Cara Menentukan Niche Blog Baru

By | 30 May 2015

Cara Menentukan Niche Blog Baru

Cara Menentukan Niche Blog Baru – Niche adalah tema atau topik sebuah blog. Topik ini yang nantinya akan menjadi identitas dari blog tersebut. Semua judul artikel blog tersebut nantinya juga harus berkaitan dengan topik yang di tentukan. Meskipun banyak blog yang mempunyai topik yang bermacam-macam dan umum, namun menurut saya pribadi blog akan lebih solid dan berkarakter jika fokus satu niche blog saja.

Baca juga: Niche Blog Dengan Potensi Trafik Tinggi

Tentu saja memilih dan menentukan niche blog adalah sesuatu yang penting, mengapa? misal saja kita mengambil satu niche blog yang diluar dari pengetahuan kita, maka sangat berkemungkinan sekali kedepannya kita akan kehabisan ide artikel. Pemahaman yang kurang mengenai topik tertentu menjadikan artikel kita kurang berkualitas jika dibandingkan dengan blog yang paham akan niche yang di pilihnya.

Hal diatas sebagai contoh saja, karena blog baiknya tidak hanya berisi 10 atau 100 artikel saja. Namun ribuan bahkan puluhan ribu itu akan lebih bagus lagi, apalagi jika artikel tersebut original dan kaya akan informasi. Berikut beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam memilih niche blog:

Cara Menentukan Niche Blog Baru

1. Hobby dan Bakat

Tidak ada salahnya anda membuat sebuah blog yang memiliki topik yang sama dengan hobi anda, misal otomotif. Tentu saja karena topik dan hobi anda sama dan sejalan maka akan mudah sekali menyajikan artikel yang detail dan berkualitas. Ditunjang lagi dengan hobi, maka akan selalu muncul ide artikel baru yang tidak akan pernah terlintas di blog otomotif lain yang pemiliknya tidak paham otomotif. Kemungkinan besar anda akan mudah sekali membuat artikel yang lengkap dan berkualitas.

2. Hal apa yang membuat anda tertarik?

Saya tertarik dengan bisnis online, namun saya belum tentu paham tentang bisnis online. Namun karena saya sudah berminat dan tertarik maka saya akan dengan senang hati mempelajari bisnis online. Kira-kira seperti itulah contohnya, ngeblog sambil belajar bukanlah hal yang salah. Coba temukan hal apa yang menjadi minat anda dan pelajari hal tersebut dan tuangkan dalam artikel blog.

3. Hal apa yang anda kuasai?

Hal ini berbeda dengan hobi, karena belum tentu orang yang mahir dalam salah satu bidang pasti suka akan bidang tersebut. Misal anda adalah seorang teknisi komputer di sebuah toko elektronik, sudah barang tentu anda akan menguasai berbagai permasalahan dan solusi seputar dunia komputer. Komputer adalah salah satu niche blog yang populer dan memiliki tingkat pencarian yang tinggi. Maka dari itu blog dengan tema komputer akan sangat tepat sekali menjadi pilihan anda.

Baca juga: Bagaimana Bisa, Artikel Sedikit Trafik Tinggi?

Beberapa hal diatas bisa menjadi pertimbangan anda dalam memilih topik atau niche blog yang tepat. Jika anda sudah menentukan niche blog, maka coba anda lakukan analisis bagaimana tingkat persaingan di search engine, bagaimana tingkat trafik dari nice tersebut dan perhatikan blog/web apa saja yang nantinya akan menjadi pesaing blog anda.

Vimax Canada
Category: Blogging Tags:

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.