Ini Dia Bahaya Jika Tubuh Kekurangan Cairan

By | 5 April 2016

Ini Dia Bahaya Jika Tubuh Kekurangan Cairan

Ini Dia Bahaya Jika Tubuh Kekurangan Cairan – Jangankan manusia, bumi saja sebagian besar permukaannya di penuhi oleh cairan. Hal ini menggambarkan betapa pentingnya air dalam siklus kehidupan.

Tahukah kamu bahwa hampir 60% tubuh manusia terdiri dari cairan? 3/4 otak dan jantung terdiri dari air, 83% paru – paru adalah cairan dan meskipun kering, tulang rapuh memilih 31% kandungan air di dalamnya.

Mengkonsumsi air secara cukup setiap hari dapat membantu melumasi tulang dan sendi, menjaga suhu tubuh dan juga menjaga kesehatan otak dan tulang belakang. Tanpa cairan maka tubuh manusia akan cepat kehilangan energi, penurunan mood, penurunan tekanan darah dan lain sebagainya.

Kekurangan cairan dalam waktu yang lama di sebut dehidrasi kronis, kondisi ini dapat menyebabkan gangguan serius seperti peningkatan berat badan, diabetes, gangguan kulit, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, masalah pencernaan dan konstipasi.

Ketika tubuh kamu kekurangan cairan maka res reseptor sensor pada otak akan memberikan perintah pelepasan hormon antidiuretic. Hormon ini akan menuju ginjal dan memicu aquaporins atau saluran istimewa yang membuat darah untuk menahan air lebih.

Hal ini akan membuat tubuh mengeluarkan lebih sedikit air, inilah alasan kenapa ketika dehidrasi urin menjadi lebih gelap dan pekat. Dampak lain dari dehidrasi adalah kelelahan, penurunan fungsi kognitif, masalah mood, penurunan tekanan darah, dan juga kelembaban kulit.

Organ penting seperti otak, juga akan mengalami penyusutan ketika tubuh kekurangan cairan. Hal ini akan memaksa otak bekerja dua kali lebih keras untuk bisa mengimbangi kinerja otak tanpa dehidrasi.

Bahkan pada kondisi dehidrasi yang ekstrem, otak akan mengaktifkan mekanisme coping untuk tetap menjaga fungsinya. Dan jika kamu berhenti minum air sama sekali selama berhari-hari maka dampaknya akan lebih berbahaya, bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Baca juga:

Mencukupi kebutuhan cairan harian kamu dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menjaga berat badan, mengurangi penggunaan kalori dalam tubuh dan baik untuk program diet. Minum 8 gelar air setiap hari dapat membantu kamu menjadi lebih fokus, berenergi dan lebih bersemangat.

Vimax Canada
Category: Gaya Hidup Tags: , ,

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.