Cara Setting, Mengatur Game Controller, USB Stik, Joystick, Gamepad, Stick USB Game PES 2013 PC

Cara Setting, Mengatur Game Controller, USB Stik, Joystick, Gamepad, Stick USB Game PES 2013 – Para pecinta game bola pasti sudah tidak asing lagi dengan nama PES 2013 oleh KONAMI. Meskipun sudah ada versi terbaru dari PES ini, namun PES 2013 masih tetap banyak penggemarnya karena menurut saya pribadi alasannya adalah karena tidak butuh spesifikasi PC yang terlalu tinggi untuk memainkan game ini. PES yang saya maksud disini adalah PES versi PC dan bukan versi PlayStation.

Rgocasino

Baca juga: Club Paling Banyak Digunakan PES 2013

Bagi anda yang pernah mencoba menginstall sendiri dan mendownload sendiri game ini pasti ada suka dan dukanya, walaupun sekarang sudah bisa dan mungkin sudah mahir tapi semua orang pasti pernah mengalami Newbie.

Pada umumnya permasalahan teknis pada PES 2013 ini adalah masalah penginstalan diantaranya:

  • Game tidak bisa dibuka karena masalah Registry atau mungkin juga rdl.dll yang tidak terinstal dengan baik, untuk masalah registry PES 2013 bisa baca artikel berikut Atasi Permasalahan Registry PES 2013.
  • Masalah spesifikasi yang kurang mumpuni sehingga terjadi lag dan game tidak lancar, anda mungkin bisa baca artikel berikut Tips Memaksimalkan PES 2013.

Baca juga: Pengalaman Stik USB Sering Rusak

Namun disini saya tidak akan membahas masalah tersebut karena sudah saya posting pada artikel sebelumnya, disini saya ingin share bagaimana caranya mengatur atau Setting Stik Usb pada PC untuk game PES 2013. Mungkin bisa membantu anda yang belum bisa cara mengaturnya dan untuk PES versi lain seperti PES 2014, PES 2015, dan PES 2016 mungkin kurang lebih caranya sama, mari ikuti langkah-langkah berikut:

Cara Mengatur Stik USB PES 2013

Pertama: Masuk ke Windows Explorer dan temukan file setting pada file game PES 2013 anda. Contoh milik saya ada di direktori Disk D > Program Files > KONAMI > Pro Evolution Soccer 2013 > Setting, jalankan program “setting” tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini:

Cara Setting, Mengatur Game Controller, USB Stik, Joystick, Gamepad, Stick USB Game PES 2013 PC

Setelah anda buka menu Setting kemudian ke tab Controller. Untuk pilihan controller pilih Controller 1 dan untuk Device pilih:

  • Twin USB Gamepad adalah Stik 1
  • Twin USB Gamepad 2 adalah Stik 2

Secara umum sama seperti penjelasan diatas, kalau bingung bisa mencoba menekan Stik USB nya nanti ketahuan apakah posisinya terbalik apa tidak, menurut saya tidak masalah.

Bandar Q

Kedua: Untuk melakukan pengaturan atau konfigurasi tombol bisa lakukan langkah berikut:

  1. Arahkan Kursor (Mouse) pada tombol pada Gambar Joystick di layar PC anda kemudian Klik.
  2. Kemudian akan ada jendela baru yang intinya adalah anda suruh menekan tombol pada Joystick yang ingin anda tempatkan pada posisi tersebut.

Jadi intinya arahkan Kursor Mouse terlebih dahulu > Klik Tombol pada Gambar Joystik di layar > Tekan Tombol pada Joystik

Cara Setting, Mengatur Game Controller, USB Stik, Joystick, Gamepad, Stick USB Game PES 2013 PC

Gambar diatas merupakan menu yang muncul saat anda arahkan kursor mouse ke tombol pada gambar Joystik. Contoh diatas tombol “Y” kalau pada Stik PlayStation adalah Tombol Segitiga, nah kalau sudah seperti gambar diatas anda tinggal tekan saja tombolnya pada Joystick USB anda dan seterusnya sama untuk pengaturan tombol Joystiknya.

Ketiga: Jika sudah selesai untuk pengaturan Joystiknya maka langsung buka Game PES 2013. Setelah membuka game maka pada posisi penempatan Stik USB/Joystik usahakan menggunakan Data 1. Menurut saya Data 1 merupakan data Controller 1 pada saat setting Joystik tadi (koreksi jika salah), dimana anda sudah melakukan pengaturan tombol yang sudah anda simpan. Bisa lihat gambar berikut:

Cara Setting, Mengatur Game Controller, USB Stik, Joystick, Gamepad, Stick USB Game PES 2013 PC

Kalau pada kasus saya jika salah satu memakai Data 2 maka settingan tombol Joysticknya akan berubah. Data 1, 2, 3 dan seterusnya ini berbeda dengan data pada saat anda melakukan turnamen/kompetisi jadi pengaturan ini hanya ketika anda memainkan match.

Baca juga:

Sebenarnya cara mengatur Stik USB PES ini lebih mudah jika anda melihat video tutorialnya. Karena jika di jelaskan dengan kata – kata mungkin lumayan membuat pusing ya? :D

Demikian artikel mengenai Cara Setting, Mengatur Game Controller, USB Stik, Joystick, Gamepad, Stick USB Game PES 2013 PC semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Saya pribadi lebih merekomendasikan anda menggunakan Stik PS saja dan membeli USB Connector agar lebih awet stiknya.

