Mengapa Knalpot Motor Berada di Sebelah Kanan?

By | 6 March 2016

Mengapa Knalpot Motor Berada di Sebelah Kanan

Mengapa Knalpot Motor Berada di Sebelah Kanan? – Pernah kah anda memperhatikan kenapa semua motor memiliki knalpot di sebelah kanan, pasti tidak pernah anda temui knalpot motor di sebelah kiri bukan?

Padahal di Indonesia, kendaraan berjalan di sebelah kiri. Bukankah kalau knalpot di sebelah kanan semakin memungkinkan bersenggolan dengan kendaraan lainnya?

Tidak adalah alasan teknis dan hubungan dengan mesin kendaraan bermotor dengan posisi knalpot di sebelah kanan. Hal ini karena di sesuaikan dengan kebiasaan manusia itu sendiri.

Kebiasaan seseorang dalam naik motor adalah memulainya dari sebelah kiri dan ketika turun juga dari sebelah kiri juga. Sangat jarang kita temui seseorang yang memang terbiasa naik dan turun motor dari sisi sebelah kanan. Bahkan orang kidal sekalipun terbiasa naik dan turun dari sebelah kiri.

Nah, melihat kebiasaan banyak orang yang naik dan turun dari sisi kiri, makanya knalpot diletakkan di sebelah kanan. Alasannya adalah jelas untuk keselamatan pengguna. Coba bayangkan jika knalpot di pasang di kiri.

Tentunya bisa dobel apes bukan? ketika naik sudah tersenggol knalpot, untungnya masih dingin. Nah ketika turun tersenggol lagi, apakah masih dingin juga?

Baca juga:

Mungkin jika knalpot di letakkan di sebelah kiri, akan sering kita temui betis – betis menghitam karena di cium knalpot. Bahkan meskipun sekarang knalpot sudah ditetapkan di kanan, masih banyak juga ada orang yang memiliki tanda bekas luka knalpot di salah satu betisnya.

Vimax Canada
Category: Otomotif Tags:

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.