Pengalaman Bekerja di Gramedia Sebagai Pramuniaga

By | 3 June 2016

Pengalaman Bekerja di Gramedia Sebagai Pramuniaga

Pengalaman Bekerja di Gramedia Sebagai Pramuniaga – Ingin share nih sama teman – teman pengalaman saya dulu semasa kuliah bekerja di salah satu retail dengan produk buku – buku menarik ini. Semoga share saya ini bisa sedikit memberikan gambaran bagaimana sih bekerja di toko buku Gramedia ini.

Di Gramedia sebenarnya tidak hanya menjual buku – buku saja, namun juga peralatan kantor, sekolah, kuliah dan lain sebagainya. Nah disini ada 2 jenis karyawan di Gramedia, yang pertama adalah yang ikut manajemen toko atau pramuniaga dan yang kedua adalah mereka yang ditugaskan untuk menjaga stand mereka di Gramedia.

Pengalaman Bekerja di Gramedia Sebagai Pramuniaga

Nah kalau saya adalah yang ikut Gramedia, jadi soal gaji Gramedia yang menentukannya. Karyawan yang ikut manajemen PT. Gramedia Asri Media ini adalah mereka yang menjual produk – produk buku. Selain produk buku kemungkinan dia adalah pegawai yang ditugaskan oleh brand-nya di Gramedia, misal produk Bolpoin, Kamera, Musik dan lain sebagainya.

1. Bagaimana pembagian jam kerja di Gramedia?

Di Gramedia jam kerja sama seperti toko retail lainnya seperti Matahari, Robinson / Ramayana dan sebagainya, yakni di bagi menjadi 2 shift. Shift pagi masuk jam 8 pagi sampai jam 3 sore, sedangkan shift siang jam setengah 3 sore sampai jam tutup toko, biasanya jam setengah 10 malam.

2. Lalu bagaimana dengan jam istirahat?

Untuk istirahat bergantian dengan pramuniaga lainnya, biasanya shift pagi istirahat antara jam 12 hingga jam 2 siang dan shift malam jam 5 sore hingga jam 7 malam, untuk lama istirahat adalah setengah jam.

Di Gramedia sendiri sudah di sediakan ruang istirahat, kamu bisa membawa bekal atau keluar untuk makan diluar. Ruang istirahat di Gramedia rata – rata sudah disediakan alat memasak seperti kompor dan panci serta air minum gratis.

3. Bagaimana cara kerja di Gramedia?

Setiap pramuniaga dibebani tanggung jawab untuk mengelola satu departemen buku, misal buku sekolah, pengembangan diri, bisnis, hukum, masakan dan lain sebagainya. Tugas kamu pada intinya adalah memaksimalkan penjualan di departemen kamu tersebut.

Teknis lebih detailnya lagi kamu juga melakukan display buku dengan baik, menjaga arus keluar masuk buku, pengetahuan produk, menginput buku ke komputer katalog, pelayanan pelanggan dan lain sebagainya. Semua sudah ada standar dan prosesnya, kamu tinggal menyesuaikan saja.

Meskipun tugas kamu hanya menjual buku dan sejenisnya, kamu juga harus menguasai ketrampilan lain seperti kegiatan customer service. Karena ketika petugas CS sibuk tak menutup kemungkinan kamu harus membantu menghandel pekerjaan dia. Tapi disini sebenarnya bukan pekerjaan utama kamu, kamu hanya perlu membantu.

4. Berapa gaji seorang pramuniaga atau pelayanan toko di Gramedia?

Bagi karyawan yang ikut manajemen Gramedia, besarnya gaji sebenarnya saya sungkan untuk menyebutkannya, yang jelas ketika saya keluar dari Gramedia pada tahun 2014 lalu gaji masih selalu di atas UMR / UMK di kota kamu. Sebenarnya ada insentif jika kamu mampu menjual buku – buku best seller, jadi gaji kamu sebenarnya bisa jauh di atas UMR.

5. Bagaimana suasana bekerja di Gramedia

Menurut saya pribadi, suasana kerja di Gramedia itu kekeluargaan banget, sesama pegawai dan atasan sebagian besar ramah – ramah, adapun yang tidak ya paling satu dua saja. Sayangnya sebagai pramuniaga kamu diberikan kontrak selama 2 tahun saja, jadi kamu tidak bisa berlama – lama disana kecuali kamu bisa naik jabatan.

