Pengalaman Menggunakan Hosting HostSpicy.com

Hosting adalah komputer yang kita sewa untuk diperuntukan sebagai media penyimpanan maupun unit pengolah data secara remote, sebagai contoh bagi seorang pemiliki website hosting diperlukan untuk menyimpan gambar, file, script website dan lain sebagainya sehingga website bisa diakses melalui internet. Harga hosting berbeda-beda untuk masing-masing layanan, hal tersebut berdasar pada kebijakan perusahaan dan spesifikasi dari hosting tersebut.

Ada banyak perusahaan web hosting yang menyediakan layanan seperti VPS maupun Dedicated Server yang bisa teman-teman pilih. Untuk masa sewa umumnya adalah perbulan, 6 bulan dan juga pertahun, ada juga yang menggunakan sistem deposit dengan harga server dapat di hitunga per jam service.

Pengalaman Menggunakan Hosting HostSpicy

Bagi teman-teman yang tengah mencari layanan offshore hosting, mungkin HostSpicy masuk dalam list layanan yang teman-teman pertimbangkan. HostSpicy sendiri merupakan perusahaan hosting luar negeri yang menyediakan berbagai produk layanan serperti web hosting, VPS, dedicated server dan juga RDP. Untuk pembelian domain dan SSL juga bisa dari sana, hanya saja dari kami lebih suka menggunakan layanan domain di Namecheap.

Kali ini kami sebagai penulis akan memberikan review dan pengalaman serta opini selama menggunakan layanan VPS di HostSpicy. Harapannya artikel ini bisa menjadi referensi teman-teman sebelum memutuskan untuk membeli layanan di HostSpicy.

Harga dan Metode Pembayaran

Untuk harga layanan yang ditawarkan HostSpicy bisa dikatakan biasa saja dan standar saja, ada banyak yang lebih murah tapi banyak juga beberapa layanan lain yang lebih mahal. Untuk kurs yang digunakan oleh HostSpicy adalah Euro, untuk pembayaran menggunakan PayPal juga bisa. Apakah PayPal bisa membayar dengan menggunakan mata uang Euro? tentu saja bisa karena nantinya sistem PayPal akan mengkonfersi mata uang USD yang teman-teman gunakan ke Euro saat pembayaran.

Performa Server dan Lokasi Server

Untuk lokasi server dari HostSpicy hanya menyediakan di France, Netherland, U.K dan U.S, memang lokasi server ini memiliki jarak yang jauh dengan kita di Indonesia sehingga untuk latency atau pengiriman data pun cenderung lebih lama ketimbang server yang berlokasi di Asia seperti Singapura dan Malaysia. Tapi ketika kami gunakan, kecepatan akses server di HostSpicy lumayan lebih baik ketimbang layanan lainnya dilokasi yang serupa. Kebanyakan memang layanan hosting offshore menyediakan server lokasi di Eropa pada umumnya dan tidak menyediakan lokasi server di Asia.

Layanan Support

Untuk support baik itu livechat maupun melalui tiket ya bisa dikatakan biasa-biasa saja, kadang direspon dengan cepat dan kadang juga harus menuggu hingga berjam-jam. Pernah kala itu server yang kami sewa mengalami sedikit kendala namun masih bisa tetap diakses, mereka langsung memigrasikan ke server baru tanpa harus kami komplain. Untuk layanan support ya standar sebagaimana layanan hosting pada umumnya, tapi kami pernah sih layanan tiket di DigitalOcean 3 hari baru dibalas, bahkan ada yang lebih dari itu, kurang paham bagaimana support mereka sekarang :p.

Jadi bagi teman-teman yang tengah mencari referensi hosting dan untuk lokasi server tidak masalah untuk di Eropa maka HostSpicy bisa jadi pilihan. Demikian share info tentang pengalaman dan juga review singkat kami tentang layanan di HostSpicy, semoga artikel ini dapat membantu teman-teman semua.