Pengalaman Buka Filter Saringan Udara Motor Untuk Jarak Jauh

Pengalaman Buka Filter Saringan Udara Motor Untuk Jarak Jauh – Namanya manusia itu terkadang neko – neko ya? Ini motor dah bagus filter saringan udara di tutup eh malah di buka gitu, katanya sih bikin suara motor jadi tambah kece :D Saya juga sih api itu dulu, sekarang saya hanya ingin share pengalaman saya membuka filter saringan udara motor untuk jarak jauh.

Luxury138

Pengalaman Buka Filter Saringan Udara Motor Untuk Jarak Jauh

Kelebihan membuka filter saringan udara kendaraan bermotor:

RGOCASINO
  1. Tarikan motor jadi sedikit lebih bertenaga dan hentakan saat berpindah gigi itu terasa sekali.
  2. Bagi sebagian orang suara yang di hasilkan dengan membuka filter saringan udara menjadi lebih keren.

Dulu saya menggunakan Supra X 100 cc dengan kondisi filter dibuka dan sering dibawa untuk menempuh perjalanan jauh dari Semarang ke Banjarnegara dimana memakan waktu tempuh normal kira – kira 5 jam perjalanan tanpa istirahat untuk cuaca normal. Mungkin dari teman – teman semua pernah ada pertanyaan seperti ini:

Apakah membuka filter saringan udara kendaraan bermotor bikin tambah boros bensin?

Jawabannya “iya” membuka saringan udara motor membuat lebih boros bahan bakar, namun tingkat keborosannya itu berbeda – beda untuk setiap kendaraan. Jika saya menggunakan Supra 100 cc seperti tidak ada perbedaan dari konsumsi bahan bakar, namun bagi pengguna motor seperti Jupiter Z pasti jadi sedikit agak boros. Terlebih jika teman – teman menggunakan jenis kendaraan seperti Vixion ataupun Satria 150.

Apakah membuka filter saringan udara kendaraan bermotor membuat mesin motor cepat rusak/turun mesin?

Menurut saya membuka filter saringan udara kendaraan bermotor tidak terlalu berpengaruh pada cepat tidaknya mesin kendaraan terjadi turun mesin. Karena turun mesin itu lebih di pengaruhi dari penggunaan kendaraan bermotor itu sendiri, misal untuk geber – geberan dan bekerja keras mengangkut beban yang berlebihan setiap harinya. Malahan Supra X 100 cc milik saya sudah berumur 12 tahun belum pernah sekalipun turun mesin, malahan sekarang dipakai babeh buat jualan Es Cendol keliling.

Namun yang pasti membuka filter saringan udara dalam jangka waktu yang lama (tahunan) dapat memberikan efek yaitu mesin terasa kurang halus dari segi suara maupun getaran mesin itu sendiri. Jadi suara dan getaran mesin tidak sehalus saat pertama anda membuka filter saringan udara.

Bahaya tidak sih membuka filter saringan udara kendaraan bermotor saat kondisi cuaca hujan?

Bisa jadi berbahaya jika anda juga menghilangkan bagian leher saringan udara yang melengkung seperti pipa tersebut. Sebenarnya jika anda masih menggunakan leher saringan udara tersebut masih aman kok, asal lubang udara di hadapkan ke bawah/samping. Jika tidak demikian maka air hujan akan langsung masuk ke karburator terutama untuk motor bebek. Jika sudah demikian biasanya motor jadi mbrebet, mungkin sampai mati juga motornya tapi jarang terjadi sampai demikian sih.

Pengalaman Buka Filter Saringan Udara Motor Untuk Jarak Jauh

Tips dari saya sih lebih baik teman – teman semua bisa menggunakan filter saringan udara modifikasi yang bentuknya kerucut seperti gambar di atas. Namun lebih disarankan lagi untuk menggunakan motor secara standar saja sesuai rekomendasi dari pabrik. Demikian share saya mengenai Pengalaman Buka Filter Motor Untuk Jarak Jauh, lalu apakah teman  – tema semua mempunyai pendapat lain?

Luxury138

10 thoughts on “Pengalaman Buka Filter Saringan Udara Motor Untuk Jarak Jauh

  1. ilhami1

    debu masuk mas, nanti mesinnya terkikis lho

    1. s.magie Post author

      Itu dulu mas, sekarang sudah gak. Motornya saja udah di jual :D

  2. Batman

    thx infonya…..karena saya juga open filter, tapi box nya tetep kepasang..

    1. s.magie Post author

      Iya kalau saya tak lepas tadinya, biar lebih kelihatan simpel :D

  3. zeint

    Kalo box nya di copot, trus selang yg masuk ke mesin nya harus di tutup ga gan?

    1. s.magi Post author

      selang yang kecil ya mas, tergantung sih motornya admin dulu pakai supra 100 cc dilepas semua tanpa tutup :)

  4. ifan

    Kalau vixion lubang kecil baian bawah kiri kanan di tutup gpp kh gan ? Saringan ku standar vixion..

    1. s.magi Post author

      Baik, sebelumnya saya belum pernah untuk custom vixion tapi sebenarnya filter dibuka asalkan pasir dan air tidak masuk secara langsung saat di kendarai maka tidak jadi masalah, begitu juga dengan lubang-lubang kecil di sekitar filter. Efek lain dari filter dibuka tentu sedikit lebih boros dan lama kelamaan mesin menjadi kasar karena kompresi angin di mesin tidak seimbang meskipun di awal-awal tarikannya oke :)

  5. Fitra Ramdhani

    Open filter tetap aman kok yg penting rajin service karbu aja, terutama jika berada didaerah yg berdebu .
    Motor saya honda karisma dari tahun 2007 sampai sekarang munggah cc saya bawa harian open filter alhamdulillah aman lancar jaya ….

    1. d.bhaghoz Post author

      Benar sekali, perawatan dan penggunaan adalah hal yang cukup menentukan keawetan kendaraan :)

Comments are closed.