Ciri Template Blog Yang Baik dan Bagus

By | 14 May 2015

Ciri Template Blog Yang Baik dan Bagus – Selain mempunyai artikel yang berkualitas serta konsisten update blog, kita juga harus mempunyai desain tema atau template blog yang baik. Blog yang berat dan kurang responsif tentunya akan mengurangi sekian persen page view blog kita, karena pengunjung blog akan malas dengan blog ang berat dan penuh atribut yang tidak penting. Jika anda tidak ingin mengganti template blog mungkin anda bisa ikuti beberapa Tips Agar Loading Blog Ringan.

Cobalah untuk konsisten dengan tidak mengganti template blog terlalu sering, cobalah cek performa template blog sebelum dipasang menggunakan beberapa tool misal Google Speed Insight, CHKME dan lain sebagainya atau bisa baca artikel berikut: Cek Performa Template Blog.

Ciri Template Blog Yang Baik dan Bagus

# Responsif, Fast Loading dan SEO

Jadi blog tidak berat saat di loading, anda tidak usah memikirkan bagaimana membuatnya menjadi ringan dengan melakukan edit HTML yang berat. Saran saya tinggal anda cari template blog di google yang sudah di desain oleh para master dan kemudian cek performa blog untuk mengetahui performa blog dan apakah blog sudah suport tampilan mobile.

Template desain ini sudah bagus untuk pengaturan didalamnya seperti desain H1 untuk judul artikel blog,serta breadcumb atau semacam cookie atau riwayat yang memudahkan pengunjung untuk mengunjungi artikel sebelumnya. Template responsif akan meningkatkan tingkat page view karena pengunjung blog akan betah dan berlama-lama membaca artikel di blog anda.

# Artikel Sebelah Kiri dan Sidebar di Sebelah Kanan

Alasan utamanya adalah untuk kenyamanan pengunjung blog, karena membaca artikel akan dimulai dari sebelah kiri dan bukan sebelah kanan. Saya lupa sumbernya namun ada seorang yang pernah mencoba melakukan eksperimen dengan membuat 2 blog dengan desain template yang berbeda yang satu sidebar disebelah kiri dan satunya lagi sidebar disebelah kanan dan hasilnya kurang lebih sama dengan apa yang sudah dijelaskan diatas.

# Menu Navigasi Yang Jelas

Umumnya desain template yang SEO sudah mengadopsi bagian ini, jadi kita tinggal edit URL menu navigasi agar memudahkan pengunjung mencari artikel atau artikel yang relevan.

# Bersih/Clean

Bersih dalam artian desain simpel dan tidak banyak warna dan atribut. Meskipun bersifat relatif namun kebanyakan setuju dengan hal ini, kombinasi warna yang bagus dalam sebuah template blog adalah warna biru, putih dan hitam.

# Teks Mudah Dibaca

Disini maksudnya adalah kombinasi jenis teks, ketebalan dan warna background teks itu sendiri yang umumnya adalah warna putih dengan warna teks hitam dan jelas. Demikian juga tampilan teks untuk menu navigasi dan widget lainnya.

# Tata Layout Simpel dan Bagus

Tata letak yang simpel dan bagus jangan terlalu banyak layout yang fungsinya kurang penting.

Walaupun selera seseorang terhadap penampilan sebuah blog bisa jadi berbeda-beda namun kurang lebih beberapa hal diatas sudah mencakup keseluruhan secara umum untuk Ciri Template Blog Yang Baik dan Bagus. Rekomendasi dar saya coba beberapa daftar template berikut:

Vimax Canada
Category: Blogging Tags:

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

2 thoughts on “Ciri Template Blog Yang Baik dan Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.