29 thoughts on “Cara Setting, Mengatur Game Controller, USB Stik, Joystick, Gamepad, Stick USB Game PES 2013 PC

  1. Anonymous

    sudah d setting tp pas main ga berfungsi. mohon pencerahan nya gan

    1. s.magie Post author

      Ga fungsinya gimana gan? apa gak kebaca stik USB nya? apa kebaca tapi gak mau main?

      1. Anonim

        Kebaca tapi gak bisa mainnya

        1. s.magie Post author

          Seharusnya bisa gan, kalau sudah di setting stik 1 dan 2-nya.

  2. aldo

    kalo setting nya 1 stick doang bisa ga gan?

    1. s.magi Post author

      Bisa dong gan, kan mau 2 stik atau 1 stik yang di mainkan settingnya di PES-nya.

  3. REZA

    Mantap bos,terimakasih…

    1. s.magi Post author

      Sama – sama mas :)

  4. Dodo

    Bos. Kalo stik 2. Arah atas nya nyala terus gimana.
    Kesalahan di stik . Apa kesalahan disettingan laptop?

    1. s.magi Post author

      Sudah coba buka di settingan controller gamenya? kalau di settingan stiknya kok terlihat tombolnya tertekan sendiri atau menyala terus seperti yang mas bilang kemungkinan ada kerusakan di analog kanannya, ini masnya gunain stik USB ya? teknisnya kan setting dulu stiknya di setting controller game baru deh bisa main, kalau setting tombolnya dah benar kok masih error juga mungkin ada kerusakan di tombolnya :)

  5. dayat

    Bg aku kejadiannya sama seperti mas dodo tapi aku malah di stik 1 nya yg nyala terus di analog kiri keatas, terus waktu aku ganti dengan stik lain gitu juga kejadiannya, mohon pencerahannya mas. Terimakasih

    1. s.magi Post author

      Seperti itu ya? kebetulan admin belum pernah mengalaminya, admin cuma bisa kasih tips umum seperti berikut:

      1. Pastikan kondisi stik masih normal
      2. Pastikan settingan tombol di menu Settings – Controller sudah sesuai
      3. Coba untuk settingan Controller 1 itu untuk Stik 1 dan Controller 2 untuk stik 2
      4. Jika terlihat analog mangarah keatas, coba tetap sesuaikan konfigurasi tombol dan coba mainkan apakah ketika dimainkan juga error

      Silahkan sampaikan kembali hasilnya :)

  6. iwa

    mau nanya kalau maen pes or fifa di ps 3 apa harus memakai analog atau bisa memakan pake arah bisa..??kalu bisa pakai arah biasa bagaimana caranya?minta infonya

    1. s.magi Post author

      Keduanya bisa menggunakan arah maupun analog, nanti kan ada settingan stik di menu pengaturan, mudah kok. Jadi bagi yang terbiasa menggunakan arah tidak perlu khawatir :)

  7. Anonymous

    Tanks gan sangat berguna, salam pes mania ???

    1. s.magi Post author

      salam mas, moga makin jago main PESnya :)

  8. arifin

    mas kok stik yang saya pakai ga kebaca ya di settingan controler pes 2017 nya?mohon bantuannya

    1. s.magi Post author

      Admin sih belum install PES 20171, tapi seharusnya settingannya sama. Coba pastikan stiknya masih bekerja dengan normal, drivernya sudah terinstall dan hal – hal lainnya :)

  9. Farhan

    Stik 1 sy rusak.. Diganti sama stik 2 bs engga gan mainya,, klo bs cara nya gmn gan??

    1. s.magi Post author

      kayaknya tidak bisa deh mas, ini yang di maksud stik USB kan? tapi stik tersebut masih bisa di pakai kalau ada 1 stik lagi misal stik PS, jadi dia tetap jadi stik 2. Soalnya dulu admin pernah otak atik tetap tidak bisa, pakai stik PS di kasi konektor aja dijamin lebih awet, admin dah lama meninggalkan stik USB :)

  10. dono

    mas setelah di setting tp malah balik ke settingan awal gimana..

    1. s.magi Post author

      Seharusnya kalau sudah di atur dan sesuai tidak seperti itu, saya tidak ada saran karena kurang paham juga kasus yang terjadi :)

  11. isom

    gan kalo windows 8 support gak gan pakek kayak itu???

  12. isom

    mas converter to usb support gak kalo pakek laptop versi windows 8 ..soalnya saya sudah beli mas ..tapi gak bisa ..gak muncul di usb host game controller ..saya beli stick ps 2 sama usb converter itu mas

    1. d.bhaghoz Post author

      Setahu saya support kok, saya dirumah ada laptop Windows 7 dan Windows 10 dan kesemuanya bisa dipake dengan normal lancar dan semua stik kedetek dan bisa dimainkan :)

  13. Khanies

    Gan tolong saya. Saya pakek joystick usb. Joystick yg controlel 2 iku gak aktif sama sekali. Terus pas di seting bisa digunakan controlel 1nya. Tp pas di coba di pes 2013 keduanya gak bisa di gunakan sama sekali. Solusi nya gimana ya gan. Tolong yaa

    1. d.bhaghoz Post author

      Sepertinya bermasalah di Joystick USBnya mas, seharusnya tidak demikian kalau konfigurasinya sudah sesuai :)

      1. Khanies

        Berarti joystick saya rusak?? Tp di game lain kok bisa. Tp hnya controlell 1 yg bisa. Atau perlu di instal ulang pesnya??

        1. d.bhaghoz Post author

          Kalau sudah dipastikan masih normal stiknya, kemungkinan dikonfigurasinya saja yang perlu disesuaikan kembali :)

Comments are closed.