Kok Bisa: 1 Miliar Pengguna WhatsApp, Hanya Ditangani 57 Engineer?

By | 7 February 2016

Kok Bisa: 1 Miliar Pengguna WhatsApp, Hanya Ditangani 57 Engineer?

Kok Bisa: 1 Miliar Pengguna WhatsApp, Hanya Ditangani 57 Engineer? – Dari waktu ke waktu pengguna pesan instan WhatsApp terus meningkat, kini tercatat ada lebih dari 1 miliar orang yang menggunakan WhatsApp. Terbukti bahwa eksistensi Blackberry Messenger tidak dapat membuat WhatsApp usang begitu saja.

WhatsApp ini ternyata mampu memanajemen perusahaannya dengan hanya mempekerjakan 57 orang engineer untuk menghandel 1 miliar penggunanya. Bagaimana bisa hanya dengan 57 orang pekerja mampu menangani tingginya tingkat pengguna WhatsApp? sedangkan banyak perusahaan yang berskala lebih kecil sudah mempekerjakan hingga ratusan bahkan ribuan orang.

Teknologi “Erlang” adalah kuncinya . .

Erlang, merupakan alasan kenapa WhatsApp irit engineer. Erlang adalah bahasa pemrograman dari tahun 80-an yang memang tidak terlalu populer di kalangan programer sekarang ini. Meskipun demikian kelebihan dari Erlang adalah mampu menangani arus komunikasi pararel dari pengguna WhatsApp yang membludak.

Selain itu, Erlang juga memungkinkan para engineer untuk menyebarkan kode baru secara on-the-fly atau sambil memroses kode itu. Dengan demikian produktivitas dan kecepatan dari pemrograman “Erlang” sangat bisa diandalkan.

Di era pemrograman seperti saat ini, Erlang mungkin telah di pandang sebelah mata. Namun tidak demikian halnya bagi WhatsApp, bahkan perusahaan layanan internet lain seperti WeChat dan Facebook Chat masih menggunakan Erlang.

Kesederhanaan . .

Jamshid Mahdavi, yang merupakan Software Engineer WhatsApp mengatakan bahwa kesederhanaan adalah kunci keberhasilan WhatsApp dalam kurun 7 tahun ini.

Selain menggunakan Erlang sebagai bahasa pemrograman, perlu di ketahui juga bahwa WhatsApp menggunakan komputer dengan sistem operasi “FreeBSD”, dimana untuk spesifikasi hardware tidak bisa dikatakan tinggi.

Selain itu WhatsApp juga mempekerjakan engineer yang benar – benar hebat, cukup sedikit pekerja saja sudah dapat memberikan hasil yang luar biasa. Sehingga tak butuh ruang kerja yang penuh sesak dengan pekerja untuk dapat menghandel WhatsApp. Bahkan Mahdavi juga mengatakan bahwa WhatsApp hampir tidak pernah mengadakan rapat.

Vimax Canada
Category: Info Tekno Tags:

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.