Jakarta: Kena Tilang? Sekarang Bisa Online Tanpa Sidang Loh

By | 12 April 2016
Jakarta: Kena Tilang? Sekarang Bisa Online Tanpa Sidang Loh

Tribunnews.com: Beredar Meme Cirebon Dicap Sebagai Kota Tilang

Jakarta: Kena Tilang? Sekarang Bisa Online Tanpa Sidang Loh -“ Sudah kesal kenal tilang di jalan, harus ngurus sidang pula“. Eits tapi sekarang sudah bisa loh membayar tilang secara online. Sistem ini sudah diterapkan oleh Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta (Kejati DKI) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) DKI Jakarta sejak awal April 2016.

Layanan yang baru di aktifkan di Jakarta ini memungkinkan pengendara yang terkena tilang untuk bisa membayar denda dengan cara mengisi formulir secara online, transfer melalui rekening bank, tanpa harus mengikuti sidang.

Dirangkum dari cnnindonesia.com, sayangnya langkah tilang online ini masih memberikan layanan satu pintu. Yakni pelanggar harus mengakses situs web Kejaksaan Negeri tempat mereka di tilang oleh petugas polisi.

Jadi jika pelanggar terkena tilang dan melakukan pelanggaran di Jakarta Utara maka pelanggar harus mengakses situs layanan tilang online Jakarta Utara. Berikut ini daftar situs layanan tilang online di Jakarta:

  • Jakarta Selatan: http://www.kejari-jaksel.go.id/tilang
  • Jakarta Utara: http://www.kejari-jakut.go.id/sarana/tilang
  • Jakarta Pusat: http://www.kejari-jakpus.go.id/
  • Jakarta Barat: http://www.kejari-jakbar.go.id/index.php/sarana/pendaftaran-pembayaran-daftar-online
  • Jakarta Timur: http://www.kejari-jaktim.go.id/
  • update: Sleman, Yogyakarta: http://tilang.info/#

Baca juga: Mobil Polisi Keren Ini, Hanya Ada di Dubai

Teknis cara menggunakan layanan dan membayar tilang online

Penting di ingat bahwa, pelanggar hanya bisa memanfaatkan layanan tilang online dalam waktu sehari setelah jadwal sidang tilang. Karena di hari tersebut, hakim sudah menjatuhkan denda tilang yang harus di bayar tanpa kehadiran pelanggar.

Nantinya pelanggar mengisi formulir secara online yang telah tersedia di masing – masing situs Kejaksaan Negeri sesuai formulir tilang di berikan. Perlu di ketahui bahwa tampilan situs bisa berbeda – beda karena di kelola oleh kantor Kejaksaan Negeri yang berbeda pula.

Form yang harus di isi di registrasi online ini meliputi Nomor Registrasi Tilang, Tanggal Sidang Perkara, Nama, Alamat, Email, Nomor Telepon, Jenis Kendaraan, STNK Nomor Polisi, Nama Surat Ijin Mengemudi, dan Rencana Tanggal Kehadiran.

Setelah selesai mengisi form tersebut, otomatis sistem akan mengirimkan nomor registrasi melalui email beserta jumlah nominal yang harus di bayarkan dan nomor tujuan rekening pembayaran. Jadi nantinya pelanggar tahu berapa denda yang harus di bayar.

Dokumen yang di kirim melalui email ini harus di cetak sebagai bukti registrasi, nantinya pelanggar bisa membayar denda langsung ke bank atau melalui transfer ATM dengan tenggang waktu 2 hari.

Lalu bagaimana untuk pengambilan STNK atau SIM?

Pengendara yang terkena tilang bisa mengambil STNK atau SIM di Kejaksaan Negeri terkait dengan melampirkan bukti dokumen registrasi dan bukti pembayaran ke bank yang telah di lakukan.

Layanan tilang online ini dibuka mulai dari Senin hingga Jumat dengan pelayanan operasi pukul 08.00 sampai 15.30 WIB. Sementara itu, hari Sabtu, Minggu dan tanggal merah, layanan tutup.

Baca juga: 10 Foto Meme Polantas Paling Lucu, Bikin Perut Pegel

Harapannya layanan ini bisa di perluas mencakup seluruh kota di Indonesia. Sehingga pengendara yang terkena tilang tidak lagi harus antri untuk melaksanakan sidang dan juga meminimalisir percaloan serta praktik polisi ‘nakal’.

Vimax Canada
Category: Info Tekno Tags:

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

2 thoughts on “Jakarta: Kena Tilang? Sekarang Bisa Online Tanpa Sidang Loh

  1. anton

    Saya tidak bisa daftar di Jakarta pusat…saya sudah mencoba hampir 50 kli mendaftar di jkrta pusat tidak bisa…tp mndaftar di jkrta barat..jkrt timur..bisa…tp krna saya kena tilang di Jakarta pusat mka saya daftarnya d jkrta pusat….tp kena tidak bisa mndaftar…

    Reply
    1. s.magi Post author

      baik, terimakasih atas informasinya mas dan untuk penyebab permasalahan tersebut admin kurang bisa memberikan masukan semoga saja kedepannya Tilang Online bisa serempak digunakan di semua area di Jakarta :)

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.