Cara Setting Dual Monitor (Satu Komputer / Laptop Dua Layar)

Cara Setting Dual Monitor (Satu Komputer / Laptop Laptop Dua Layar)

Luxury138

Pernahkan kamu melihat orang bekerja di kantor menggunakan lebih dari satu monitor? terlebih untuk para trader yang bekerja di perusahaan untuk memantau pasar valas maupun komoditi perdagangan lainnya. Tidak selalu orang yang bekerja dengan banyak monitor berarti mereka menggunakan banyak komputer atau CPU yang berjejer-jejer di bawa meja kerja mereka. Karena satu PC sebenarnya bisa di setting untuk dual monitor, multi monitor atau multi display.

Biasanya mereka yang menggunakan multi monitor adalah mereka yang melakukan pekerjaan multitasking atau mengerjakan banyak projek dalam satu komputer. Dengan menggunakan beberapa monitor mereka dapat membagi tampilan projek ke masing-masing monitor. Untuk mouse dan keyboard tetap satu karena nanti mouse dapat beralih ke masing-masing monitor dengan mudah.

RGOCASINO

Jadi jika ada projek yang sedang dikerjakan dan ingin di pindah ke layar sebelahnya yang tinggal drag saja ke layar sebelah. Seperti gambar ini contohnya:

Cara Setting Dual Monitor (Satu Komputer / Laptop Laptop Dua Layar)

Kendati menggunakan dua monitor atau lebih kamu dapat mengatur layar mana yang jadi layar utama. Untuk resolusi layarpun bisa di sesuaikan, misal resolusi LED laptop kamu masih HD namun dengan LED kedua yang Full HD atau Ultra HD maka dapat kamu sesuaikan resolusinya, menarik bukan?

Cara Setting Dual Monitor (Satu Komputer / Laptop Laptop Dua Layar)

Kebetulan kemarin saya baru saja beli LED IPS Asus MX239H untuk digunakan sebagai dual monitor di laptop saja, tujuannya agar saya dapat semakin leluasa mengerjakan projek-projek yang saya kerjakan. Yah harapannya dengan dual monitor ini produktifitas saya dalam bekerja menjadi lebih maksimal.

Bagi teman-teman yang juga mungkin punya kebutuhan seperti saya, berikut ini saya contohkan tutorialnya untuk Windows 10, untuk Windows 8 dan Windows 7 mungkin bisa menyesuaikan ya karena secara garis besar caranya sama.

Siapa saja yang membutukan multi display monitor?

Seperti yang sudah disebutkan diatas, mereka yang menggunakan lebih dari satu monitor adalah mereka yang melakukan pekerjaan multitasking dan sehingga butuh layar yang lebih luas, contoh profesi pekerjaan tersebut seperti seorang trader yang harus memantai pergerakan market di berbagai jensi mata uang dan komoditi perdagangan.

Sementara itu ada juga gamers yang ingin layar yang lebih luas dengan harapan view game menjadi lebih lebar. Biasanya setting hingga 3 monitor, satu monitor ditengah dan yang dua di samping kanan dan kiri. Selain gamers dan traders mungkin ada juga orang yang menggunakan lebih dari satu monitor karena biar lebih puas dan workstationnya terlihat keren.

Peralatan yang dibutuhkan

Yang penting di laptop atau komputer kamu ada port HDMI atau VGA, kalau saya menyarankan pilihlah yang port HDMI karena ada banyak kelebihan melalui port HDMI ini, sebaiknya juga gunakan kabel HDMI to HDMI. Selain port HDMI dan kabel HDMI pastikan juga sudah ada monitornya ya?

Cara konfigurasi satu komputer dua monitor atau lebih

  • di layar depan, klik kanan kemudian pilih Display settings

Cara Setting Dual Monitor (Satu Komputer / Laptop Laptop Dua Layar)

  • pilih Extend these displays, seperti contoh gambar dibawah ini:

Cara Setting Dual Monitor (Satu Komputer / Laptop Laptop Dua Layar)

  • nah sampai disini sudah selesai, tapi mungkin ada beberapa hal yang kamu tanyakan dan sesuaikan, yuk lanjut di paragraf selanjutnya

Untuk opsi dual monitor ini ada beberapa, jadi tidak hanya Extend these displays saja. Berikut penjelasannya:

Cara Setting Dual Monitor (Satu Komputer / Laptop Laptop Dua Layar)

Jenis fitur multi monitor di Windows 10″:

  • Duplicate these displays adalah untuk menampilkan tampilan yang sama di kedua monitor tersebut
  • Extend these displays adalah masing-masing komputer memiliki tampilan yang berbeda-beda karena dapat digunakan untuk mengerjakan projek yang berbeda dengan layar utama.
  • Show only on 1 artinya hanya layar 1 yang bekerja, layar lain biasanya akan no signal
  • Show only on 2 artinya hanya layar 2 saja yang bekerja dan layar satunya lagi biasanya akan no signal

Bagaimana cara mengatur tampilan masing-masing layar seperti ukuran teks dan display serta bagaimana cara mengatur resolusinya?

Sama seperti langkah sebelumnya, silahkan klik kanan pada layar depan dan pilih Display settings. Dibagian tersebut akan tampil opsi layarnya. Caranya pilih dulu layar 1 atau dua yang ingin di atur, melalui gambar dibawah ini pasti kamu akan lebih paham.

Setting display size:

Cara Setting Dual Monitor (Satu Komputer / Laptop Laptop Dua Layar)

Setting resolusi layar:

Cara Setting Dual Monitor (Satu Komputer / Laptop Laptop Dua Layar)

Jangan lupa klik Apply untuk menyimpan perubahan.

Tips setting game agar bisa main dengan resolusi maksimal di dual monitor

Jika kamu menggunakan dual monitor untuk bermain game di salah satu monitor tersebut, misal di monitor yang besar dengan resolusi Full HD ingin untuk main game PES. Nah jika kamu mengatur layar laptop kamu sebagai layar utama maka resolusi game akan tetap mengikuti resolusi layar laptop misal 1366×768. Dan dipengaturan game pun tidak ada opsi untuk menggunakan resolusi diatasnya.

Agar dapat bermain dalam resolusi Full HD atau 2K atau mungkin Ultra HD 4k dan ingin menapilkan opsi resolusi maksimal di game maka rubah layar kedua tersebut sebagai layar utama. Maka otomatis game bisa di setting dengan resolusi yang maksimal sesuai dengan resolusi monitor kedua tersebut yang kamu gunakan.

Sebenarnya satu komputer dapat digunakan untuk banyak monitor, yang penting adalah ada port untuk menyambungkan ke LED monitornya. Jika jumlah port terbatas maka bisa diakali dengan cara menggunakan VGA atau HDMI konverter. Oke saya rasa cukup jelas ya pembahasan mengenai pengaturan dual monitor atau multi monitor di Windows, untuk opsi-opsi lain silahkan kamu dapat eksplore sendiri.

Luxury138