Cara Setting Google XML Sitemaps di VPS Nginx Via Webuzo

Cara Setting Google XML Sitemaps di VPS Nginx Via Webuzo

Cara Setting Google XML Sitemaps di VPS Nginx Via Webuzo – Google XML Sitemap merupakan plugin sitemap paling populer dengan instalasi aktif mencapai 1 juta lebih situs web dan blog WordPress. Fungsi utama dari sitemap adalah mempermuda proses indeks web atau blog kamu di mesin pencari.

Rgocasino

Berbeda dengan menginstall plugin Google XML Sitemap di shared hosting, untuk di VPS sendiri kamu perlu menambahkan rewrite untuk menghindari error. Pada prakteknya cara menambahkan rewrite di server VPS itu bermacam – macam, ada yang melalui virtual host websitenya atau langsung melalui kontrol panel VPSnya.

Cara Setting Google XML Sitemaps di VPS Nginx Via Webuzo

Cara paling mudah ketika kamu menggunakan Webuzo adalah menambahkan rewrite melalui menu yang sudah di sediakan. Jadi kamu tidak perlu pusing – pusing mencari folder dan file yang hendak di edit. Berikut ini cara menggunakan Google XML Sitemap di server VPS menggunakan Webuzo.

Tahap 1

Tahap pertama yakni buat dulu file berekstensi .conf yang berisi rewrite, jika kamu tidak punya silahkan download filenya disini. Silahkan isi file nginx.conf tersebut dengan rewrite yang di minta oleh Google XML Sitemap di menu WordPressSettingsXML-Sitemap:

Cara Setting Plugin Google XML Sitemap di WordPress

Caranya silahkan buka Notepad lalu di drag nginx.conf ke dalamnya, silahkan paste kode rewrite dan simpan. Langkah selanjutnya silahkan ikuti Tahap 2 berikut ini.

Tahap 2

  • silahkan login ke Webuzo (domain/IP:2002)
  • pada menu Domain pilih Extra Configuration

Cara Setting Google XML Sitemaps di VPS Nginx Via Webuzo

Bandar Q
  • silahkan ikuti seperti penjelasan gambar berikut ini:

Cara Setting Google XML Sitemaps di VPS Nginx Via Webuzo

Keterangan:

  1. pilih nama domain yang ingin kamu setting
  2. pilih Nginx (karena kita akan setting Nginx)
  3. Pilih File, silahkan unggah Nginx.conf yang sudah kamu buat di Tahap 1
  • jika sudah silahkan klik Add Record
  • sekarang kamu sudah berhasil menambahkan konfigurasi yakni rewrite di Nginx via Webuzo

Cara Setting Google XML Sitemaps di VPS Nginx Via Webuzo

  • setelah itu silahkan restart Nginx kamu (cara restart: PHPAdvanced settingsServices)

Baca juga:

Sampai disini kamu sudah berhasil mengkonfigurasi dan mengatur Google XML Sitemap di VPS kamu. Seharusnya setelah melakukan cara ini sudah tidak di temukan error lagi di Webmaster Google atau Sitemap di Search Console, kamu bisa mencoba mengirimkan sitemap kembali agar cepat di rayapi kembali perubahannya.

4 thoughts on “Cara Setting Google XML Sitemaps di VPS Nginx Via Webuzo

  1. Ryumakoto

    mas, mau tanya sebelumnya di webmaster ditemukan 1 error di sitemap web saya. saya sudah melakukan tutorial ini dan dari web lain krn web saya memakai webuzo dan nginx juga tapi tetap setelah di resubmit, error tersebut masih saja ga hilang. Di description keterangannya seperti ini “We encountered an error while trying to access your Sitemap. Please ensure your Sitemap follows our guidelines and can be accessed at the location you provided and then resubmit.” terus di example nya “General HTTP error: 404 not found
    Sitemap: otaku.my.id/sitemap-pt-post-2016-05.xml
    HTTP Error: 404”

    itu salahnya dimana ya? mohon bantuannya

    1. d.bhaghoz Post author

      Kalau saya cek sih sitemapnya bisa diakses semua, karena saya tidak melihat secara langsung saya juga tidak punya saran lain. Karena kalau sudah di rewrite kemudian sudah di restart Nginxnya maka kita tinggal Kirim Kembali sitemapnya di Google Search Console. Setelah itu tinggal ditunggu beberapa jam hingga hari sampai laporan sitemapnya di update lagi sama Google. Biasanya laporan 404 sitemap di Google itu telat, misal kemarin website masnya down sehingga error 404 karena tidak bisa diakses sitemapnya, tapi kadang di Google laporannya tersebut baru muncul beberapa hari mendatang jadi kadang bikin bingung adminnya. Mungkin hanya perlu menunggu saja kalau step yang dilakukan sudah benar, soalnya saya coba akses semuanya normal sitemapnya :)

      1. Ryumakoto

        iya mas, sepertinya memang harus saya tunggu dulu. hehe.. soalnya baru hari ini masukin record seperti tutorial di sini. Terima kasih ya atas masukannya…

        1. d.bhaghoz Post author

          Iya kemungkinan tidak ada masalah, memang tinggal menunggu saja. Oke :)

Comments are closed.