Baca juga:

Nah, itulah beberapa gambaran umum bekerja di Gramedia, kebetulan saat itu saya bekerja di salah satu Gramedia di kota Semarang. Seharusnya gambaran umum bekerja di Gramedia ini adalah sama untuk kota dan wilayah lainnya.

Vimax Canada
Category: Gaya Hidup Tags:

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

137 thoughts on “Pengalaman Bekerja di Gramedia Sebagai Pramuniaga

  1. rois

    kak.. minta tolong dong??
    ada lowongan ga di gramedia toko buku??
    dan walaupun ga ada lowongan, cara melamar kerja menjadi pramuniaga bagaimana ya??
    please,, balas aja ke email ku,, [email protected] (edit)
    terima kasih banyak kak sebelumnya, dan aku tunggu balasan dari kaka.

    Reply
      1. Sidik paristyono

        Kak tolong kirim ke email saya juga dong ka sidik [email protected]

        Reply
          1. Sidik paristyono

            Cara melamar kerja di gramedia sebagai pramuniaga seperti berkas apa saja yang harus dibawa saat melamar dan lain lainnya seperti pengalaman kakak saat melamar kerja digramedia ,oh iya ka kalo pake kacamata bisa kerja di gramedia sebagai pramuniaga ga yah ?

  2. Rinda

    Ka..gaji dan fasilitas gramedia brp dan bgaimana ya? Tolong bls ya ka melalui email ku..trims

    Reply
  3. Elsa

    Apakah dikontrak sama gramedia dengan jangka yang waktu ditentukan? Apakah ada penalti kalau lepas kontrak? Berapa hari diberi libur perbulannya? Terimakasib :)

    Reply
    1. s.magi Post author

      Sepengalaman admin, kontrak di Gramedia 2 tahun, jika ingin resign sebelum 2 tahun bisa coba di bicarakan terlebih dahulu sama HRDnya. Pada waktu itu libur di sesuaikan dengan tanggal merah, jika dalam satu bulan ada 6 tanggal merah maka libur 6 kali di hari selain tanggal merah.

      Reply
    1. s.magi Post author

      malah admin tidak di tes, cuma interview ini dan itu kemudian besoknya suruh masuk kerja, ada beberapa yang mengikuti tes tapi sepertinya semuanya masuk, jadi tesnya tidak seberat seperti masuk kerja di pabrik atau perusahaan lainnya, karena perusahaan retail cenderung lebih mudah, mungkin bisa di katakan lebih ke formalitas saja sih.

      Reply
  4. Dian Yusup

    Min tolong minta cara melamar jadi pramuniaga lewat email ke Gramedia..

    Reply
    1. s.magi Post author

      Untuk melamar di Gramedia cabang tertentu memang sebaiknya melamar langsung saja ke toko atau kantornya, namun jika ingin melamar kerja melalui email bisa coba menanyakan alamat email tujuan ke kompasgramedia.com/contact agar di berikan alamat email yang valid di gramedia cabang tujuan.

      Reply
  5. Hwe

    Hi gan.. Mohon info ny ttg salary di gramed dong? He.. Terus kalau mau sambil kuliah bisa gk ya??? 😃

    Reply
    1. s.magi Post author

      Kalau gaji seharusnya di atas UMK / UMR, tinggal mas lokasi dimana? dulu admin juga bekerja disana sambil kuliah dan bisa, meskipun kadang ada kuliah yang bolos. Tergantung kondisi juga sih, setahu admin banyak karyawan Gramedia yang juga kerja sambil kuliah, yang penting masnya bisa mengatur waktu dan membagi konsentrasi antara bekerja dan kuliah agar keduanya bisa berjalan lancar.

      Reply
    2. Ica

      Mas gaji di gramed tuh udah yang paling baik di antara retail lain. Insentif nya banyak.. tapi sayangnya cuma 2 tahun. Kalo jadi pramuniaga gampang banget ngatur jadwal kuliah.

      Reply
      1. s.magi Post author

        untuk gaji sekelas SPG atau Pramuniaga memang Gramedia memberikan gaji yang cukup lumayan jika di banding retail lain, jadi Pramuniaga aja sudah lumayan gajinya bagaimana kalau jadi staf atau karyawan level atas ya? :)

        Reply
    1. s.magi Post author

      Setahun dan sepengalaman admin tidak ada stock opname di Gramedia, karena selalu di update secara berkala stok buku di komputer.

      Reply
  6. Lina Priska

    Haloo..terima kasih atas infonya..

