Inilah Alasan Kenapa Kita Tak Pernah Luput Dari ‘Salah Ketik’

Inilah Alasan Kenapa Kita Tak Pernah Luput Dari 'Salah Ketik'

tribunnews.com: Bocah Muslim Ini Diinterogasi Polisi Gara-gara Salah Ketik Kalimat

Inilah Alasan Kenapa Kita Tak Pernah Luput Dari ‘Salah Ketik’ – Salah ketik atau’ typo’ bisa di katakan suatu ‘penyakit’ yang sudah mendarah daging. Ejaan yang salah tidak hanya kita temui di saat kita sedang mengerjakan tugas kuliah di komputer, namun juga di kehidupan sehari – hari seperti ketika anda ‘chatting,’ mengirim sesuatu di sosial media.

Luxury138

Seringkali kita mencoba memposting kata – kata yang indah di media sosial, sudah dirangkai sedemikian baik dan membutuhkan waktu yang lama. Namun apa jadinya setelah di posting justru komen pertama yang masuk adalah orang yang ingin mengoreksi ejaan yang salah. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Alasan kenapa hal ini terjadi adalah bukan karena kita ceroboh ataupun tidak teliti, namun justru kita sangat fokus terhadap apa yang sedang kita lakukan. Hal ini diterangkan oleh seorang doktor psikolog yang mempelajari tentang ‘typo’, Tom Stafford di University of Sheffield di Inggris.

RGOCASINO

Jadi ketika kita sedang menulis, sebenarnya kita sedang mencoba menyampaikan sebuah makna dan hal ini bukan sebuah pekerjaan yang ringan.

Pekerjaan yang berat ini membuat otak secara otomatis membagi pekerjaan menjadi bagian-bagian yang lebih simpel, sehingga kita dapat fokus ke hal apa yang paling penting. Nah hal ini bisa di ibaratkan layaknya menulis.

Meskipun terdengar spele, namun menulis adalah hal yang sangat kompleks. Kenapa karena kita harus merangkai huruf menjadi kata, kata menjadi kalimat, dan kalimat menjadi sebuah ide yang mengandung makna.

Namun dari kesemua hal tersebut kita cenderung fokus kepada bagaimana menyampaikan ‘pesan’ dari tulisan tersebut agar sampai ke pembacanya. Akibatnya kita cenderung menghiraukan bagaimana sebuah huruf terangkai menjadi kata.

Oleh karena makna dari tulisan yang paling penting bagi kita dalam menyusun tulisan, maka kita akan dengan mudah luput melihat detil yang kecil seperti ejaan. Sedangkan pembaca akan lebih mudah mengenali kesalahan ejaan, karena mereka fokus pada tulisan kita untuk mendapatkan makna tulisan.

Otak manusia memang hebat, namun pada pekerjaan tingkat tinggi otak tak bisa dipekerjakan dengan keras. Hal ini juga terjadi ketika anda membangun rute perjalanan sehari – hari, maka otak akan menyimpan rute perjalanan yang sering kita lewati mulai dari kondisi sekitar, ciri jalan, bahkan bau atau aroma khas.

Baca juga: Hacker Gagal Rampok Rp 11,5 Triliun Gara – gara Salah Ketik

Namun seringkali seseorang kesasar, kenapa? karena otak manusia berjalan dengan insting. Misal kita melewati jalan ke sebuah kota, kemudian kita menemukan jalan yang mirip dan ternyata itu bukan jalan yang benar, alhasil kita kesasar.

Namun kesalahan ‘typo’ yang terjadi secara berulang – ulang ini akan di adaptasi dengan cepat oleh manusia. Seorang ‘touch typist‘ atau seseorang yang memiliki kemampuan mengetik tanpa melihat keyboard, mereka cenderung menyadari bahwa mereka salah mengetik tanpa melihat jarinya ataupun keyboard.

Luxury138