Pengalaman dan review menggunakan VPS hosting di Shinjiru, ternyata…

Shinjiru merupakan salah satu layanan Offshore Hosting, menyediakan layanan shared hosting, VPS, Dedicated Server dan lain sebagainya. Shinjiru juga menerima pembayaran menggunakan Bitcoin dan PayPal. Yang menarik dari Shinjiru mereka menyediakan VPS dengan berbagai lokasi server seperti favorit saya di Asia ada Singapore, Hongkong dan Malaysia.

Review Shinjiru

Namun dari pengalaman saya menggunakan hosting khususnya VPS di Shinjiru, saya cenderung tidak puas dan malah kecewa dengan layanan mereka. Ada beberapa hal yang teman-teman perlu perhatikan ketika menggunakan layanan VPS di Shinjiru dan hal ini bisa dijadikan referensi teman-teman.

Terdapat keterangan 1Gbps Unmetered Bandwidth, tapi… ?

Apa yang teman-teman pikirkan ketika melihat spesifikasi sever 1Gbps Unmetered Bandwidth?

Awalnya saya kira adalah kecepatan transfer data atau setidaknya port disana adalah 1Gbps dengan Bandwidth Unmetered atau tidak dibatasi. Namun saya kaget ketika saya baru menggunakan 1TB sudah di Suspend. Kira-kira 20 hari menurut laporan penggunaan sumber daya mereka mengatakan kalau saya sudah menggunakan 1TB.

Saya menanyakan kenapa VPS saya disuspend? mereka bilang alasan penggunaan sumber daya yakni transfer data yang sudah mencapai 1TB. Padahal di keterangan spesifikasi VPS adalah 1Gbps Unmetered Bandwidth, malahan saya disuruh untuk membaca TOS mereka, dan disanapun tidak ada keterangan penggunaan data maksimal adalah 1TB, seharusnya jika demikian mereka menuliskan keterangan bahwa kuota yang mereka berikan adalah 1TB.

Hendak tambah kuota tidak bisa! harus menunggu 1 bulan habis…

Dari pada saya malas berdebat dengan mereka saya mengajukan untuk penambahan kuota atau bandwidth agar setidaknya saya bisa melakukan backup file web dan database disana. Namun anehnya hal tersebut tidak bisa, malahan mereka menyuruh agar saya menunggu hingga renew lagi 1 bulan berikutnya. Hmm… sungguh aneh. 1TB itu sedikit teman-teman, kalau web teman-teman sudah punya trafik.

VPS di Shinjiru adalah OpenVZ

Lebih jelas tentang perbedaan Virtualisasi OpenVZ dan KVM teman-teman bisa search aja di Google, yang jelas KVM itu lebih baik. Namun di Shinjiru menggunakan OpenVZ, dan benar saja saya menggunakan 4 Core CPU sebentar-sebentar sudah overload. Padahal jika dilayanan lain dengan 4CPU masih sangat-sangat cukup.

Selain itu untuk support layanan pun menurut saya biasa saja bahkan lebih sering telat membalas tiket dan chat yang saya kirimkan. Nah bagi teman-teman terutama yang websitenya sudah memiliki banyak trafik, saya sarankan jangan menggunakan layanan hosting terutama VPS di Shinjiru. Nah demikianlah review yang saya berikan dengan apa adanya dan tidak saya tambah-tambahkan atau lebih-lebihkan.