Cara Verifikasi WordPress Self Hosting di Google Search Console

By | 27 April 2016

Cara Verifikasi WordPress Self Hosting di Google Search Console – Sebagian besar situs dan blog di dunia ini menggunakan WordPress.org atau sering kita sebut dengan WordPress self hosting. Selain memberikan kontrol penuh, WordPress juga menghadirkan fitur yang cukup lengkap.

Ketika kamu me-migrasikan blog kamu dari Blogger ke WordPress, maka otomatis semua struktur laman di blog kamu juga akan berubah, seperti HTML theme. Kode verifikasi Google Webmaster, Google Analytics, Alexa dan lain sebagainya juga akan hilang.

Baca juga: Cara Mengatasi Kesalahan Perayapan di Seach Console

Di artikel ini akan di jelaskan bagaimana memverifikasi kepemilikan situs WordPress di Search Console. Sebenarnya pada intinya sama, kamu hanya perlu meletakkan kode verifikasi di antara kode <head> dan </head>.

Cara Verifikasi WordPress Self Hosting di Google Search Console

Silahkan dapatkan kode verifikasi Google Search Console dan copy script-nya, caranya masuk ke Search Console dan klik icon roda gigi di pojok kanan atas dan klik Detail Verifikasi dan silahkan pilih Verifikasi dengan menggunakan metode yang berbeda untuk mendapatkan kode.

Cara Verifikasi WordPress Self Hosting di Google Search Console

Selanjutnya kamu hanya perlu menambahkan kode di elemen blog WordPress kamu, caranya login ke WordPressAppearanceEditor – header.php dan paste kode di antara <head> dan </head> seperti contoh gambar berikut:

Cara Verifikasi WordPress Self Hosting di Google Search Console

Silahkan letakkan kode meta di kolom berwarna merah, simpan perubahan dengan klik Update File. Selanjutnya silahkan verifikasi di akun Search Console kamu.

Sama halnya seperti Google Analytics, kamu bisa meletakkan kode di bagian Footer, selengkapnya bisa kamu simak disini: Cara Memasang Kode Google Analytics di WordPress

Ada cara lain, dengan upload file HTML ke hosting

Ini merupakan cara yang saya gunakan, saya lebih memilih cara ini karena meskipun kita berganti – ganti theme maka verifikasi tidak akan hilang karena mereka tersimpan di file web. Kamu bisa mendownload file verifikasi dan mengunggahnya ke hosting kamu, caranya sangat mudah.

Ada banyak cara lain, seperti ketika kamu menggunakan plugin SEO By Yoast maka ada kolom verifikasi Webmaster Google. Di theme WordPress sekarang ini juga telah tersedia fitur kolom untuk verifikasi WordPress. Good luck !

Vimax Canada
Category: Blogging Tags:

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.