Ini Alasan Saya Lebih Memilih VPS Ketimbang Shared Hosting

By | 5 July 2016

Ini Alasan Saya Lebih Memilih VPS Ketimbang Shared Hosting

Ini Alasan Saya Lebih Memilih VPS Ketimbang Shared Hosting – Beberapa waktu lalu ada yang menanyakan kepada saya kenapa saya memutuskan untuk menggunakan VPS ketimbang shared hosting. Bukankah trafik blog ini masih bisa di tampung oleh shared hosting?

Soal trafik sebenarnya blog ini tidak tinggi – tinggi amat, stabil di 10 ribu pengunjung perharinya. Dan tentunya masih cukup kuat untuk di tampung di shared hosting, bahkan shared hosting litespeed dengan 1 core CPU dan 512 RAM masih sangat cukup untuk handel blog ini.

Ini Alasan Saya Lebih Memilih VPS Ketimbang Shared Hosting

Meskipun saya tidak ada keahlian sama sekali dalam mengelola server, tapi saya sudah memutuskan untuk nge-hosting blog ini di VPS. Nah berikut ini beberapa alasan kenapa saya lebih memilih VPS ketimbang shared hosting.

1. Itung – itung sambil belajar mengelola server

VPS atau Virtual Private Server sebenarnya tidak hanya digunakan untuk hosting web saja, nah dengan mencoba mengelola VPS secara langsung saya belajar bagaimana step, cara mengatur dan konfigurasi lainnya di VPS.

Baca juga: Daftar Layanan VPS Dengan Harga Murah dan Berkualitas

Bisa saja sih saya memasrahkan teknis VPS ke penyedia hosting, tapi tentunya ada biaya tambahan disana, sehingga kurang efisien. Lagi pula jika saya serius mengelola blog, kemungkinan kedepannya juga harus paham bagaimana mengelola VPS, karena tidak selamanya trafik blog bisa di tampung di shared hosting.

2. Loading blog menjadi lebih cepat dan responsif

Ini Alasan Saya Lebih Memilih VPS Ketimbang Shared Hosting

Ketika shared hosting dengan spesifikasi 1 Core CPU dan 512 MB RAM di adu dengan VPS pada spesifikasi yang sama, tentunya performa VPS jauh lebih baik. Saya sendiri tidak paham bagaimana menjelaskannya, yang jelas loading blog menjadi lebih cepat di VPS.

3. Harga lebih murah

Ini Alasan Saya Lebih Memilih VPS Ketimbang Shared Hosting

Untuk blog yang sudah memiliki trafik yang tinggi, sebenarnya harga VPS lebih murah ketimbang shared hosting. Misal untuk shared hosting, saya kurang lebih menghabiskan 100 ribu perbulan, namun di VPS hanya $5 saja.

Malahan di shared hosting penggunaan CPU sering mencapai 100%, tapi di VPS kemarin saya coba di Digital Ocean di paket paling kecil seharga $5 penggunaan CPU rata-rata hanya 13% saja, menarik sekali bukan?

4. Sedang fokus iklan mandiri

Sejak pertengahan Mei 2016 kemarin memang saya tengah fokus ke iklan mandiri, alasannya karena penghasilannya berkali – kali lipat dari AdSense / KlikSaya / PopCash / AdStar dan lain sebagainya. Sejak Mei hingga Juli 2016 terhitung ada belasan banner iklan terpasang di blog ini.

Tentunya saya butuh performa hosting yang prima agar blog tetap ringan di akses meskipun memasang banyak banner. VPS menjadi solusi atau permasalahan ini, saya sama sekali tidak menggunakan CDN ataupun plugin cache lainnya, performanya tetap bagus.

Baca juga: Pengalaman Menggunakan VPS DigitalOcean, Berapa Trafik Yang Mampu di Tampung?

Kesimpulan dan Saran

Shared hosting memang baik kamu pilih manakala trafik blog kamu masih rendah, atau mungkin di masa – masa awal membangun blog. Namun saran saya jika trafik blog kamu di berkisar 10 ribu perhari atau di atasnya cobalah pindah ke VPS, pasti performanya jauh lebih baik. Percaya deh !

Vimax Canada
Category: Blogging Tags: , ,

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.