Cara Mengatasi PuTTY Inactive (Error Disconnect)

By | 26 February 2016

Cara Mengatasi PuTTY Inactive (Error Disconnect) – PuTTY merupakan salah satu terminal sumber terbuka yang dapat digunakan untuk mengakses server, seringkali blogger menggunakannya untuk mengakses dan melakukan berbagai perintah dan konfigurasi di VPS (Virtual Private Server).

Bagi yang baru menggunakan PuTTY pasti sedikit bingung, sebenarnya tampilan dan cara penggunaan ketika anda sudah login mirip ketika anda menggunakan command line (CMD) di komputer.

Dalam menggunakan PuTTY untuk mengakses server, perlu adanya koneksi internet agar konektivitas tetap stabil. Namun sayangnya koneksi yang stabil juga terkadang dapat membuat sambungan PuTTY ke server terputus (putty fatal error) dan menyebabkan PuTTY disconnect atau inactive.

Penyebab PuTTY Disconnect

  • server sedang offline, namun hal ini biasanya jarang terjadi karena hampir 99% server hosting selalu online (uptime)
  • salah ketika IP server atau salah memasukkan port, namun ini juga jarang terjadi
  • gangguan koneksi internet atau koneksi internet anda terputus

Cara Mengatasi PuTTY Inactive (Error Disconnect)

  • silahkan buka PuTTY
  • masuk ke Connection kemudian lakukan beberapa konfigurasi seperti contoh gambar di bawah ini:

Cara Mengatasi PuTTY Inactive (Error Disconnect)

Pada bagian Seconds between keepalives sebenarnya anda dapat memasukkan angka berapa saja. 20 itu maksudnya 20 detik mudahnya adalah PuTTY akan tetap menjaga agar koneksi tidak terputus dan di cek setiap 20 detik, mungkin anda dapat memasukkan angka 20 – 30.

Baca juga:

Setelah itu silahkan anda login seperti biasa masuk ke menu Session dan lihat perbedaannya. Dengan cara ini seharusnya PuTTY tidak mudah terputus dari server meskipun anda tinggal pergi tak menggunakannya.

Vimax Canada
Category: Internet Tags: ,

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.