Cara ReadyBoost Untuk Game dan Aplikasi Berat

Cara ReadyBoost Untuk Game dan Aplikasi Berat

Cara ReadyBoost Untuk Game dan Aplikasi Berat – ReadyBoost merupakan sebuah fitur yang terdapat pada sebuah sistem operasi Windows Vista, Server 2008, dan 7 (disini saya menggunakan windows 7) dengan menggunakan flash memory seperti, Flashdisk, drive USB 2.0 kartu memory dsb. Fitur ini berguna untuk mengalokasikan disk cache ke memori yang digunakan untuk ReadyBoost. Kebanyakan orang menyebut cara ini dengan menambah RAM dengan Flashdisk.

Rgocasino

Untuk saya pribadi saya memanfaatkan fitur ini pada saat menjalankan game seperti PES 2013, Bluestack dan Game Online 8 Ball Pool Miniclip. Pada kasus saya ini saya menggunakan laptop asus dengan dual core dengan RAM 2 GB saja, pada saat menjalankan aplikasi dan game diatas terkadang RAM semakin penuh dan menjadikan laptop terasa berat dan lemot, apalagi jika menjalankan kesemua aplikasi tersebut secara bersamaan.

Awalnya saya kira penggunaan ReadyBoost ini tidak terlalu berguna. Namun ketika saya mencobanya hasilnya cukup memuaskan, ya kira-kira berpengaruh 5 – 10% lah. Yang saya rasakan adalah rasa lemot dan berat pada laptop ketika ram mencapai 95% agak sedikit terbantu dengan ReadyBoost ini.

Cara Menggunakan Flashdisk Untuk ReadyBoost Untuk Game dan Aplikasi Berat

Bagi anda yang memiliki laptop atau komputer dengan spesifikasi yang standar atau bisa dibilang low end, tidak ada salahnya mencoba cara ini untuk membantu performa menjalankan aplikasi atau program berat. Berikut ini langkah dan tutorialnya.

Bandar Q
  • Tancapkan Flashdisk ke Laptop
  • Klik kanan > Properties pada Flashdisk agan, kemudian klik tab ReadyBoost
Cara ReadyBoost Untuk Game dan Aplikasi Berat
  • Kemudian klik use this device
Bagaimana Cara ReadyBoost pada Flasdisk (PC/Laptop) untuk Game/Aplikasi Berat
  • Sebaiknya isikan kolom kapasitas memory diisi sesuai dengan yang di rekomendasikan oleh Windows
Cara ReadyBoost Untuk Game dan Aplikasi Berat
  • Kemudian Ok/Apply dan selesai, jika berhasil maka memory Flashdisk akan terpakai

Dedicate this device to Readyboost, adalah untuk menggunakan Flashdisk sepenuhnya untuk cache system jadi semua total ruang akan terpakai untuk ReadyBoost.

Sedangkan Use this device, adalah ruang kosong pada Flashdisk hanya akan terpakai setelah cache system yang tersimpan dalam RAM telah mencapai batas maksimal, sehingga akan di bantu dengan ReadyBoost pada Flashdisk. Jadi selama RAM masih mampu menampung cache system maka sementara itu Flashdisk masih belum terpakai oleh sistem.

Jadi kesimpulannya fitur ReadyBoost ini sangat terasa manfaatnya ketika kondisi laptop sudah benar-benar lemot dan lambat karena RAM penuh atau mungkin processor yang terforsir. Namun sebaiknya agar menjadikan performa laptop maksimal sering-seringlah membersihkan file-file sampah pada komputer anda seperti menggunakan CCleaner dan sebagainya.

Demikian artikel mengenai Cara ReadyBoost Untuk Game dan Aplikasi Berat semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Perlu diperhatikan bahwa ada beberapa hal yang mempengaruhi dari performa dan efektifitas penggunaan ReadyBoost ini, silahkan anda dapat mencoba menyimak artikel berikut ini Apakah ReadyBoost Benar – Benar Berpengaruh Signifikan?.

6 thoughts on “Cara ReadyBoost Untuk Game dan Aplikasi Berat

  1. Putra Purnama

    Saya baru tau gan kao ada cara yang beginian. Melihat dari penjelasan agan di atas, readyboost flashdsisk ini sepertinya keren juga kalo diterapkan soalnya saya sering main game yang berat-berat. Thank you gan infonya!

    1. s.magie Post author

      Oh baru tahu ya? silahkan di icip triknya #_#

  2. Soni Sandi

    kalo guna’in itu, flah disk nya di isi game pes juga apa nggk ya gan ?

    1. s.magie Post author

      Sebaiknya jangan, kecuali kapasitas flashdisknya gede dan ruang kosongnya sesuai dengan kapasitas yang di minta di settingan di atas

  3. M erfan alifian

    Saya nyoba ready boost ke pes 2016 kok gak ada efeknya ya? Pakai use this device/dedicate this device?

    1. s.magie Post author

      Kalau spesifikasi PC / Laptopnya sudah bagus biasanya gak ngefek, jadi kalau gak ngefek mending tidak usah di terapkan cara tersebut. Tapi kalau contoh kasus pada penggunaan komputer dengan kebutuhan RAM tinggi pasti Readyboost pengaruh, karena dia bisa menambah cache dan bekerja seperti penambah RAM di komputer tersebut. Kalau game PES setahu saya tidak terlalu dominan di RAM, jadi RAM 2 GB saja sudah cukup, sehingga penambahan Readyboost kemungkinan tidak berpengaruh banyak. Saya cobanya di PES 2013 sih, selalu memantau penggunaan RAM, ternyata PES tidak butuh RAM terlalu gede, belum bisa memastikan juga untuk PES 2016. Mungkin bisa baca yang ini juga: http://uceng999.com/apakah-readyboost-benar-benar/

Comments are closed.