Pengalaman meminjam uang di bank jaminan Deposito (Tips Kredit Agunan Deposito)

Pengalaman meminjam uang di bank jaminan Deposito (Tips Kredit Agunan Deposito)

Mudahnya deposito adalah sejenis tabungan yang merupakan salah satu produk perbankan dimana bunga yang diberikan lebih besar, untuk saat ini di beberapa bank BUMN memberikan bunga berkisar 5%. Bunga dari deposito akan dibayarkan ke rekening tabungan teman-teman tiap bulannya. Menurut pengalaman saya bank BUMN yang memberikan bunga deposito cukup tinggi adalah bank Mandiri dan BNI.

Pinjam uang jaminan uang? mungkin terdengar gimana gitu ya, tapi tentunya tiap masing-masing memiliki cara pengelolaan dan manajamen keuangannya sendiri – sendiri. Bagi teman-teman yang memiliki simpanan deposito di bank, simpanan tersebut dapat digunakan sebagai jaminan pinjaman di bank atau istilahnya KAD atau Kredit Agunan deposito.

Pengalaman meminjam uang di bank jaminan Deposito (Tips Kredit Agunan Deposito)

Kebetulan saya pernah meminjam uang di bank dengan jaminan deposito ini, digunakan untuk merenovasi rumah orang tua. Sekaligus juga saya ingin membagikan tips dan pengalaman saya untuk teman-teman semua.

Berapa bunga kreditnya?

Secara umum bank memberikan bunga kredit 1,5% diatas bunga deposito, jadi misal deposito teman-teman saat ini memiliki suku bunga 5% maka bunga kreditnya adalah 6,5%.

Apakah ada biaya lainnya?

Kemudian biaya lain-lain ada yakni seperti biaya Provisi, namun teman-teman tidak perlu khawatir karena biaya lain-lain tersebut tidak memberatkan kok. Biaya Provisi hanya dibayarkan sekali saja pada saat awal pinjaman, yah semacam apa yah ucapan terimakasih kita ke bank karena pinjaman kita di terima.

Syaratnya apa saja?

Untuk persyaratan yakni menyerahkan Bilyet Deposito, KTP, KK dan juga NPWP. Nah mungkin teman-teman banyak yang tidak memiliki NPWP, teman-teman bisa buat dulu, mudah kok dan jika penghasilan teman-teman dibawah nominal yang kena pajak maka tidak perlu bayar pajak.

Berapa nominal pinjaman yang bisa diajukan?

Jika melihat ketentuan adalah maksimal 80% atau 90% (saya lupa pastinya), namun beberapa bank yang saya tanyakan bisa memberikan pinjaman hingga 100%. Jadi misal kita memiliki deposito 100 juta maka bisa pinjam 100 juta juga.

Bagaimana dengan Tenor Pinjaman?

Untuk masa pinjaman bisa dibuat pertahun, dua tahun dan seterusnya tergantung dari kebijakan banknya. Kemudian bisa juga membayar pokok plus bunga atau membayar bunganya saja kemudian pinjaman pokoknya dibayarkan pertahun.

Bagaimana jika telat membayar atau tidak bisa membayar pinjaman?

Keterlambatan pembayaran angsuran pinjaman akan dikenakan denda perharinya, jika tidak bisa membayar angsuran maka akan dicairkan deposito sesuai kekurangan pinjaman. Misal pinjaman kurang 50 juta maka akan otomatis akan di cairkan deposito teman-teman sejumlah 50 juta beserta bunga kreditnya. Jadi deposito tidak dicairkan semua melainkan hanya sisa pinjaman saja.

Bank terbaik untuk melakukan pinjaman?

Bank terbaik adalah bank yang memberikan bunga kredit menurun, jadi jumlah angsuran tiap bulannya semakin kecil karena bunga kredit mengacu pada pokok sisa pinjaman. Sistem bunga menurun ini lebih menguntungkan ketimbang bunga kredit flat (tetap). Karena dengan bunga menurun maka jika ditotal bunga kredit masih tertutup oleh bunga depositonya. Untuk di daerah saya yang menerapkan bunga menurun adalah bank Mandiri dan saya juga melakukan pinjaman disana.

Dibawah ini adalah contoh simulasi kredit jaminan deposito sebesar 200 juta dengan angsuran 12 bulan (pokok+bunga), contoh simulasi diberikan oleh pihak bank Mandiri waktu itu dengan sistem bunga menurun.