    Bisa minta info lowongan kerja di Gramedia untuk teman saya. Dia lagi nyari info2 lowongan kerjaan khususnya baru tamat SMA 😊 Kalo ada mohon kasih tau ke email ya ^^
    Makasiih

    Reply
    1. s.magi Post author

      Kalau info belum ada dan mungkin admin tidak punya info loker di Gramedia, coba lamar langsung saja, kalau kualifikasi masuk pasti nanti di panggil kok ketika ada bagian divisi yang kosong. Atau mungkin jika mau bisa menanyakan langsung ke karyawan di Gramedia apakah ada lowongan atau kalau mau malah tanya langsung ke SPV atau kepala tokonya :)

      Reply
  7. Sefty

    Min itu ngelamarnya harus ke pusat atau nitipin di satpam sama CS Gramedia trdekat?

    Reply
    1. s.magi Post author

      Tidak harus, tapi jika kamu tidak punya relasi atau kenalan bisa menggunakan cara demikian, lebih bagus lagi kalau menyampaikan langsung ke SPV atau kepala toko Gramedia yang kamu tuju :)

      Reply
  8. Sidik paristyono

    Ka pas interview berpakaiannya seperti apa ka soalnya gak boleh pake putih hitam ka

    Reply
    1. s.magi Post author

      Mungkin yang di maksud tidak boleh berpakaian atasan putih dan bawahan hitam, tergantung juga ini mau interview di perusahaan apa. Secara umum, coba gunakan kemeja formal warna kalem seperti abu-abu atau biru muda, kalau celana sepertinya tetap hitam deh :)

      Reply
  9. Sidik paristyono

    Iya interview di gramedia nih ka
    Terimakasih ya ka untuk semua infonya :)

    Reply
    1. s.magi Post author

      Kalau sekarang ini mungkin peraturannya masih sama, sebelum memakai seragam di Gramedia itu pakaiannya hitam – hitam, atas kemeja hitam lengan pendek dan bawah celana kain hitam atau bisa juga soft jeans. Iya semoga sukses :)

      Reply
        1. s.magi Post author

          seinget admin dulu pada pakai lengan pendek, belum paham juga kalau lengan panjang boleh tapi di lipat :)

          Reply
  10. Aisyah Azz

    Ka kl boleh tau, kk ngelamar ke gramedia mana? Gramed yg di mall atau gramed yg gedung sendiri?

    Trus wawancara nya, kita juga di tes bagaimana menjual produk ke konsumen ya ka? Terimakasih ka sebelumnya

    Reply
    1. s.magi Post author

      Dulu Gramedia yang di Semarang, Gramedia ada yang gedung sendiri dan ada juga yang ikut gedung lain, admin kebetulan di gedung sendiri. Ya untuk wawancara atau interview standar saja sih, kalau untuk bagaimana cara kerja nanti di lakukan ketika sudah masuk kerja kalau pas di panggil interview yang belum di ajarkan bagaimana teknis cara kerjanya, sepengalaman seperti itu :)

      Reply
      1. Aisyah Azz

        Oalahh begitu toh ka, btw kl boleh tau pas wawancara apa aja sih ka pertanyaan nya? Soalnya aku baru lulus SMA nihh, blm ada pengalaman interview. Kl bls disini jg gpp, kl mau nge email, ini email aku [email protected]

        Sebelumnya terimakasih byk ya ka🙆

        Reply
          1. Aisyah Azz

            Baik bgt kk ngejelasin nya detail bgttttttt. Terimakasih byk ya ka😀
            Kl aku nanya2 ttg gramedia lg tolong dibls ya ka🙆😀

  11. very L

    admin digramed sambil kuliahhh ? itu admin ngomong langsung gak kalo kerja sambil kuliah ??? bales ya lewat email [email protected]

    Reply
  12. Dewi sukma

    Ka kalo kebutuhan saya butuhnya 5bln gmna ka? Bisa ga? Bales ya ka😊

    Reply
    1. s.magi Post author

      Ya kalau kerja sih seharusnya kita yang menyesuaikan perusahaan, jangan perusahaan yang menyesuaikan kita. Ya kalau sudah diterima kerja tinggal di jalani saja nanti sekiranya 5 bulan ajukan resign. Lagian kenapa 5 bulan doang, baru lepas training dapat gaji full udah resign 🙂

      Reply
    1. s.magi Post author

      sepertinya tidak, belum paham juga kalau sekarang ini sudah ada peraturan baru tapi admin belum pernah melihat karyawan gramedia memakai hijab :)

