Cara Mengganti (Replace) Semua Teks / Link Melalui Database MySQL

 

Cara Mengganti Semua Teks / Link Melalui Database MySQL

Punya ribuan posting konten di blog atau website kamu? tentunya sangat repot bukan ketika ada perubahan teks atau link pada kesemua konten tersebut kamu harus edit satu persatu. Bisa juga sih menggunakan plugin seperti Better Search Replace, tapi kemarin saya coba tidak working dan tidak bisa merubah teks di database.

Saya kebetulan mempraktekkan tutorial ini di web movie saya, dimana playernya menggunakan video dari Openload. Sayangnya Openload ini di blokir Internet Positif dan sudah berganti alamat dari openload.co ke oload.tv. Akhirnya kondisi ini memaksakan saya untuk merubah semua link movie saya ke link terbaru.

Cara Mengganti (Replace) Semua Teks / Link Melalui Database MySQL

Untuk mengganti semua link atau teks ataupun kata di semua posting kamu, bisa dengan mudah di lakukan melalui MySQL database. Tapi perlu di perhatikan database adalah file yang sangat penting, jadi lakukan backup dulu sebelum memulai tutorial ini.

Kamu juga perlu tahu table dan field name mana di database kamu yang akan di replace. Jika sudah silahkan login ke PhpMyAdmin dari cPanel atau kontrol panel hosting server kamu dan klik tab SQL dan jalankan perintah berikut:

update TABLE_NAME set FIELD_NAME =
replace(FIELD_NAME,’Text to find’,’text to replace with’);

Sebagai contoh jika kamu ingin mengganti semua link posting WordPress kamu maka contohnya seperti ini:

update wp_posts set post_content =
replace(post_content,’tekslama‘,’teksbaru‘);

Jika sudah klik Kirim untuk menjalankan perintah, seperti gambar berikut:

Cara Mengganti Semua Teks / Link Melalui Database MySQL

Dengan demikian kata tekslama akan otomatis ter replace dengan teksbaru.

Mudah bukan? jika ada kesulitan untuk melakukan tutorial ini silahkan bisa mengisi form komentar di bawah ini. Atau bisa juga menggunakan jasa saya untuk mereplace dan mengganti semua teks atau link lama di blog maupun website kamu.