Cara menghitung bunga bank (rekening tabungan, deposito & simpanan lainnya)

Home Forums Forum Lifestyle Cara menghitung bunga bank (rekening tabungan, deposito & simpanan lainnya)

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  d.bhaghoz 2 months ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #18225

    d.bhaghoz
    Keymaster

    Di Indonesia sendiri ada banyak jenis bank ya? mulai dari BCA, BRI, Mandiri, Danamon, Mega, CIMB Niaga, BNI dan lain sebagainya. Mungkin ketika kamu menabung kamu akan berfikir apakah tabuhan kamu lama-lama akan habis karena terpotong oleh biaya administrasi bulanan? Disini saya mencontohkan menghitung bunga bank dengan cara yang sederhana. Ingat setiap bank memiliki metode perhitungan sendiri, silahkan anda bisa tanyakan jenis perhitungan bunga di bank tempat anda menyimpan uang.

    Cara menghitung bunga bank (rekening tabungan, deposito & jenis simpanan lainnya)

    Nah perlu kamu ketahui bahwa bunga bank itu pertahun ya, jadi kalau misal ingin menghitung berapa hasil bunga tabungan kamu perbulan sebenarnya tinggal dibagi 12 bulan saja untuk hasil perhitungan pertahun. Lalu bagaimana cara menghitung bunga bank? berikut saya contohkan untuk simpanan di bank BCA.

    Berapa suku bunga bank dan jenis simpanan

    Di bank ada beberapa jenis rekening seperti misal di BCA ada Tahapan, TabunganKu, Deposito, Dolar, Berjangka dan lain sebagainya. Setiap bank pasti mencantumkan suku bunga di website resminya, untuk contoh di BCA suku bunga untuk masing-masing jenis account bisa lihat disini.

    Dan besarnya tabungan memiliki tingkat suku bunga yang berbeda-beda. Untuk contoh katakanlah saya menabung di BCA untuk jenis simpanan Tahapan misal dengan saldo Rp 100 juta, untuk nominal tabungan demikian ternyata suku bunga yang diberikan adalah 0,85 %p.a (per annum = pertahun).

    Cara menghitung bunga bank (rekening tabungan, deposito, dll)

    Contoh cara menghitung suku bunga simpanan di bank

    Cara perhitungannya mudah saja yakni saldo dikalikan prosentase bunga:

    Rp 100 juta x 0,85% = Rp 850.000

    Jadi dalam 1 tahun tabungan dengan saldo Rp.100 juta akan bertambah Rp 850.000.

    Lalu berapa angka bersihnya?

    Namun perlu diingat juga bahwa tabungan di bank itu ada biaya administrasi bulanan, misalnya untuk contoh saya yang menggunakan Tahapan BCA maka perbulan kena biaya admin Rp 13.000. Jadi perhitungan nilai bersih perhitungan bunga adalah jumlah bunga tabungan dikurangi biaya admin.

    Rp 850.000 – (Rp 13.000 x 12 bulan) = Rp 694.000

    Jadi dalam 1 tahun dari total jumlah tabungan saya Rp.100 juta bertambah Rp694.000

    Menabung di bank itu rugi gak sih?

    Sebenarnya tidak ada yang namanya rugi ketika menabung, karena menabung itu menyimpan uang untuk digunakan dikeperluan mendatang. Terlebih menabung di bank uang kamu lebih aman terutama untuk bank-bank yang telah dijamin oleh pemerintah. Namun yang dimaksud rugi disini mungkin adalah ketika menabung kok saldo berkurang terus karena terkena biaya bulanan, lama-lama habis dong?

    Uang tabungan kamu tidak akan berkurang jika nilai bunga yang didapatkan mampu menutupi biaya administrasi rekening simpanan. Jadi dari sini dapat disimpulkan bahwa saldo tabungan yang kecil cenderung belum bisa menutupi biaya administrasi dari rekening tersebut.

    Lalu berapa minimal saldo tabungan saya agar tidak ‘rugi’?

    Lalu berapa sih saldo tabungan saya agar tidak berkurang? sama seperti diatas saya contohkan masih menggunakan suku bunga misal 0,85% dengan biaya admin pertahun adalah Rp 156.000 jadi perhitugannya:

    Saldo? x 0,85% = Biaya Admin Pertahun
    Saldo? x 0,85% = Rp156.000
    Rp 156.000 : 0.85% = Rp 18.352.942

    Jadi dengan saldo Rp.18.352.942 maka baru tercapai titik impas atau BEP. Jadi jika ingin menabung dan saldo terus bertambah tiap tahunnya pada tabungan dengan suku bunga 1,85% dan biaya admin perbulan Rp.13.000 maka saldo harus lebih besar dari Rp 18.352.942.

    Demikianlah cara menghitung bunga bank untuk contoh jenis simpanan Tahapan di BCA. Silahkan kamu dapat mempraktekkannya untuk jenis simpanan lainnya, oh ya untuk Deposito itu ada pajaknya ya? jadi nilai bersih dari bunga masih dikurangi prosentase pajak lagi. Bagi teman-teman yang merasa kurang jelas dengan penjelasan diatas atau mau menambahkan informasi atau mungkin mengkoreksi penjabaran saya silahkan berkenan mengisi form komentar di bawah ini.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.