      Reply
  13. Beng

    Kak mau tanya, persyaratan lamaran dan pertanyaan umum saat interview biasanya apa kak? Sama, jika ngelamar ke Gramedia yang ada di gedung lain itu simpan lamarannya ke mana/siapa??
    Balas di sini atau lewat Email [email protected] jga gpp. Makasih kak,,

    Reply
    1. s.magi Post author

      Ya pertanyaan umum seperti pengalaman kerja, kesibukan sekarang apa, lulusan apa, tinggal sama siapa dan lain-lain seputar itu.
      Untuk lamaran bisa di kasihkan ke Pos Security yang bertugas, ke Customer Service atau lebih baik lagi ke SPV yang sedang bertugas di sana.
      :)

      Reply
    1. s.magi Post author

      Setahu admin Gramedia tidak menentukan batas usia, karena dulu sepengalaman admin yang berumur diatas 25 pun ada, tidak ada salahnya dicoba. Yang terpenting keseriusan masnya dalam bekerja, kalau bagian Personalia melihat itu maka tidak ada alasan menolak masnya mekipun usia hampir 25 :)

      Reply
  14. Susiamdulilah

    Maaf ka saya mau nanya , berkas – berkas yang harus di bawa apa aja ya ka untuk ngelamar di gramedia? Dan pas interview di tanya apa aja ya ka? Lalu biasanya kalau mau ngelamar pakai pakaian putih item atau bebas? Dan biasanya di panggilnya paling lama berapa hari atau bulan ka? saya baru pertama kali mau ngelamar kerja ka.. Tolong infonya di kirim ke e-mail saya ya ka..

    Reply
    1. s.magi Post author

      1. Untuk berkas apa saja bisa simak artikel ini: http://uceng999.com/persyaratan-melamar-kerja-lengkap-berkas-dokumen-surat-lamaran-kerja/
      2. Pertanyaan yang di tanyakan standar saja seperti pengalaman kerja, kesibukan sekarang apa, lulusan apa, tinggal sama siapa dan lain-lain seputar itu
      3. Kalau pas memasukkan lamaran, pakaian apa saja yang penting rapih dan menunjukan keseriusan kamu melamar kerja dan tidak harus hitam putih
      4. Panggilan bisa beberapa hari, minggu, bulan atau tidak dipanggil sama sekali, tergantung kebutuhan perusahaan

      Saya balas disini saja ya :)

      Reply
  15. Novia mardianti

    Kak tolong dong saya ingin ngelamar ke gramedia. Gmn caranya trimaksh.

    Reply

    Reply
    1. s.magi Post author

      Ya tinggal buat surat lamaran saja, semisal belum tahu posisi lamaran yang dituju bisa di buat lamaran umum saja tanpa mencantumkan posisi. Kemudian serahkan lamaran ke toko Gramedia langsung, baik ke pos security atau ke CS Gramedia atau ke SPV langsung yang sedang bertugas malah lebih baik :)

      Reply
    1. s.magi Post author

      Bisa atau tidak untuk part time tentunya tergantung kebijakan perusahaan, namun sepengalaman admin dulu beberapa karyawan juga sambil kuliah. Soal shift atau waktu kerja tentu saja kamu sebagai karyawan yang menyesuaikan jadwal dari Gramedia, bukan Gramedia yang ikut jadwal kamu, kecuali ada kelonggaran tertentu dari pihak Gramedia :)

      Reply
  16. Aisyah Azz

    Ka pas ngelamar kerja ke gramedia boleh pake rok ga? Rencananya aku mau pakai rok hitam.
    Trus kl masalah kerudung nya boleh di hijab ga? Apa yg simpel aja? Mohon pencerahannya ka :)

    Reply
    1. s.magi Post author

      Kalau saat melamar sih mau pakaian apa saja yang penting rapih dan sopan itu tidak masalah. Tapi kalau pas interview atau mungkin kerja sudah ada ketentuannya menggunakan seragam yang bagaimana dan sepengalaman tahun 2014 kemarin belum pernah lihat karyawan Gramedia pakai Hijab, kurang paham juga kalau sekarang :)

      Reply
    1. s.magi Post author

      untuk data entri sepertinya lebih tinggi dari UMK dan lebih tinggi dari Pramuniaga / penjaga toko :)

      Reply
    1. s.magi Post author

      input data terkait pengiriman barang, penerimaan barang, barkode harga dan input data terkait operasioanl lainnya :)

      Reply
  17. Moel

    Berarti klo data entry kerja nya di office atau gmana ka?
    Bagi no whatsappnya ka buat nanya2 aja.makasih

    Reply
    1. s.magi Post author

      Kalau data entri kerjanya lebih banyak input di depan komputer dan di dalam kantor, kalau sepengalaman sih seperti itu. Mungkin tanya – tanya bisa lewat komentar disini saja, soalnya biar lengkap jawabnya :)

      Reply
  18. moel

    untuk jam kerjanya berapa jam ka? dlu ka magi kerja bagian apa? dan berapa lama kontrkanya??

