Membuat Loading Blog Ringan

By | 5 May 2015

Membuat Loading Blog Ringan

Membuat Loading Blog Ringan – Tentunya memiliki blog yang memiliki tingkat loading blog ringan pasti sebuah keharusan bagi blogger. Karena pengunjung akan senang jika mengunjungi sebuah blog yang loadingnya cepat dan betah untuk berlama-lama di blog kita yang kaya akan informasi.

Dengan demikian maka pengunjung akan mudah mengunjungi artikel-artikel di blog anda dan bisa menaikan page view atau pemuatan halaman blog. Dan sebaliknya jika loading blog lambat dan berat pasti sudah bisa ditebak hasilnya, jangankan pengunjung kita sendiri saja kalau mengunjungi blog yang lelet kan juga males.

Membuat Loading Blog Ringan

1. Template/Tema Responsiv
Ini adalah kunci utama untuk membuat blog anda memiliki loading halaman yang cepat, dilain sisi anda juga melakukan optimasi lain. Untuk daftar template yang responsiv dan fast loading anda bisa baca: Template Gratis Keren dan Fast Loading

2. Gunakan Alat Kompres HTML
Anda bisa mengkompres halaman blog anda dangan meringkaskan kode HTML melalui situs penyedia layanan tersebut yang bisa anda cari sendiri di internet, atau bisa juga mengnjungi situs berikut: Kompres HTML

Caranya:

  • Copy semua kode HTML (Dasbor – Template – Edit HTML – CTRL+A – Copy)
  • Paste Kode HTML di kotak pertama kemudian centang Don’t compress HTML head of document
  • Copy semua hasil HTML kompres dan Paste ke edit HTML blog anda

3. Kurangi Gambar
Kurangi posting artikel yang memiliki jumlah gambar yang banyak, karena gambar akan dimuat oleh browser dan menambah KB loading. Jika gambar banyak dan berukuran besar maka loading halaman artikel akan lama dan berat.

4. Batasi Jumlah Iklan
Baik iklan banner maupun iklan teks tentunya akan menambah KB data untuk loading sebuah laman blog, karena browser juga akan mengidentifikasi alamat link/situs dari penyedia layanan iklan tersebut. Apalagi iklan yang menggunakan Flash/animasi bergerak, untuk peletakan iklan saya sarankan cukup di heading dan sidebar saja atau untuk lebih jelasnya bisa baca artikel berikut:

5. Minimalkan Jumlah Gadget/Widget
Kurangi widget yang kurang bermanfaat.

Secara umum 5 hal diatas bisa dipraktekkan untuk meringankan loading blog agar lebih ringan jika anda ingin melakukan optimasi lain boleh saja. Namun kunci utama untuk masalah kecepatan loading halaman blog adalah template/tema yang anda gunakan.

Vimax Canada
Category: Blogging Tags:

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

One thought on “Membuat Loading Blog Ringan

Leave a Reply

Your email address will not be published.