Cara Setting Stik USB / Stick PS Controller Game PES 2016

By | 24 September 2016

Cara Setting Stik USB / Stick PS Controller Game PES 2016

Cara Setting Stik USB / Stick PS Controller Game PES 2016 – Game bola seperti Pro Evolution Soccer 2016 memang lebih asyik di mainkan dengan menggunakan stik atau gamepad, jika menggunakan keyboard tentu sulit. Kamu bisa menggunakan USB Stick atau stik Playstation 2, lebih di sarankan memang menggunakan stik PS yang dihubungkan ke laptop atau komputer menggunakan konektor USB agar stik lebih awet dan tidak cepat rusak seperti stik USB.

Setelah kamu berhasl mendownload dan menginstall game PES 2016, game tersebut belum bisa langsung di mainkan dengan stik. Karena kamu perlu melakukan setting pada game controller tersebut. Nah berikut ini cara mengatur dan cara konfigurasi joy stick beserta tombol di dalamnya pada game PES 2016.

Cara Setting Stik USB / Stick PS Controller Game PES 2016

Disini admin mencontohkan menggunakan Stick PS 2 yang dihubungkan dengan Conector USB, seperti ini contohnya:

Cara Setting Stik USB / Stick PS Controller Game PES 2016

Nah jika kamu menggunakan stik USB pun cara settingnya sama seperti tutorial di bawah ini:

  • hubungkan stick ke laptop atau komputer
  • silahkan buka Settings di folder PES 2016 kamu, cara membukanya klik kanan pada icon PES 2016 kemudian pilih Open file location

Cara Setting Stik USB / Stick PS Controller Game PES 2016

  • silahkan pilih tab Controller dan lihat keterangannya di bawah ini:

Cara Setting Stik USB / Stick PS Controller Game PES 2016

Keterangan:

  1. DirectInput: pilih menu ini jika pada XInput tidak mendeteksi stik yang kamu hubungkan
  2. Controller 1: pilih saja
  3. Twin USB Joystick: disini ada 2, itu mewakili stik 1 dan stik 2
  • langkah selanjutnya silahkan sesuaikan pengaturan tombol stiknya di Twin USB Joystick, disini ada dua Twin USB Joystick silahkan atur semuanya. Cara setting silahkan klik dulu tombol stik di layar komputer baru klik tombol di stik yang kamu pegang
  • klik Ok dan silahkan coba buka PES 2016 kamu

Cara di atas error?

Masalah yang sering di alami adalah ketika di coba, hanya ada satu stik saja yang terbaca di game. Hal tersebut pernah admin alami juga, cuma admin coba atasi dengan cara buka kembali Settings kemudian pilih:

  • Controller 1 hanya satu stik saja yang di setting, kemudian Save
  • Controller setting stik yang satunya lagi, kemudian Save

Demikianlah tutorial cara setting dan konfigurasi stik USB atau stik PS di PES 2016. Secara umum pengaturan stik untuk game PES adalah sama untuk setiap versi PES baik PES 2013, 2014, 2015 dan juga 2016, mungkin PES 2017 juga sama.

Baca juga

Jika kamu punya kendala atau kesulitan dalam mengatur stik di PES 2016 ini, silahkan luangkan waktu untuk berkomentar di form komentar di bawah ini, dengan senang hati admin akan membantu sebisa mungkin.

Vimax Canada

6 thoughts on “Cara Setting Stik USB / Stick PS Controller Game PES 2016

    1. s.magi Post author

      Tidak berfungsi karena rusak atau karena settingannya yang kurang tepat? coba sesuaikan lagi mas, Controller 1 untuk stik 1 dan Controller 2 untuk stik 2 dan silahkan di coba kembali :)

      Reply
  1. Iman

    Kenapa yah, kalo mau ngatur tombol yg terbalik press the button To which You wish To assign this function nya diklik nongol langsung hilang???

    Reply
    1. s.magi Post author

      kalau nongon langsung hilang kemungkinan ada tombol lain yang menekan secara otomatis, bisa terjadi karena tombol stik yang sudah error. atau penyebab error lainnya yang menyebabkan stik tidak stabil, menurut admin seperti itu :)

      Reply
  2. guntur

    Kenapa ya untuk ngejar bolanya pake R1 + bulat. Biasanya pake R1 + kotak..gimana gan cara merubahnya kembali..sementara tombol yg lainnya sudah normal..

    Reply
    1. s.magi Post author

      lalu fungsi kotak dan bulat apakah sudah benar, seperti kotak untuk shot dan bulat untuk umpan lambung? kalau sudah benar berarti tidak ada yang salah dengan konfigurasi stiknya. kurang berpengalaman juga pakai R1 dan Kotak/Bulat, soalnya untuk rebut pakai standar saja X :)

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.