    Reply
    1. s.magi Post author

      Dulu bekerja di bagian Pramuniaga waktu sembari kuliah, hanya kontrak 1 tahun (normal 2 tahun) karena harus menyelesaikan skripsi. Untuk jam kerjanya 8 jam dikurangi setengah jam istirahat :)

      Reply
  19. Mitch

    Kak waktu itu umr di semarang brp kak waktu dapet gaji dri gramedia nya? Bls aja ya kak ke [email protected]

    Reply
  20. afrizal

    gan..aku afrizal
    besok tanggal 5 des 2016 di suruh datang ke gramedia pusat pkanbaru untuk ngurus no mpwp gan. untuk seterusnya gimna ya gan??tlong bantuannya gan,,brbagi pengalaman sama saya
    ini email saya gan

    Reply
    1. s.magi Post author

      admin balas disini saja ya mas,
      oh iya di Gramedia juga butuh NPWP untuk syarat menerima gaji sepertinya, kalau admin dulu dapat surat pengantar dari Gramedia untuk membuat NPWP. Nah mungkin nanti masnya juga di kasi pengantar dari Gramedia. Untuk prosesnya tinggal ikuti saja, gampang kok, pasti di bantu membuat NPWP sampai jadi di kantor Pajak :)

      Reply
  21. afrizal

    iyaa gann..
    terus jika no npwp bya slesai,terus lansung kerja atau gimana gan??
    klau nunggu harus nunggu brpa lama biasanya gan??mohon bantuannya yaa gan

    Reply
    1. s.magi Post author

      Kalau menurut admin sih, ketika masnya sudah diminta membuat NPWP kemungkinan itu sebuah tanda kalau masnya mungkin diterima kerja di Gramedia. NPWP mungkin salah satu syarat melamar kerja, namun sepengalaman dulu NPWP dibuat ketika karyawannya hendak di kontrak di Gramedia. Kalau berapa lama sih kurang bisa memastikan ya? tapi seharusnya tidak dalam waktu yang lama mungkin hitungan hari atau minggu, semoga diterima :)

      Reply
  22. Moel

    Di gramedia itu umk nya sektor berapa yaaah? Kan klo paling tinngi sektor 3

    Reply
    1. s.magi Post author

      kurang paham untuk sektor – sektornya, kemungkinan sesuai dengan tempat dimana toko berada :)

      Reply
  23. afrizal

    gann…
    tadi udah aku urus npwp nya gan,,,terus katanya tunggu kbar slanjutnya..oh iyaa untuk traningnya brapa lama biasanya gan??gajii nya traningnya brapa gann??

    Reply
    1. s.magi Post author

      Kalau pengalaman dulu sih training ada yang lama dan ada yang tidak, kalau dulu training sebenarnya masa dimana menunggu ACC dari pusat untuk jadi karyawan kontrak. Nah karena ada selang waktu semenjak mengajukan kontrak hingga turun surat kontrak dari pusat, masa tersebut di jadikan masa training. Jadi pengalaman dulu masa tersebut di gaji UMK, ada yang sebulan ada yang dua bulan bahkan ada yang beberapa minggu dah karyawan kontrak tergantung keputusan dari pusat :)

      Reply
  24. Moel

    Untuk karyawan gramedia kontrak apa ada yang diangkat menjadi karyawan tetap ka apabila mempunyai kinerja bagus?

    Reply
    1. s.magi Post author

      Seharusnya memang seperti itu, tapi sepertinya hal tersebut sekarang sudah jarang sekali terjadi :)

      Reply
  25. afrizal

    oohh terimah kasiih gann,,,mau nanya lagi gann,stelah ngantar npwp dan rekening bca nya gan,terruus buat nunggu kapan d panggil nya brapa lama gan??buat di anggil untuk kerja atau traningnyaa

    Reply
  26. Moel

    Waktu kaka kerja di gramedia kota mana? Tahun berapa ka n salarynya berapaan yah perbulan? Via email aja ka

    Reply
    1. s.magi Post author

      Gramedia Semarang sekitar tahun 2014, kalau gaji kemarin UMR tambah beberapa ratus ribu, kalau lembur ya tambah besar lagi :)

      Reply
  27. devi

    kak mau tanya,tinggi badan dipermasalahkan gak?aku kan kuliah kalau pas interview langsung bilang kalau aku kuliah apa gak? bales email ya kak makasih.

