Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive yang Penuh Tanpa Sebab

Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive yang Penuh Tanpa Sebab

Setiap akun Google atau email Gmail yang kamu buat maka kamu mendapatkan layanan penyimpanan cloud gratis yakni Google Drive. Kapasitas yang diberikan adalah 15 GB, kamu dapat menyimpan berbagai file dan dokumen di Google Drive sehingga dapat kamu unduh atau membuka file yang kamu simpan di mana saja asalkan ada koneksi internet.

Nah bagi kamu yang mungkin selalu aktif menggunakan penyimpanan Google Drive ini sempat mengalami masalah space penyimpanan yang penuh ‘tanpa sebab’. Saya katakan ‘tanpa sebab’ karena seringkali pengguna bingung penyimpanan Google Drive miliknya full padahal dia tidak menyimpan banyak file di layanan tersebut.

Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive yang Penuh Tanpa Sebab

Umumnya pengguna hanya memperhatikan file yang di simpan hanya di bilah utama saja, padahal di Google Drive juga ada beberapa folder yang perlu kamu cek apakah folder tersebut menyimpan file-file yang tidak penting. Salah satunya adalah folder Sampah.

Jadi file yang kamu hapus sebelumnya tidak dihapus permanen dari Google Drive, melainkan di tampung dulu di folder Sampah, sama seperti fungsi Recycle Bin di komputer atau laptop yang kamu gunakan. Jadi solusi dari masalah penyimpanan Google Drive yang penuh adalah dengan mengecek satu persatu folder di Google Drive dan memastikan untuk menghapus file yang dirasa tidak perlu.

Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive yang Penuh Tanpa Sebab

Sebagai contoh ada salah satu akun Google Drive milik saya yang penuh hingga mencapai hampir 14 GB, padahal file yang saya simpan kurang lebih hanya 3 GB. Saya pun coba cek satu persatu folder di Google Drive, silahkan login ke Gmail kamu kemudian kunjungi Google Drive dan kamu bisa ikuti beberapa penjelasan berikut:

Folder Dibagikan dengan saya

Folder Dibagikan dengan saya adalah file-file dari pengguna yang kamu ikuti, misalpun folder ini penuh sesak sebenarnya tidak menggunakan sedikitpun space penyimpanan di Google Drive yang kamu gunakan, kecuali kamu mengcopy file tersebut ke Drive kamu. Meskipun demikian tidak ada salahnya kamu hapus jika memang kamu rasa tidak penting.

Cara hapusnya bisa klik kanan pada file kemudian pilih Hapus. Atau jika file yang dibagikan banyak maka bisa dengan cara Ctrl+A kemudian klik icon Tong Sampah, seperti contoh gambar berikut.

Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive yang Penuh Tanpa Sebab

Folder Terbaru, Google Foto dan Berbintang

Folder terbaru berisi file-file yang baru kamu upload, sekaliguna juga file terbaru yang dibagikan kepada kamu oleh pengguna lain. Google Foto adalah foto-foto yang kamu upload ke Google Drive, termasuk jika kamu seorang blogger yang menggunakan platform blogspot maka seluruh foto dan gambah yang kamu unggah masuk ke folder Foto. Sementara folder Berbintang adalah file-file yang kamu berikan bintang dan ditandai sebagai file yang kamu suka.

Folder Sampah

Folder Sampah seringkali menyebabkan penyimpanan Google Drive kamu penuh, karena seluruh file yang telah kamu hapus sebelumnya otomatis masuk ke folder Sampah ini. Fungsinya tentu saja jika sewaktu-waktu kamu ingin mengembalikan file yang sudah kamu hapus maka kamu bisa mengembalikannya.

Jika dirasa tidak penting, kamu bisa menghapus file sampah dengan cara klik kanan pada file kemudian pilih Hapus untuk selamanya. Atau jika jumlah file di folder Sampah terlalu banyak maka bisa melakukan tindakan masal dengan tekan Ctrl+A kemudian hapus icon Tong Sampah dan jika ada pop up konfirmasi penghapus klik Hapus Selamanya.

Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive yang Penuh Tanpa Sebab

Setelah saya coba cek ternyata penyimpanan Google Drive saya sudah kembali normal dan hanya terpakai untuk file penting saja yang kurang lebih sizenya 3 GB.

Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive yang Penuh Tanpa Sebab

Jika diperlukan, bisa juga kok upgrade ke space yang lebih besar

Atau jika memang kamu memerlukan penyimpanan yang besar, kamu bisa upgrade paket ke Google Drive premium yang dibagi menjadi beberapa paket sesuai kapasitas penyimpanan. Berikut ini detail ukuran penyimpanan paket Google Drive dan juga detail harganya:

  • 100 GB: Rp 26.900/bulan
  • 1 TB: RP 135.000/bulan
  • 2 TB: Rp 270.000/bulan
  • 10 TB: Rp 1.350.000/bulan
  • 20 TB: Rp 2.700.000/bulan
  • 30 TB: Rp 3.900.000/bulan

Paket premium selain memberikan space yang lebih besar juga memberikan unlimited video dan download bagi kamu mungkin yang memang menggunakan Google Drive untuk di share di website misal untuk website streaming movie atau video dan juga website download software, mp3 dan lain sebagainya. Namun perlu di perhatikan bahwa Google Drive seringkali tidak mengijinkan penggunanya menyimpan file yang tidak memenuhi TOS layanan penggunaan seperti file yang melanggar hak cipta atau lisensi.