Cara Mengetahui Umur Sebuah Website / Situs Tertentu

Cara Mengetahui Umur Sebuah Website / Situs Tertentu

Cara Mengetahui Umur Sebuah Website / Situs Tertentu – “Apa pentingnya sih tahu umur atau pun usia website lain?” sebagian orang mungkin tak terlalu membutuhkannya, namun bagi seorang webmaster atau seorang blogger misalnya, pengetahuan seperti ini sebenarnya cukup penting untuk di ketahui.

Rgocasino

Saya sering cek umur sebuah website atau blog tertentu dengan tujuan melihat perbandingan antara waktu dan pencapaian yang di dapat. Secara tidak langsung cara ini juga dapat dijadikan penilaian tersendiri terhadap website yang kita kelola, apakah dalam selang waktu tertentu pencapaiannya baik atau biasa – biasa saja jika di bandingkan dengan website lain.

Cara Mengetahui Umur Sebuah Website / Situs Tertentu

Sebenarnya trik ini adalah dengan dengan melihat usia domain, bisa dengan menggunakan salah satu layanan dari Statshow. Nantinya akan di tampilkan berapa usia sebuah domain semenjak di daftarkan hingga pada tanggal kamu mengeceknya.

Caranya silahkan kunjungi statshow.com kemudian masukan nama domain situs dan klik Search nanti akan ada beberapa hasil analisis, kamu bisa lihat pada bagian tengah seperti gambar berikut ini:

Bandar Q

Cara Mengetahui Umur Sebuah Website / Situs Tertentu

Seperti contoh di atas ketika saya coba cek blog saya sendiri, usianya adalah 1 tahun 21 hari dan data ini adalah benar.

Sayangnya cara ini tidak dapat di lakukan untuk cek usia blog gratis dengan subdomain seperti Blogspot dan WordPress.com. Trik ini hanya berlaku untuk domain tingkat atas atau TLD seperti .com, .net, .id dan lain sebagainya.

Statshow juga menampilkan informasi lain seperti peringkat Alexa, trafik pengunjung, nama pemilik domain dan informasi Whois lainnya, registrant domain dan lain sebagainya. Sayangnya beberapa informasi tersebut tidak di sajikan secara update seperti peringkat Alexa, trafik pengunjung dan informasi Whois.

Baca juga:

Trik ini juga tidak dapat sepenuhnya mengetahui umur sebuah website jika website tersebut telah berganti alamat domain. Misal tadinya blogsaya.com menjadi blogsaya.co.id maka cara ceknya menjadi terpisah – pisah untuk masing – masing domain dan di gabungkan umurnya, nanti ketemu total umurnya kan? atau mungkin ada cara lain yang lebih praktis?

One thought on “Cara Mengetahui Umur Sebuah Website / Situs Tertentu

  1. iqbal

    thanks banget mas info cara mengetahui umur website ,sekarang saya udah tahu caranya dan saya udah tahu kapan exp domain saya biar domain tidak kadaluasa thanks banget mas infonya

Comments are closed.