    Reply
    1. s.magi Post author

      sepertinya untuk tinggi badan tidak terlalu di permasalahkan, ya kalau di tanya bilang saja kalau tidak ditanya ya terserah mau bilang apa tidak, tapi sebaiknya bilang saja :)

      Reply
  28. Niken

    Biasanya 1 gramedia itu ada berapa pramuniaga kak? Kalo liburnya gimana? Seminggu 1x harinua bebas / ditentukan?

    Reply
    1. s.magi Post author

      mungkin 1 gramedia lebih dari 30 pramuniaga, libur di gramedia menyesuaikan hari besar dalam bulan tersebut. Misal dalam 1 bulan ada 6 tanggal merah maka dalam satu bulan tersebut ada 6 hari libur kerja dan jadwalnya di sesuaikan oleh manajemen dan tidak ada libur di hari tanggal merah karena toko ramai :)

      Reply
  29. Riztqy

    Kak untuk traingnya itu berapa lama? Dan gaji saat training berapa? Please reply yah kak, hehehe thanks
    Soalnya ak baru aja dapet kabar ak diterina dan suruh buat rek bca dan npwp

    Reply
    1. s.magi Post author

      Sebenarnya di Gramedia tidak ada training. Jadi masa training adalah masa dimana kamu menunggu surat kontrak turun dari pusat. Ketika kamu sudah di terima, nanti dari Gramedia cabang akan mengirimkan / meminta surat kontrak, nah masa menunggu itu sering disebut training. Kalau lama tidaknya tentu saja tidak bisa di prediksi, ada yang beberapa minggu dan ada yang beberapa bulan. Tapi seharusnya sekarang ini untuk training atau masa menunggu kontrak tidak perlu lama – lama seperti dahulu kala, mungkin dalam hitungan minggu hingga 1 or 2 bulan :)

      Reply
  30. Riztqy

    Kak, di gramed kan kita kerja kontrak, nah kan kita belum tentu jadi pegawai tetap, kalau kita pake npwp orang tua boleh ga?

    Reply
    1. s.magi Post author

      Iya belum tentu jadi pegawai tetap dan jangan juga terlalu berharap jadi pegawai tetap sekarang ini, untuk NPWP sebaiknya menggunakan NPWP sendiri, kan nanti di kasih surat pengantar dari Gramedia dan diminta untuk membuat NPWP di kantor pajak :)

      Reply
  31. Chiko

    Bang, kalau di gramed gak tahan ijazah kan? Saya keterima bang nih… Besok tanda tangan kontrak… Kalau sudah kerja nanti saya bisa izin gak sih ambil shift pagi tiap selasa kamis? Soalnya saya ada les :D hehe makasih bang.

    Reply
  32. Lula

    Aku ada kuliah seminggu 3 kali, pas jadwal kita kuliah kita bisa minta shift pagi gak sih kak? Thx :)

    Reply
    1. s.magi Post author

      Kalau di dunia kerja sebenarnya kita harus ikut dari manajemen kerja tersebut. Namun admin kasih tips jika ingin lancar kerja sambil kuliah coba jujur saja dalam setiap melamar kerja. Misal ketika di interview kerja, kemungkinan besar akan ditanya apa kesibukan kamu. Jadi jujur saja sedang kuliah, misal kualifikasi kamu masuk, meskipun sedang kuliah pasti pihak perusahaan mengijinkan kamu bekerja dengan kelonggaran shift yang di sesuaikan ketika hari kuliah. Kalau admin dulu prioritas kerja dengan kuliah adalah 60:40, jadi mungkin pada kondisi tertentu bisa saja bolos kuliah satu atau dua kali. Tapi untuk momen penting seperti ujian, tes, skripsi dan lain – lain sebisa mungkin harus masuk kuliah. Pengalaman :)

      Reply
  33. Riztqy

    Kak kalau boleh tau dulu kaka pake rekening bca tahapan atau yg tabunganku? Ak bimbang, soalnya kan gramed mengharuskan pake bca, nah untuk setoran awalnya cukup gede, lagi ga ada duit buat itu,
    Dilema

