Cara Mencari dan Memilih Domain Untuk PBN (Private Blog Network)

Cara Mencari dan Memilih Domain Untuk PBN (Private Blog Network)

Luxury138

Singkat penjelasan, domain PBN adalah domain bekas yang kita beli untuk dibuat sebagai blog atau website dengan tujuan untuk memberikan backlink kepada website utama atau disebut money site. Kenapa harus domain bekas atau expired domain? Tentu saja karena domain bekas pada umumnya memiliki pagerank yang bagus, seperti DA PA, Trust Flow dan History Backlink yang lebih bagus dari domain baru.

Domain bekas dengan pagerank tersebut tentu memberikan dampak yang lebih baik ketimbang backlink sembarangan yang kamu tautkan di link komentar atau model-model mencari backlink seperti sekarang ini. Konsep dari backlink PBN adalah pagerank dan relevan konten, ditambah juga blog network memiliki sedikit outbound link jadi dampaknya tentu cukup baik. Mungkin PBN ini mirip-mirip seperti yang sering disebut blog dummy atau zombie ya? Yah bagi kamu yang lama terjun di dunia blogging dan mendalami SEO tentu lebih paham tentang apa itu PBN.

RGOCASINO

Cara Mencari dan Memilih Domain Untuk PBN (Private Blog Network)

Cara Mencari dan Memilih Domain Untuk PBN (Private Blog Network)

Saya sendiri sempat beberapa kali mendapatkan job untuk membuat Private Blog Network dari mereka pemilik website yang ingin website utamanya tersebut bisa naik peringkat dan keywordnya di Google. Jadi saya sudah lumayan paham alur dan teknis cara mencari dan memilih domain untuk PBN yang baik dan berkualitas.

1. Mencari domain PBN itu susah-susah gampang

Tidak hanya kamu, banyak sekali diluar sana orang-orang yang memburu domain bekas untuk money site mereka. Sehingga mendapatkan domain bekas yang berkualitas cukup sulit, karena rata-rata domain bekas yang bagus pasti dan diambil orang tapi dengan niat dan kerja keras pasti bisa.

Untuk harga domain bekas pada dasarnya sama seperti harga domain baru, atau mungkin jika kamu punya dana lebih bisa ikut lelang pada domain-domain bekas yang masih aktif namun nyaris expired, kualitasnya biasanya lebih bagus namun dengan harga yang sangat mahal dan itupun jika kamu bisa menang lelang. Tools yang dapat kamu gunakan untuk mencari domain bekas seperti Expireddomain.net.

2. Jika memungkinkan pilih domain dengan niche yang sama

Niche atau topik domain penting dipertimbangkan, jika memungkinkan pilihlah domain bekas dengan topik yang sama. Ini memang sulit dan jikapun tidak bisa menemukan domain bekas dengan topik yang sama maka domain dengan topik lainpun tidak jadi masalah menurut saya, karena nantinya juga domain tersebut akan di bangun menjadi blog dengan topik yang relevan dengan money site kamu.

3. Pilih domain dengan nilai DA dan PA yang bagus

DA adalah domain authority sedangkan PA adalah page authority, kriteria yang baik menuru saya nilainya adalah diatas 25 tapi umumnya diatas 20 juga sudah bagus. DA dan PA biasanya nilainya beda, jikalau harus memilih saya lebih memilih domain dengan DA yang bagus, untuk PA sedikit saya abaikan.

Faktor yang menentukan DA dan PA sebuah domain adalah dari usia dan juga backlink dari domain tersebut. Domain dengan backlink yang banyak ‘umumnya’ memiliki DA dan PA yang bagus, kalau backlinknya banyak ke domain utama maka DA yang naik, sedangkan jika backlink banyak menuju ke URL dari domain tersebut maka PA nya yang naik.

Untuk mengetahui DA dan PA sebuah domain dapat menggunakan tools gratis dari MOZ di link berikut https://moz.com/researchtools/ose/ silahkan login jika terkena limit. Dan untuk mengetahui DA dan PA domain dalam jumlah banyak dapat menggunakan bulk DA PA checker di Checkmoz.com.

