Cara Mengalihkan (Redirect) Semua Halaman Error Not Found 404 ke Homepage

Cara Mengalihkan (Redirect) Semua Halaman Error Not Found 404 ke Homepage

Halaman error not found 404 biasanya ditemukan dimana sebuah konten seperti page atau artikel di sebuah blog atau website telah terindeks Google namun halaman tersebut sudah dihapus atau tidak ada. Halaman 404 juga dapat ditemukan manakala pengunjung situs memasukkan URL atau link yang salah di browser yang mereka gunakan.

Rgocasino

Sebaiknya memang halaman 404 ini dialihkan secara permanen atau pengalihan 301 ke halaman tertentu yang memiliki landing page. Namun pada beberapa kasus dimana website ditemukan banyak halaman 404 maka simpelnya semua halaman tersebut dapat dialihkan ke halaman depan atau homepage saja.

Cara Mengalihkan (Redirect) Semua Halaman Error Not Found 404 ke Homepage di WordPress

Jika membahas tentang SEO, jika dibiarkan halaman 404 ini sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya dari index Google. Namun sangat disayangkan jika halaman tersebut ternyata memiliki banyak backlink dari situs lain, maka akan hangus begitu saja. Oleh karena itulah saya menyarankan agar halaman 404 ini dialihkan saja ke halaman yang relevan atau ke halaman depan saja.

Bandar Q

Nah di artikel ini saya ingin memberikan turorial singkat tentang bagaimana sih cara redirect seluruh halaman error ke homepage sehingga tetap menjaga SEO dan mempertahankan visitor yang berkunjung ke situs kamu, tutorial ini hanya untuk website yang menggunakan CMS WordPress.

  • silahkan kamu dapat menginstall dan mengaktifkan plugin All 404 Redirect to Homepage
  • setelah itu masuk ke menu Settings kemudian pilih All 404 Redirect to Homepage
  • pastikan statusnya Enabled dan klik Update Option untuk menyimpan perubahan

Cara Mengalihkan (Redirect) Semua Halaman Error Not Found 404 ke Homepage

Nah dengan demikian kini suruh halaman not found 404 di situs kamu akan di alihkan ke halaman homepage. Kalau saya sendiri menggunakan tips ini dalam membangun private blog atau PBN untuk situs klien. Jadi di domain PBN yang yang beli saya tidak dapat menghandel semua link errornya terutama di domain yang dulunya telah terisi dengan banyak konten.

Jika memungkinkan sebaiknya halaman error ini dialihkan ke halaman yang relevan, misal kamu menggantinya dengan halaman yang berisi konten yang sama. Sebenarnya tidak perlu di alihkan, cukup kamu membuat halaman konten sama topiknya kemudian samakan linknya dengan link yang 404 tadi.

Demikianlah cara mengalihkan seluruh halaman error 404 not found ke homepage. Jika teman-teman ada rekomendasi plugin atau cara lain, atau mungkin ingin share tutorial untuk blogger atau blogspot boleh disampaikan ke kita.