    Reply
    1. s.magi Post author

      Untuk kemudahan kedepannya lebih baik pakai Tahapan saja jangan Tabunganku meskipun ada biaya admin tiap bulannya. Kalau soal setoran awal yang besar, sepengalaman kan kalau ada surat pengantar dari Gramedia kita bisa membuka rekening awal dengan setoran yang minim :)

      Reply
    1. s.magi Post author

      [email protected] email yang terdaftar disini :)

      Reply
  34. Riztqy

    Lha memang kenapa kak kalau pake tabunganku? Ak udah terlajur buat yg itu, dan kata cso nya pakai tabunganku bisa kalau hanya untuk gajian .
    Dan kemarin ak ga ada surat pengantar buat rek sama npwp,
    Ak cman ditelp kalau udah diterima di gramed dan ak disuruh buat npwp sama rel bca gtu doank, dan tdi fotocopy npwp dan buku tabungannya baru aja ak konfirm ke gramednya,

    Reply
    1. s.magi Post author

      Iya tidak masalah kok kalau sudah buat, kelebihan dari tabunganku yakni tidak ada biaya admin perbulannya (koreksi jika salah). Tapi di batasi dalam hal transaksi seperti penarikan uang. Tetapi untuk sekedar menerima gaji tidak masalah, hanya saja untuk keperluan misal sering tarik uang sepertinya Tabunganku kurang cocok :)

      Reply
  35. Syafira Mailia

    Kak, aku mau ikut walk in interview di gramedia. Kalau untuk pakaiannya, pakai seragam putih hitam atau bagaimana ya? Mohon segera dibalas ke alamat emailku

    Reply
    1. s.magi Post author

      Saya balas disini saja ya? kalau untuk interview sih kalau dari Gramedia tidak menentukan jenis dan warna pakaian bisa menggunakan pakaian yang rapi dan formal saja. Kecuali kalau sudah masuk ke training biasanya pakaiannya hitam – hitam :)

      Reply
    1. Erwin

      Riztqy
      Saya baru di tlp dan suruh wawancara di gramed slamet riyadi juga, Nah persyaratan dan prosesnya itu gmna kak. Pengalaman nya gmna, bagi boleh ?

      Reply
      1. s.magi Post author

        Sayangnya disini bukan forum jadi mungkin komentarnya mungkin tidak di balas sama pembaca lainnya, coba hubungi Riztqy di email berikut: [email protected] :)

        Reply
  36. Riztqy

    Hari ini tadi, hari pertama ak kerja di gramedia, karna kondisi fisik lagi ga fit dan harus berdiri dri jam 8-15 sangat buat ak kelelahan.

    Reply
    1. s.magi Post author

      Wah pertama masuk sudah 15 jam? mantap ! tapi kalau kondisi lagi gak fit lebih baik di sampaikan ke atasannya :)

      Reply
  37. Riztqy

    Dan tadi ak denger” dri senior ak, katanya loyalitas di gramedia tinggi bngt, jadi kalau misal kita masuk pagi trus nanti siangnya ada stock buku dan yg shift pagi harus bantuin yg shift siang, bahkan yg shift pagi ada yang molor harusnya pulang jam 3 jadi pulang jam 6
    Bener ga sih kak?

    Reply
    1. s.magi Post author

      Iya memang itu sudah menjadi kebudayaan di Gramedia dari waktu ke waktu, sebenarnya jika di kaji namanya loyalitas bukanlah sebuah paksaan. Namun terkadang budaya yang seperti itu menjadikan kamu mengikuti kebiasaan yang ada. Dulu waktu saya kerja di Gramedia juga seperti itu, pada pulang sampai jam 5 bahkan jam 7 malam, tapi saya menganggap loyalitas bukanlah sebuah paksaan, jadi ketika saya ingin pulang ya pulang, toh sudah ada standar jam kerjanya. Saya paham sekali hal tersebut pasti membuat bingung dan mungkin merasa terbebani :)

      Reply
    1. s.magi Post author

      boleh: [email protected] :)

      Reply
  38. Riztqy

    Kak kalau mau ijin gmna caranya yah?
    Soalnya hari ini ak bener” ga fit nih

    Reply
    1. s.magi Post author

      Coba beritahu salah satu teman di Gramedia, atau menghubungi nomor Gramedia, kemudian beritahu sementara kamu gak bisa masuk kerja. Kalau sakit, cek dokter dulu nanti surat keterangan dokternya menyusul ketika sudah masuk kerja :)

      Reply
  39. Moel

    Klo waktunya lebih dari 2 minggu semenjak walk in ada kemungkinan masih dipanggil gak yah?

