Cara mengarahkan domain ke VPS menggunakan nameserver sendiri

Cara mengarahkan domain ke VPS menggunakan nameserver sendiri

Luxury138

Mengarahkan atau menghubungkan domain ke server VPS merupakan pengetahuan dasar yang harus kamu pahami jika ingin menggunakan VPS sebagai hosting website atau blog kamu. Sayapun sebenarnya juga tidak terlalu paham soal mengelola server dan hanya menguasai beberapa hal dasar yang merupakan kebutuhan untuk bisa menggunakan VPS sebagai hosting, untuk permasalahan troubleshooting lainnya sayapun masih belajar.

Di artikel ini saya ingin memberikan salah satu cara mengarahkan domain ke VPS dengan menggunakan Control Panel dengan nameserver sendiri atau child nameserver (contoh: ns1.ubloger.com dan ns2.ubloger.com). Kebetulan saya menggunakan kontrol panel Webuzo dan mungkin untuk jenis kontrol panel lain seperti VestaCP, Virtualmin, Plesk, Kloxo, cPanel, Webmin dan lain sebagainya kurang lebih secara garis besar caranya sama.

RGOCASINO

Cara mengarahkan domain ke VPS menggunakan nameserver sendiri

Disini saya akan menjelaskan secara umum saja dan membagi dalam beberapa tahap agar lebih mudah. Silahkan kamu bisa perhatikan step-step berikut:

1. Tambahkan domain ke VPS

Sebelumnya silahkan install dulu Control Panel yang kamu gunakan, untuk contoh cara install Weubuzo di CentOS VPS bisa kamu simak disini. Langkah selanjutnya silahkan tambahkan dulu domainnya ke VPS, jika kamu hanya menggunakan satu domain yakni domain utama maka sudah terdaftar pada proses instalasi kontrol panel tadi. Jika kamu ingin menambahkan domain lain maka bisa simak tutorialnya cara menambahkan domain di Webuzo disini.

Kemudian catat apakah kamu menggunakan ns1 ns2 atau dns1 dns2, jika di Webuzo kamu dapat login ke Enduser Panel (2002) kemudian masuk ke Advance DNS Setting dan pilih domainnya, nanti akan ditampikan nameserver yang digunakan.

Cara mengarahkan domain ke VPS menggunakan nameserver sendiri

Langkah selanjutnya kita membuat nameserver sendiri contohnya ns1.ubloger.com dan ns2.ubloger.com.

2. Membuat child nameserver di registrar domain kamu

Silahkan kamu dapat membuat child nameserver sendiri di layanan domain yang kamu gunakan, gunakan IP nameserver sama seperti IP VPS atau dedicated server yang kamu gunakan. Ada banyak registrar domain ya? kebetulan saya hanya mencontohkan di beberapa saja, untuk cara membuat nameserver sendiri di Namecheap bisa kamu simak disini dan di Idwebhost bisa kamu lihat disini.

3. Rubah nameserver domain dan tunggu proses propagasinya

Langkah terakhir adalah dengan merubah nameserver domain kamu menggunakan nameserver yang telah kamu buat tadi (contoh: ns1.ubloger.com dan ns2.ubloger.com). Untuk cara mengganti nameserver domain sangat mudah ya? saya rasa tidak perlu saya contohkan caranya.

Jika sudah sekarang kamu tinggal menunggu proses propagasi atau pointing domainnya, kamu bisa cek secara berkala menggunakan tools seperti Whatsmydns.net. Untuk mempercepat akses ke server baru dari komputer kamu silahkan coba gunakan tips Flushdns.

Demikianlah step-step dalam mengarahkan domain ke VPS, karena artikel ini tidak membahas secara mendetail mungkin bagi teman-teman yang merasa kesulitan bisa meluangkan waktu untuk menulis komentar melalui form dibawah ini.

Luxury138