Membangun backlink / link building di PBN (Private Blog Network)

Membangun backlink / link building di PBN (Private Blog Network)

Artikel ini merupakan kelanjutan dan juga mungkin artikel terakhir seputar #PBN yang akan saya bahas di blog ini. Sebelumnya saya telah membahas cara memilih domain PBN hingga membangun PBN. Membangun backlink atau link building di blog network bisa saya katakan adalah step final dari projek PBN yang kamu kerjakan. Setelahnya kamu tinggal memantau bagaimana perkembangan keyword dari money site dan pemeliharaan blog network yang kamu kelola.

Sedikit saya mengulas kembali penjelasan dan pengertian PBN, mungkin bagi teman-teman yang kebetulan sampai diartikel ini tapi belum menyimak artikel-artikel saya sebelumnya tentang #PBN. PBN adalah singkatan dari Private Blog Network yang merupakan serangkaian blog pribadi yang kita bangun dengan tujuan untuk mengoptimasi situs utama atau disebut money site.

Blog network dibangun dari beberapa (puluhan hingga ratusan) domain bekas yang kita beli, domain bekas tersebut memiliki peringkat yang bagus serta memiliki banyak backlink. Sehingga harapannya blog network ini bisa menaikkan keyword-keyword money site, meningkatkan peringkat money site dan pada akhirnya meningkatkan penjualan dari website bisnis itu sendiri.

Membangun PBN secara garis besar sama dengan membangun blog seperti pada umumnya. Namun saya katakan butuh pengetahuan dan pemahaman tentang konsep SEO yang baik terutama untuk link building sehingga pembangunan PBN ini hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Projek PBN juga bukanlah projek yang murah terlebih butuh waktu yang tidak sebentar untuk membangunnya, namun rasanya hal tersebut akan terbayarkan manakala teknik yang dilakukan berhasil meningkatkan ranking money site dan mendominasi hasil pencarian mesin pencari terutama Google.

Cara membangun backlink / link building di PBN (Private Blog Network)

Di artikel ini saya ingin berbagi tips cara membangun backlink di blog network yang kamu kelola. Artikel ini bersumber dari pengetahuan, pengalaman dan merangkum dari berbagai sumber yang saya rasa adalah teknik yang benar dalam membangun backlink di PBN.

1 backlink setiap 1 blog network

Sudah capek-capek membangun PBN kok hanya menautkan 1 backlink? menurut saya memberikan banyak backlink dari banyak artikel PBN hanya akan membagi nilai yang diberikan. Bukannya nilai manfaat yang kamu dapatkan malah bisa jadi PBN kamu kena sanksi. Algoritma mesin pencari Google tidak didesain untuk melakukan tindakan terhadap PBN, jadi PBN akan direview secara manual oleh tim Google.

PBN bukan menjadi sebuah rahasia lagi dalam penerapan SEO di website-website besar. Namun konsep yang diterapkan tetaplah link building yang natural. Jadi untuk membangun backlink di PBN kamu harus terlebih dahulu paham dan mengerti bagaimana melakukan link building yang natural. Ketika blog network kamu terlihat profesional maka tidak ada alasan bagi Google untuk memberikan sanksi ke blog network yang kamu bangun.

Setidaknya ada 1 link keluar ke situs lain yang relevan

Ini yang seringkali enggan dilakukan, alasannya PBN yang kita bangun membutuhkan biaya, waktu dan tenaga dan rasanya kurang ikhlas kalau membacklink ke situs lain. Kebanyakan memberikan backlink ke situs seperti Google, YouTube dan WikiPedia, sebenarnya saran saya jangan ke situs-situs authority tersebut.

Cobalah memberikan minimal 1 link keluar ke situs lain yang relevan, jika kamu mengelola situs dengan target visitor dari Indonesia maka bisa mencoba memberikan link ke situs relevan dengan target visitor selain dari Indonesia. Harapannya adalah situs yang kita berikan link tersebut tidak menjadi pesaing terhadap money site kita.

Jika kamu perhatikan pada plugin-plugin SEO seperti Yoast, selain memberikan internal link, menautkan eksternal link juga menjadi penilaian terhadap konten yang SEO. Inilah alasan kenapa setidaknya kamu disarankan memberikan minimal 1 link keluar pada post artikel di PBN kamu.

Backlink sebaiknya di dalam artikel atau sidebar atau keduanya?

Mengingat bahwa mungkin PBN akan direview secara manual oleh tim Google (jika ada indikasi kecurangan) maka penerapan backlink di dalam artikel lebih disarankan. Backlink di sidebar, header ataupun footer memang mendapatkan nilai yang besar dari homepage dan seluruh laman blog. Namun bukan berarti artikel di dalam artikel itu tidak powerfull, akan tetap baik jika artikel tersebut saling terkait dan terhubung dengan bagian-bagian ataupun elemen-elemen blog dan selengkapnya dijelaskan di paragraf selanjutnya.