Cara Mencari dan Memilih Domain Untuk PBN (Private Blog Network)

*semakin tinggi nilai DA dan PA maka semakin baik

4. Cek juga Trust Flow domain

Sebenarnya saya sendiri kurang bisa menjelaskan apa Trust Flow, domain dengan nilai Trust Flow yang tinggi biasanya adalah domain yang jauh dari kategori Spam, kamu dapat menggunakan Majestic.com untuk cek Trust Flow sebuah domain. Nilai Trust Flow yang disarankan adalah 20, namun mendapatkan domain dengan Trust Flow 20 sangat sulit, kalau saya pribadi memilih domain setidaknya memiliki Trust Flow diatas 10.

Cara Mencari dan Memilih Domain Untuk PBN (Private Blog Network)

*semakin tinggi nilai TRUST FLOW maka semakin baik

5. Cek SPAM Score dan juga History Backlinknya

Cara cek Spam Score domain bisa di lakukan dengan tool dari MOZ, ketika kamu cek DA PA maka di bagian bawahnya akan tampil berapa nilai Spam dari domain tersebut, semakin sedikit nilainya maka semakin baik. Jika nilai Spam tinggi biasanya ditandai dengan warna Kuning hingga Merah jika sudah sangat parah. Hindari memilih domain bekas dengan poin Spam yang tinggi karena dampaknya tidak baik untuk website utama kamu.

Cara Mencari dan Memilih Domain Untuk PBN (Private Blog Network)

* SPAM SCORE diatas 5 itu cukup buruk, ditandai dengan wana kuning dan merah

History Backlink dapat kamu cek menggunakan Majestic.com, hindari memilih domain dengan satu anchor text backlink dengan prosentase sangat tinggi. Pilihlah domain bekas dengan backlink anchor text yang wajar dan memiliki variasi anchor text. Di Majestic.com nanti kamu dapat dengan mudah melihat riwayat backlink dari domain bekas tersebut.

Cara Mencari dan Memilih Domain Untuk PBN (Private Blog Network)

*pilih domain dengan anchor text yang natural, contoh di atas adalah penerapan anchor text yang buruk karena nyaris 50% pada satu anchor text

6. Gunakan Archive.org (Wayback Machine)

Archive.org adalah organisasi nirlaba yang merekam dan menyimpan informasi dari sebuah domain atau website dari waktu ke waktu. Melalui Wayback Machine ini kamu bisa tahu seperti apa tampilan domain tersebut di periode-periode sebelumnya. Sekaligus juga mengetahui apakah sebelumnya domain tersebut menggunakan http atau http dan www, ini sebagai acuan saat instalasi private blog tersebut nantinya.

Cara Mencari dan Memilih Domain Untuk PBN (Private Blog Network)

7. Lalu berapa banyak domain yang sebaiknya saya beli?

Mungkin kamu sempat bingung, berapa banyak ya domain yang sebaiknya kamu beli? Jika saya menyarankan minimal adalah 20 PBN, kalau berapa paling banyak tentu semakin banyak semakin baik tinggal disesuaikan dengan budget dan penerapan SEO PBN yang baik dan benar. Karena jika pembangunan PBN diterapkan dengan asal-asalan tentu hasilnya tidak akan maksimal atau mungkin malah sebaliknya.

Nah demikianlah tips, kiat-kiat dan cara mencari serta memilih domain untuk PBN yang bagus dan berkualitas. Next saya akan share juga aturan-aturan utama dalam membangun blog network agar hasilnya bagus untuk money site kamu. Jika kamu kesulitan mencari domain PBN atau mungkin tidak punya banyak waktu untuk melakukannya atau mungkin tidak paham tentang PBN, silahkan gunakan jasa saya untuk mencarikan domain PBN selengkapnya bisa kamu simak jasa pembuatan PBN.

Diatas adalah cara mencari dan memilih domain untuk PBN, masih ada beberapa step selanjutnya yang harus kamu lakukan. Selengkapnya mengenai panduan selanjutnya bisa kamu simak disini membuat dan membangun PBN.

Luxury138