Gagal upload (import) database karena ukuran file SQL terlalu besar?

Gagal upload (import) database karena ukuran file SQL terlalu besar?

Luxury138

Tentunya teman-teman yang ngehost blog atau websitenya di hosting mandiri tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya file web dan database. Dua komponen inilah yang kita simpan dan benar-benar jaga keamanannya. Database menyimpan informasi-informasi penting dari sebuah website sebagai contoh informasi login dan kata sandi, kemudian di sinkronkan dengan file web tersebut.

Juga ketika berpindah hosting, maka kamu hanya perlu memboyong file web dan databasenya ke hosting baru. Nah salah satu permasalahan yang sering dialami adalah gagal atau error upload database MySQL karena ukuran file yang terlalu besar. Memang besarnya ukuran file yang diupload bisa ditambah kapasitasnya, namun pada database dengan ukuran besar misal diatas 50MB biasanya PhpMyAdmin MySQL memberikan timeout dan terjadi error.

RGOCASINO

Gagal upload (import) database karena ukuran file SQL terlalu besar?

Diartikel ini saya ingin share dan memberikan tips bagaimana sih cara mengatasi error saat upload database karena ukuran filenya terlalu besar.

#Shared Hosting

Untuk di shared hosting sendiri kita tidak bisa berbuat apa-apa, karena kita tidak memiliki akses ke servernya. Jadi tips yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi pihak hosting dan meminta agar di import kan database tersebut.

Silahkan upload file database yang ingin diupload tadi di folder di File Manager cPanel atau jenis kontrol panel yang disediakan shared hostingnya, misal di upload di /home/user/public_html. Lalu sampaikan lokasi file database, nama database, username database dan password databasenya kepada pihak hosting agar dibantu proses importnya.

#VPS

Sementara jika kamu menggunakan VPS sebagai webhosting maka bisa melakukan upload melalui SSH. Satahu saya berapapun ukuran file SQL database kamu tetap bisa di import. Berikut ini contoh cara upload database di VPS CentOS.

  • saya contohkan file database saya upload di /home/boncel/public_html.
  • jika sudah silahkan login ke VPS melalui SSH
  • login ke mySQL dengan

mysql -u’namauser’ -p’password’

Contoh: mysql -uboncel -p123456

  • masuk ke database yang di maksud

use ‘namadatabase’

Contoh: use database1

  • download file database yang sudah di upload tadi, disini contoh nama databasenya adalah databaseblog.sql dan di upload sebelumnya di folder direktori /home/boncel/public_html

source /home/boncel/public_html/databaseblog.sql

  • tunggu sampai proses import selesai

Nah diatas adalah beberapa tips dan cara mengatasi masalah error saat upload database karena ukuran file yang terlalu besar. Semakin lama berdiri sebuah web dan semakin banyak konten-konten di dalamnya maka kapasitas databasenya semakin besar. Dan harapannya dengan tips diatas kamu tidak kesulitan ketika melakukan import database semisal saat berpindah ke server hosting lain.

Luxury138