Cara Mengatasi Program Komputer Not Responding

Cara Mengatasi Program Komputer Not Responding

Cara Mengatasi Program Komputer Not Responding – Komputer dibuat untuk mempermudah pekerjaan kita, seperti pekerjaan kantor, tugas kuliah atau sekedar mencari informasi di dunia maya. Komputer diprogram untuk menjalankan berbagai jenis program aplikasi atau software mulai dari yang ringan hingga yang berat dan membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi.

Rgocasino

Sayangnya seringkali kita menjumpai komputer yang nge-hang atau macet tidak merespon program yang dijalankan. Ada beberapa penyebab dari permasalahan ini, diantaranya memang terjadi bug pada aplikasi atau malah bug pada Windowsnya atau memang spesifikasi komputer tidak sesuai dengan program yang dijalankan. Hal lain yang mungkin saja terjadi adalah karena komputer kamu terkena virus atau mungkin program yang kamu gunakan menggunakan cheat / crack no lisensi.

Cara Mengatasi Program Komputer Not Responding

Cara Mengatasi Program Komputer Not Responding, Aplikasi Macet dan Eror

Pada kesempatan ini saya ingin share bagaimana sih mengatasi program yang not responding, cara saya ini bukan memperbaiki programnya melainkan bagaimana menutup aplikasi yang not respoding yang mungkin menyebabkan penggunaan CPU dan RAM komputer kamu menjadi meningkat.

Bandar Q

Jika sobat enggan menunggu program tersebut pulih kembali, agan bisa melakukan Close dengan menekan ALT + F4. Namun jika cara tersebut tidak berhasil maka sobat bisa menutup program tersebut melalui Windows Task Manager melihat program yang macet kemudian bisa close dari sana.

Caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke Windows Task Manager, bisa dengan shortcut CTRL + SHIFT + ESC atau CTRL + ALT + DELETE pilih Start Task Manager
  • Setelah masuk ke Windows Task Manager kamu bisa menghentikan program yang Not Responding tadi dengan cara pada Tab Application klik dan pilih program yang ingin dihentikan dan klik End Task. Atau pada Tab Processes, klik kanan pada pilihan proses yang sedang berjalan kemudian klik End Process – Yes

Sebenarnya menutup program secara paksa tidak di anjurkan, namun jika terdesak bisa menggunakan cara ini. Dan saya juga berharap agar tidak terjadi Not Responding lainnya. Jika cara diatas tidak berhasil maka bisa shutdown laptop atau komputer dengan paksa. Caranya bukan mencabut baterai, namun bisa dengan menekan tombol power selama beberapa detik nantinya laptop akan mati dengan sendirinya.

Jika nantinya aplikasi tersebut ketika dijalankan kembali kok masih nge-hang mungkin memang terjadi bug pada aplikasi atau Windows kamu. Jika bug pada Windows maka bisa melakukan update dan jika bug pada aplikasi mungkin bisa mencoba mendownload dan menginstall versi lainnya. Biasanya setiap aplikasi memiliki beberapa seri atau versi.

Demikian tips dan cara mengatasi program not responding semoga artikel ini bisa sedikit membantu masalah kamu. Gunakan juga program Cleaner untuk menghapus sampah di komputer kamu sehingga performanya menjadi lebih baik dan maksimal.