Cara Mengatasi Stik Controller Tidak Terbaca di Game PES PC

Cara Mengatasi Stik Controller Tidak Terbaca di Game PES PC

Selain bisa di mainkan menggunakan keyboard, Pro Evolution Soccer PC dapat pula dimainkan menggunakan stick USB, stick PS maupun jenis kontroller lain seperti gamepad Xbox. Game ini cenderung game kelas menengah sehingga bisa di mainkan di laptop maupun komputer yang notabene spesifikasinya masih di bawah dari spesifikasi minimal dari game tersebut.

Rgocasino

Baik PES 2013, 2014, 2015, 2016, 2017 maupun mungkin PES 2018 nanti secara umum cara setting dan konfigurasi stiknya sama dari waktu ke waktu. Namun permasalahan yang paling sering di alami adalah ketika memasang dua stik yang terjadi adalah hanya satu stik saja yang terbaca, padahal sepertinya kamu sudah mengatur controller stik dengan benar.

Cara Mengatasi Stik Controller Tidak Terbaca di Game PES PC

Jika kamu sudah memastikan bahwa stik atau mungkin konektor yang kamu gunakan masih berfungsi dengan baik maka kemungkinan permasalahan error stik tidak terbaca atau tidak masuk di game Pro Evolution Soccer ini adalah karena memang settingannya yang masih keliru.

Jika kamu menggunakan 2 stik untuk bermain PES maka cara mengaturnya adalah Controller 1 untuk stik 1 dan Controller 2 untuk stik 2. Meskipun di masing-masing opsi Controller di menu Settings ada 2 opsi Joystick namun yang perlu kamu setting adalah satu Joystick tiap controller. Nah daripada bingung coba deh simak apakah cara setting stik yang kamu terapkan sama dengan cara di bawah ini:

Secara garis besar tutorialnya sebagai berikut:

  1. buka Settings di folder gamenya pilih tab Controller
  2. (Player 1) pilih Controller1 dan Twin USB Joystick yang pertama kemudian atur tombol dan simpan
  3. (Player 1) pilih Controller 2 dan Twin USB Joystick yang kedua kemudian atur tombol dan simpan
  4. selesai

Untuk lebih jelasnya bisa simak tutorial di bawah ini yang saya contohkan di PES 2017 menggunakan stik PS2 yang saya koneksikan menggunakan connector USB, meskipun demikian bisa diterapkan di semua seri PES karena caranya sama.

  • silahkan masuk ke folder game PES 2017, misal di C – Program Files – Pro Evolution Soccer 2017
  • kemudian buka Settings

Cara Setting Stik Game PES 2017 PC Tanpa Error

Bandar Q
  • pilih tab Controller, kemudian perhatikan step selanjutnya

Stik 1 (Player 1)

  • kita mulai dengan setting Stik 1 terlebih dahulu, pilih Controller 1 dan Twin USB Joystick yang paling atas

Cara Setting Stik Game PES 2017 PC Tanpa Error

  • setting tombol dengan cara klik tombol di layar komputer kemudian baru klik tombol yang sama di stiknya, atur semua tombol dan jika sudah selesai klik Ok

Cara Setting Stik Game PES 2017 PC Tanpa Error

Stik 2 (Player 2)

  • kemudian Stik 2, pilih Controller 2 dan Twin USB Joystick yang paling bawah

Cara Setting Stik Game PES 2017 PC Tanpa Error

  • setting tombol dengan cara yang sama seperti sebelumnya yakni klik tombol di layar komputer kemudian baru klik tombol yang sama di stiknya, atur semua tombol dan jika sudah selesai klik Ok

Cara Setting Stik Game PES 2017 PC Tanpa Error

Seharusnya dengan cara konfigurasi stik seperti diatas maka kedua stik bisa terbaca di game PES, silahkan di cek dulu, baik stik PS maupun stik USB kurang lebih caranya sama. Jika ada kendala lain atau ingin memberikan masukkan terkait topik yang dibahas silahkan berkenan untuk memberikan komentar kamu di bawah ini.