Cara Upgrade Paket VPS di Vultr.com

Vultr adalah salah satu layanan VPS yang cukup terkenal, soal harga mungkin bisa dikatakan bersaing dengan Digital Ocean dan Linode. Saya telah berpindah dari Digital Ocean ke Vultr, alasannya karena Vultr menawarkan harga yang sama dengan Digital Ocean namun dengan spesifikasi yang lebih baik terutama di RAM nya. Support tiket juga balasnya cukup cepat yakni dalam hitungan menit, yah meskipun mereka hanya bantu sebatasnya saja karena saya pakai unmanaged VPS.

Awalnya saya pakai paket 1 CPU 1GB RAM tapi setelah beberapa lama saya lihat penggunaan CPUnya diatas 60%, kemudian saya upgrade ke paket 2 CPU dan 4 GB RAM. Untuk Vultr sendiri jarang sekali menegur kliennya atas penggunaan CPU, namun saya pribadi lebih baik menyediakan spesifikasi VPS yang lebih longgar ketimbang kebutuhan dari web itu sendiri. Untuk menghindari hal-hal buruk seperti crash-nya database atau PHP tidak dapat bekerja dengan baik karena kekurangan RAM, itu contoh saja dan saya pernah mengalaminya.

Cara Upgrade Paket VPS di Vultr.com

Bagi kamu yang baru menggunakan Vultr dan baru membeli paket VPS atau Deploy disana mungkin sedikit bingung, bagaimana sih cara upgrade ke paket yang lebih tinggi dengan CPU dan RAM yang lebih besar?

Tapi sebaiknya kamu backup dulu file web dan database untuk berjaga-jaga, di Vultr sendiri ada fitur untuk backup tapi jika kamu awam tentang server saya sarankan backup secara manual saja. Karena di VPS unmanaged pihak Vultr tidak akan mau membantu banyak jika ada masalah di server kamu.

Jika suda, berikut ini tutorial cara uprade ke paket yang lebih tinggi di Vultr:

  • silahkan login ke my.vultr.com
  • pilih menu Servers kemudian pilih nama VPS kamu

Cara Upgrade Paket VPS di Vultr.com

  • pilih menu Settings kemudian Change Plan dan silahkan pilih paketnya

Cara Upgrade Paket VPS di Vultr.com

  • klik Upgrade dan Ok

Cara Upgrade Paket VPS di Vultr.com

Cara Upgrade Paket VPS di Vultr.com

  • tunggu prosesnya hingga selesai

Cara Upgrade Paket VPS di Vultr.com

Bagi teman-teman yang tengah mempertimbangkan berpindah VPS tidak ada salahnya mencoba Vultr, mereka bukan layanan baru kok. Pembayaran juga bisa melalui PayPal, tidak seperti Linode yang sepertinya harus mendaftarkan kartu kredit untuk bisa menikmati VPS disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.