakukan menggunakan layanan Mobile Banking BCA. Kali ini saya ingin share pengalaman dan pendapat saya mengenai performa dari WiFi IndiHome yang dapat menjadi pertimbangan teman-teman semua.

Kualitas koneksi internet

Hal pertama dan utama yang harus dibahas adalah kualitas koneksi internet, apakah kecepatan akan selalu full mentok di 10Mbps? seperti yang kita lihat banyak sekali berita dan komplain netizen di media sosial soal kualitas koneksi internet IndiHome. Sepengalaman memang koneksi pernah turun tetapi hal tersebut hanya terjadi sesekali dan tidak sering, masih cukup bisa ditoleransi.

Akan tetapi untuk penggunaan seperti bermain game Mobile Legend dan permainan game online lainnya koneksi dari IndiHome ini seringkali tidak stabil, ini yang banyak dikeluhkan oleh pelanggan terutama mereka yang gemar bermain game. Kalo kecepatan tetap 10Mbps ketika di cek via SpeedTest tapi soal tingkat stabilitas saya akui untuk WiFi IndiHome perlu di tingkatkan lagi.

Tapi untuk kebutuhan seperti browsing dan aktivitas media sosial lainnya masih cukup nyaman. Selama berlangganan 1 tahun ini sempat terjadi offline tetapi hanya beberapa menit saja.

Pembatasan kuota dan kecepatan

Sempat menjadi pemberitaan media dimana IndiHome menerapkan Fair Usage atau penggunaan wajar dimana akan ditetapkan maksimal penggunaan dengan penurunan kecepatan. Untuk saat ini penggunaan wajar dari IndiHome 10Mbps adalah 300GB perbulan dan setelah mencapai kuota tersebut kecepatan akan diturunkan 70% dan 100GB berikutnya akan diturunkan ke 40% dan kuota tetap unlimited.

Hal ini diterapkan oleh Telkom karena banyaknya penggunaan yang dirasa berlebihan yang menghabiskan kuota atau bandwidth sangat banyak terutama di warnet. Ya kalo boleh memilih sih tentu lebih memilih unlimited dengan tidak kecepatan yang tidak dibatasi. Namun untuk penggunaan rumahan masih sangat cukup, sebagai contoh dirumah saya ada 2 laptop yang aktif digunakan untuk browsing dan 3 handphone dengan total penghuni rumah 4 orang rata-rata berbulan menghabiskan 300GB.

Pilih Tekom IndiHome atau layanan lain?

Untuk lokasi saya kebetulan hanya tercover oleh IndiHome saja, andaikata ada layanan lain seperti Biznet saya akan ambil meskipun harga bulanan sedikit lebih mahal tetapi secara spesifikasi yang kita dapatkan jauh diatas IndiHome untuk paket paling murah. Terlebih Telkom kalo kita komplain ke mereka misal koneksi kurang bagus maka solusi dari mereka adalah “restart modem”, selalu saja itu dan kadang hasilnya sama saja.

Kesimpulannya adalah Tekom Indihome adalah layanan yang besar dan luas oleh karena itu meskipun banyak keluhan tetap saja banyak yang berlangganan selama tidak ada alternatif layanan lainnya. Bagi anda yang sekedar memenuhi kebutuhan internet harian dirumah untuk kegiatan umum seperti browsing, media sosial dan lain sebagainya maka layanan dari Telkom IndiHome ini cukup direkomendasikan. Namun yang menginginkan koneksi yang stabil untuk kebutuhan seperti game online, akses ke server yang butuh stabilitas tinggi sebaiknya pertimbangkan lagi jika ada pilihan layanan lain dengan testimoni yang lebih baik.