Cara Mengarahkan Nameserver Domain ke Hosting Sendiri

Cara Mengarahkan Nameserver Domain ke Hosting Sendiri – Setting nameserver pada domain ini di lakukan jika memang domain tersebut di beli pada layanan yang berbeda. Misal anda membeli hosting di Teamworks kemudian domain di Idwebhost. Maka agar domain bisa mengarah ke hosting server Teamworks harus di setting nameserver dimana sebelumnya sudah di lakukan add on domain.

Cara Mengarahkan Nameserver Domain ke Hosting Sendiri

Sebenarnya sudah ada panduan dari penyedia hosting bagaimana melakukannya atau anda bisa tanyakan saja. Setela kita membeli hosting maka kita akan mendapatkan beberapa email, namun yang paling penting adalah email yang berisi username dan password cpanel dan nameserver dari penyedia hosting tersebut yang nantinya akan kita setting. Jadi intinya di sini saya hanya memberikan gambaran saja ya? walaupun berbeda secara teknis tiap layanan namun intinya sama.

Baca juga: Tips Cara Memilih Layanan Hosting Terbaik

Contoh saja saya menggunakan hosting di Teamworks.co.id dan domain di Idwebhost, untuk mengarahkan domain ke hosting maka kita masuk ke pengaturan domain di Idwebhost.

  • Masuk ke member area Idwebhost
  • Pilih menu Domain dan pada domain yang ingin di setting klik Kelola DomainManage Nameservers

Cara Mengarahkan Nameserver Domain ke Hosting Sendiri

  • Sekarang lihat nama nameserver yang ada di email dari penyedia hosting, mestinya akan ada 4 nameserver dan masukan ke pengaturan nameserver domain

Cara Mengarahkan Nameserver Domain ke Hosting Sendiri

  • Hapus nameserver yang ada sebelumnya dan ganti dengan nameserver dari hosting
  • Jika sudah maka klik Ubah Nameserver

Setelah itu anda hanya perlu menunggu hingga domain benar – benar sudah terarah dengan sempurna ke hosting anda. Proses ini dinamakan “Propagansi Domain”, waktu yang diperlukan bisa hanya beberapa menit atau bahkan beberapa jam tidak pasti.

Jika anda menggunakan layanan domain di perusahaan yang berbeda, kurang lebih intinya sama dan hanya berbeda di tampilan saja. Sebenarnya jika anda tidak mau repot anda dapat meminta bantuan kepada penyedia layanan domain anda. Tapi tidak ada salahnya mencoba sendiri, hitung – hitung menambah pengalaman.

Demikian cara mengarahkan nameserver domain ke hosting sendiri, semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

One thought on “Cara Mengarahkan Nameserver Domain ke Hosting Sendiri

  1. jago web

    Mantap gan tutorialnya…
    Domain saya yang terdaftar di unmetered.co.id juga menggunakan name server dari providernya ns1.unmetered.id dan ns2.unmetered.id. Terus bagaimana caranya agar kita bisa membuat name server dengan domain sendiri… Mohon pencerahannya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.