Laman yang saling terhubung

Saling terhubung disini maksudnya adalah antar halaman saling terkait, misal artikel yang tampil di homepage maka akan mendapatkan poin dari homepage juga. Begitu juga dengan internal link antar konten yang relevan, tag dan kategori yang relevan juga saling terkait satu sama lain. Namun bukan berarti seluruh konten artikel mengarah ke satu artikel yang terdapat backlink ya? buat saja mereka saling terhubung misal penempatan kategori di sidebar, tag di bagian menu navigasi dan lain sebagainya sehingga masing-masing elemen blog memberikan nilai ke konten yang terdapat backlink ke money site.

Gunakan variasi anchor text keyword

Jika memungkinkan bagilah keyword money site kamu menjadi beberapa, misal terbagi menjadi 3. Sebagai contoh menargetkan kata kunci jual sepeda, beli sepeda dan jual beli sepeda. Jika menargetkan ketiganya maka bagilah anchor text secara merata dan jika tidak maka prioritaskan yang utama dan sisanya mendapatkan sebagian kecil. Semua sudah tahu kan apa itu anchor text yakni teks backlink atau teks yang bisa di klik contohnya seperti ini.

Konten yang relevan

Konten yang relevan adalah salah satu konsep penting dari PBN, jadi pastikan kamu tetap konsisten pada poin ini. Relevan itu bukan berarti sama, namun memiliki topik yang masih ada hubungannya dengan money site yang sedang kamu optimasi. Jangan lupa juga untuk membuat konten yang tetap unik, menarik dan SEO sesuai target keyword yang ingin dioptimasi, relevan baik blognya maupun kontennya.

Selaras dengan yang disampaikan oleh Matt Cutts yang merupakan Head Engineer dari Google, backlink akan memberikan nilai yang baik jika kontennya relevan. Sedangkan menurut saya sendiri backlink PBN harus ditautkan di konten yang relevan, sedangkan ketika membangun backlink dengan teknik lain selain PBN maka yang difokuskan adalah situs high PR sebagai tempat menaruh backlink, jika bisa high PR plus relevan maka itu sangat baik.

Peletakkan backlink di bagian awal-awal konten

Semakin kebawah posisi peletakkan sebuah backlink pada laman web maka nilai atau dampak yang diberikan kepada situs utama akan semakin kecil. Posisi atas mendapatkan prioritas paling tinggi sehingga poin backlink yang diberikan akan semakin tinggi. Jadi dalam membangun backlink hendaknya diusahakan backlink diposisikan di bagian paling atas seperti di header, paragraf pertama artikel, sidebar paling atas atau komentar teratas.

Begitu juga untuk penerapan backlink di dalam artikel PBN, maka sebaiknya anchor text backlink di taruh di paragraf pertama, jadi harapannya kata kunci artikel sudah ada di awal-awal paragraf. Tujuannya adalah agar kata kunci plus backlinknya akan tampil di homepage, jika tidak maka kamu bisa membuat laman artikel di homepage full artikel untuk tutorial di WordPress bisa kamu simak disini.

Cari page / post / subdomain dengan banyak domain mereferensikannya

Yang satu ini sebenarnya cukup penting namun tidak semua mau untuk menerapkannya, alasannya ada beberapa hal. Yang pertama biasanya karena memang tidak ada page / post / subdomain khusus dari riwayat blog network tersebut yang mendapatkan banyak backlink dari situs lain atau dengan kata lain sebagian besar backlink mengarah ke domain utama saja dan yang kedua memang yang mengelola PBN malas untuk melakukannya. Untuk cek halaman mana dari blog network yang mana banyak domain mereferensikannya bisa dengan menggunakan tools SEO seperti Majectic, Ahrefs dan lain sebagainya.

Memberikan backlink ke post / page dari PBN

Sebaiknya setelah membangun backlink di blog network jangan ditinggal begitu saja, optimasi juga untuk post / page dari PBN yang ada link menuju money site tersebut dengan backlink. Menurut saya cara seperti ini sangat bagus, karena nanti akan ada banyak backlink menuju artikel tersebut dan artikel relevan tersebut memberikan backlink ke money site. Saya sangat optimis keyword yang dioptimasi bisa cepat naik peringkatnya dengan teknik ini.

Diatas adalah beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk membangun backlink di PBN. Sebenarnya jika membahas lebih mendetail lagi mengenai optimasi SEO khususnya di PBN akan lebih panjang lagi. Namun harapannya artikel dan penjelasan umum diatas dapat menambah wawasan dan mungkin bisa menjadi referensi bagi kamu khususnya yang tengah melakukan optimasi money site dengan PBN.

Bagi kamu yang ingin praktis dan mungkin butuh bantuan untuk mengerjakan projek PBN, kamu bisa menggunakan jasa saya untuk membantu pada bagian tertentu atau ingin dibangunkan PBN dari awal hingga akhir beserta settingan dan optimasinya. Mengingat pembangunan PBN selain butuh budget yang tidak sedikit juga butuh waktu yang tidak sebentar serta pemahaman yang baik khususnya dalam link building. Silahkan jika ingin menggunakan jasa saya untuk pembuatan blog network bisa mereview halaman Jasa Pembuatan PBN berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.