Syarat Membuat Rekening BCA Luar Kota, Daerah, Luar Domisili untuk Mahasiswa, Pegawai, Orang Biasa.

By | 7 April 2015

Syarat Membuat Rekening BCA Luar Kota, Daerah, Luar Domisili untuk Mahasiswa, Pegawai, Orang Biasa – Pada kesempatan ini saya ingin share ke teman-teman semua tentang cara membuat rekening BCA untuk kalian yang berada di luar domisili atau luar kota. Saya belum bisa memastikan apakah cara yang digunakan oleh Bank lain sama, karena saya sendiri belum pernah mencobanya. Namun saya kira kurang lebih sama.

Syarat Membuat Rekening BCA Luar Kota, Daerah, Luar Domisili untuk Mahasiswa, Pegawai, Orang Biasa.

Alasan Membuat Rekening Bank di Luar Kota atau Luar Domisili

1. Karena alasan pekerjaan

Jadwal dan rutinitas kerja yang padat membuat seseorang terkadang kesulitan untuk pulang ke kampung halamannya. Sehingga lebih memilih membuat rekening Bank di tempat sekarang bertempat tinggal.

2. Tidak ada Bank terkait di Domisili asal

Mungkin bagi orang yang bertempat tinggal di daerah/kota yang perkembangan infrastruktur/perekonomiannya lambat mungkin tidak semua kantor cabang Bank terdapat di sana. Sehingga untuk mengurus pengajuan pembuatan rekening harus membuatnya di daerah lain tempat kantor cabang Bank tujuan berada.

3. Alasan lain yang menyebabkan tidak bisa pulang ke kota/daerah/domisili asal.

Serta alasan lainnya yang membuat anda tidak bisa pulang ke daerah asal domisili anda. Lalu apa saja sih syarat membuat rekening bank di luar kota?

Syarat Membuat Rekening Bank Luar Kota/Daerah/Domisili

1. Menunjukan 2 tanda/pengenal/identitas yang berbeda.

Misal kamu bisa menunjukan KTP dan SIM, dengan syarat identitas yang tertera di dalamnya seperti tanggal lahir, alamat, dll harus sama. Saya tidak bisa memastikan cara ini bisa di lakukan, karena berdasarkan pengalaman saya membuat rekening tiga kali di luar kota hanya satu kali yang bisa disetujui  dengan menggunakan 2 tanda pengenal tersebut.

2. Menyertakan identitas dan surat keterangan lain.

Syarat ini merupakan cara yang benar untuk membuat rekening Bank diluar kota/daerah/domisili. Surat keterangan lain ini seperti surat keterangan dari kampus, surat keterangan kerja dan lain sebagainya yang menerangkan bahwa anda terkait pada instansi tersebut.

Cara Membuat Rekening Bank Luar Kota/Daerah/Domisili

Caranya adalah dengan mengikuti cara nomor 2 diatas, yaitu kamu menyertakan surat keterangan lain seperti surat keterangan domisili dan lain sebagainya.

Syarat Membuat Rekening BCA Luar Kota, Daerah, Luar Domisili untuk Mahasiswa, Pegawai, Orang Biasa

# Cara Membuat Rekening Bank Luar Kota/Daerah/Domisili jika Kamu Pegawai Sebuah Perusahaan atau Instansi Tertentu

Menggunakan Surat Pengantar dari Tempat Kerja: Caranya adalah kamu cukup menuju kantor cabang Bank terdekat dan menunjukan kartu identitas serta Surat Pengantar dari Instansi tempat kamu bekerja. Kamu bisa memberi alasan pembuatan rekening tersebut untuk keperluan pekerjaan, dan untuk mengurus surat tersebut kamu cukup mengurusnya ke Instansi/Perusahaan tempat kamu bekerja.

# Cara Membuat Rekening Bank Luar Kota/Daerah/Domisili jika Kamu Seorang Pelajar atau Mahasiswa

Menggunakan Surat Pengantar dari Kampus/Universitas: Caranya adalah kamu cukup menuju kantor cabang Bank terdekat dan menunjukan kartu identitas serta menunjukan Surat Pengantar dari Kampus. Surat pengantar ini berisi bahwa kamu benar-benar sedang menempuh studi pada Kampus/Universitas tersebut. Kamu bisa memberikan alasan pembuatan rekening adalah untuk melakukan transfer dari orang tua atau untuk keperluan kuliah, atau kamu bisa menggunakan alasan lain.

# Cara Membuat Rekening Bank Luar Kota/Daerah/Domisili jika Kamu Orang Biasa yang Sementara Berada di Luar Daerah

Menggunakan Surat Keterangan Domisili: Caranya adalah kamu cukup menuju kantor cabang Bank terdekat dan menunjukan kartu identitas serta menyertakan Surat Keterangan Domisili. Surat keterangan domisili adalah surat yang menyatakan kamu tinggal di suatu daerah, kamu dapat mengurusnya melalui RT atau perangkat desa tempat kamu menetap sementara.

Cara Lain jika Kamu Orang Biasa yang Sementara Berada di Luar Daerah:

Bisa menggunakan syarat yang pertama yaitu hanya menunjukan dua kartu tanda pengenal/identitas yang berbeda misal KTP dan SIM. Namun saya tidak menjamin cara ini bisa di setujui oleh pihak bank, karena dari beberapa kali saya mencoba hanya satu kali bisa disetujui oleh bank (BCA) pada saat itu.

Demikian share saya mengenai Syarat Membuat Rekening BCA Luar Kota, Daerah, Luar Domisili untuk Mahasiswa, Pegawai, Orang Biasa. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya semata tidak ada  unsur pengetahuan saya di bidang perbankan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu bagi anda yang tengah mencari tahu info cara membuat rekening di luar Domisili.

Vimax Canada
Category: Perbankan Tags:

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

3 thoughts on “Syarat Membuat Rekening BCA Luar Kota, Daerah, Luar Domisili untuk Mahasiswa, Pegawai, Orang Biasa.

  1. Walidin

    Betul kang, bisa bikin rekening meski di luar kota. Kalau saya dl pakai surat pengantar dari tempat kerja. Mudah juga.

    Reply
  2. oshin

    Kalo buat atm BCA DI bali persyaratannya harus pakai kipem ya?
    Makasih. Tlg dibalas

    Reply
    1. s.magi Post author

      Kalau memang keperluan di Bali untuk menetap sementara waktu sepertinya harus menggunakan KIPEM, atau lebih baik tanyakan dulu sama pihak BCA persyaratan lengkap dan apakah bisa di lakukan pembuatan rekeningnya :)

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.