    Reply
    1. s.magi Post author

      Kalau 2 minggu sih seharusnya masih ada kemungkinan di panggil, dibikin santai saja sembari melamar kerja di tempat lain yang mungkin lebih baik :)

      Reply
  40. Moel

    Iyah ka, saya sudah tanyakan hasil tesnya ke official line gramedia.katanyan sih lulus dan ditempatkan di gedung baru.. tapi udah hampir 2 bulan belum ada panggilan jga, itu gmana yah?
    Takut di PHPin

    Reply
    1. s.magi Post author

      Ya saran terbaik tetap mencoba lamar dan cari kerja di tempat lain sembari menunggu, jangan terlalu berharap juga 100% sama perusahaan manapun akan diterima kerja. Siapa tahu dapat kerja di tempat lain yang lebih baik, atapun jika ada panggilan di Gramedia kan tinggal pilih mau kerja di tempat baru apa di Gramedia :)

      Reply
  41. Riztqy

    Thanks bngt kak udah luangin wakty buat bales komeku dan emailku, sangat amat membantu,
    Maaf kalau ak terlalu cerewet tanya ini itu, hehehe 😉😉😉

    Reply
    1. s.magi Post author

      Tidak libur panjang, tapi mungkin yang berdomisili jauh biasanya idul fitri di kasih libur 1 atau 2 hari. Sementara yang tidak liburnya diganti selain hari H Idul Fitri :)

      Reply
  42. Estu

    Ka saya mau tanya, kalau misalnya belum ada walk interview tapi saya taro lamaran langsung ke pusat gramed bisa gak ya mas?makasihh

    Reply
    1. s.magi Post author

      Tidak ada salahnya menaruh atau mengirim lamaran di perusahaan manapun, silahkan dicoba. Kan interviewnya nanti kalau sudah masukin lamaran kan? :)

      Reply
  43. Aldo

    Selmat Sore mas magi, saya mau tanya kebetulan dikota saya adaa lowongan bagian store associate, kalau boleh tau tugas dan kerjanya apa ya mas?

    apakah karyawan kontrak? atau bisa karyawan tetap?
    tlog infonya mas mksih

    Reply
    1. s.magi Post author

      Store Associate sepertinya sama saja sama SA atau Pramuniaga, tugasnya seperti display buku, menjual buku, atur perputaran stok buku di departemen yang dia ampu dan lain sebagainya. Kemampuan teknis lain yang dipelajari seperti pengetahuan tentang Customer Service, retur buku, cek buku laku dan buku tidak laku, penggunaan katalog komputer, pelayanan dan lain sebagainya yang bisa di pelajari sambil berjalan nanti.

      Untuk kontrak adalah 2 tahun, kemungkinan karyawan tetap itu tetap ada hanya saja sekarang ini jika di lihat Gramedia sudah dalam kondisi stabil atau dalam artian sudah tidak membuka banyak cabang baru seperti dulu. Sehingga kemungkinan kebutuhan karyawan untuk menajemen tingkat atas sangat sedikit, jadi seorang SA menjadi SPV atau manajer misalnya bukan hal yang tidak mungkin, tapi kalau saya bilang persentasenya sangat kecil :)

      Reply
  44. maygigs

    halo,mau tanya dong.. ada tahapan proses wawancara kerjanya gak?kalo ada tahapannya apa aja dan gajinya berpa ya kalau boleh tau?makasih

    Reply
    1. s.magi Post author

      hai, kalau saya sih satu kali wawancara sudah langsung masuk kerja keesokan harinya karena pengalaman di Retail cukup banyak. Sedangkan teman – teman saya rata – rata dua kali, jadi wawancara / tes di waktu pertama baru yang kedua di panggil kembali untuk mulai orientasi dan melengkapi persyaratan untuk menjadi karyawan Gramedia. Belum diketahui dengan pasti apakah sekarang sudah berbeda ada ada perbedaan di masing – masing Gramedia cabang :)

      Reply
  45. faisal

    min,saya mau tanya.saya besok disuruh lengkapin berkas foto 3×4 sama npwp.persyaratannya suruh lampir rekening bank.tp saya bank mandiri.kok pemberitahuan td saya ga disuruh buat rek.bca ya min?

    Reply
    1. s.magi Post author

      Masnya ikut manajemen Gramedia atau counter yang di tempatkan di Gramedia? setahu saya Gramedia menggunakan BCA, belum paham juga kalau sekarang ini sudah ada perubahan. Mau Mandiri atau BCA tinggal ikuti prosedurnya saja, yang penting sudah keterima kerja :)

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.