Cara Transfer Domain ke Namecheap

Cara Transfer Domain ke Namecheap

Namecheap.com adalah layanan sekaligus perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembelian dan penjualan domain serta web hosting yang berkantor pusat di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Namecheap ini juga telah terakreditasi oleh ICANN yang merupakan organisasi non profit yang mengawasi beberapa tugas terkait internet.

Sekarang ini ada lebih dari 3 juta domain yang telah teregistrasi di Namecheap, ketika saya cek beberapa situs-situs besar juga terdaftar di Namecheap. Harga domain di Namecheap sendiri bisa di bilang standar lah dengan layanan yang lain tapi untuk beberapa ekstensi domian memang memiliki harga spesial terutama di tahun pertama registrasi, selain itu untuk tahun pertama kamu diberikan free ID Domain Protection. Untuk harga web hosting juga murah, mulai dari $9.88 untuk tahun pertama.

Cara Transfer Domain ke Namecheap

Saat ini saya telah memindahkan atau memigrasikan seluruh domain saya ke Namecheap. Sekaligus saya ingin share juga gimana sih cara dan prosedur transfer domain dari satu layanan ke layanan lainnya khususnya di Namecheap.

Yang perlu di persiapkan

  • pertama tentu saja uang untuk pembayaran domain, jadi misal domain saat ini masih aktif selama 6 bulan maka ketika kamu transfer ke layanan lain maka domain aktif menjadi 1 tahun 6 bulan.
  • domain setidaknya berumur 60 hari dan juga domain tidak dalam masa 45 hari menjelang kadaluarsa.
  • di registrar domain lama silahkan buka kunci domain, catat EPP Code (semacam kode autentikasi) dan jangan lupa offkan dulu Proteksi ID jika kamu menggunakannya.
  • pastikan di Namecheap mendukung ekstensi domain (.com, .net, .org, .club) yang ingin kamu transfer, setahu saya sih Namecheap suport hampir seluruh ekstensi domain.

Proses transfer domain ini bisa berlangsung dalam beberapa menit hingga maksimal 1 minggu. Di artikel sebelumnya saya sudah pernah mencontohkan cara transfer domain dari Idwebhost ke Namecheap, berikut ini contohnya:

Hal yang di lakukan di registrar lama (contoh di Idwebhost)

Buka kunci domain

Silahkan login ke Idwebhost, kemudian pilih DomainKelola DomainDomain Lock dan klik Unlock Domain hingga hasilnya seperti ini:

Cara Transfer Domain Dari Idwebhost ke Namecheap

Catat EPP Code

EPP Code diperlukan untuk memverifikasi bahwa kamu benar – benar pemilik domain tersebut, sehingga hanya kamu lah yang tahu EPP Codenya. Caranya masih seperti gambar di atas, pilih Alat Pengelolaan dan pilih Ambil EPP Code.

Cara Transfer Domain Dari Idwebhost ke Namecheap

Nonaktifkan Proteksi ID

Jika domain kamu menggunakan Proteksi ID silahkan nonaktifkan terlebih dahulu, caranya silahkan minta kepada pihak Idwebhost untuk menonaktifkannya.

Hal yang di lakukan di registrar baru (Namecheap)

Ajukan transfer domain

  • silahkan login ke Namecheap, kemudian pilih menu DomainTransfer

Cara Transfer Domain Dari Idwebhost ke Namecheap

  • masukkan nama domain yang ingin di transfer dan klik Transfer

Cara Transfer Domain Dari Idwebhost ke Namecheap

  • silahkan isi EPP Code dan lain – lain seperti gambar berikut:

Cara Transfer Domain Dari Idwebhost ke Namecheap

  • silahkan bayar dulu tagihan domainnya

Cek email dan klik konfirmasi Transfer Domain

Selang beberapa jam nantinya akan ada email dari [email protected] yang pada intinya adalah meminta kamu untuk mengkonfirmasi pengajuan transfer domain. Silahkan klik tautan yang ada seperti contoh berikut:

Cara Transfer Domain Dari Idwebhost ke Namecheap

Selanjutnya ceklist I Aprove . . . dan klik Submit di halaman persetujuan yang intinya kamu mengkonfirmasi transfer domain tersebut.

Cara Transfer Domain Dari Idwebhost ke Namecheap

Tunggu prosesnya dan serahkan semuanya kepada Namecheap

Silahkan tunggu proses transfer yang mungkin berlangsung hingga beberapa hari (biasanya 5 hari). Kamu dapat cek dashboard secara berkala dan cek status domain kamu, seperti ini contohnya.

Cara Transfer Domain Dari Idwebhost ke Namecheap

Pada masa tersebut adalah kita menunggu, sementara Namecheap akan terus berkomunikasi dengan layanan domain lama untuk menyelesaikan proses transfer tersebut. Sekali lagi proses transfer ini tidak merubah pengaturan seperti Nameserver atau DNS yang telah kamu tetapkan sebelumnya, jadi kamu tidak perlu khawatir.

Setelah beberapa hari nanti kamu akan menerima email pemberitahuan dari Namecheap, silahkan klik tautan konfirmasi kontak yang tertera di email. Verifikasi kontak ini penting, nanti Namecheap akan memberikan tenggang waktu 15 hari untuk kamu verifikasi informasi kontak Whois domain kamu. Jika sudah di konfirmasi, maka proses transfer domain sudah selesai.

Cara Transfer Domain Dari Idwebhost ke Namecheap

 

Nah diatas adalah contoh tranfer domain dari Idwebhost ke Namecheap, untuk layanan lainnya kurang lebih caranya sama. Jika ada yang kurang jelas dari tutorial ini silahkan berkenan luangkan waktu untuk mengajukan pertanyaan melalui form komentar di bawah ini.