Cara Mencari dan Memilih Domain Expired (Bekas / Kadaluarsa)

Cara Mencari dan Memilih Domain Expired (Bekas / Kadaluarsa)

Luxury138

Yang bekas tak selalu dikonotasikan sebagai sesuatu yang negatif atau mengurangi nilai jual dari produk tersebut, tak terkecuali  pada sebuah domain. Domain secara umum yang harga barunya berkisar 130 ribuan ketika sudah menjelang expired harganya bisa saja menjadi jutaan atau bahkan puluhan juta rupiah. Kualitas dan statistik domain menjadi penentu harga lelang di pasar domain kadaluarsa.

Banyaknya backlink, nilai DA PA yang bagus, Trust Flow domain secara umum menjadi kriteria dalam memilih domain bekas yang baik. Jika pasar domain bekas di selenggarakan di darat atau di dunia nyata mungkin ramainya tak kalah dengan pusat perbelanjaan menjelang saat lebaran. Tidak percaya?

RGOCASINO

Karena saya sendiri telah mencobanya, dalam projek PBN kemarin saya membutuhkan lebih dari 50 domain bekas dengan pagerank yang tinggi, domain tersebut saya gunakan untuk mengoptimasi website klien agar naik posisinya di Google. Mencari domain bekas yang berkualitas cukup sulit, karena sistemnya siapa cepat dia dapat dan memang mutlak perlu kesabaran dan ketelitian dalam memilih domain bekas.

Cara Mencari dan Memilih Domain Expired (Bekas / Kadaluarsa)

Namun kamu tidak perlu membelanjakan uang hingga puluhan juta rupiah untuk sebuah domain bekas, kecuali kamu memang menghendakinya. Domain Expired yang sudah masuk dalam kategori Deleted atau Archive domain adalah domain sisa dari hasil lelang.

Meskipun sisa dari lelang, tetap masih ada domain yang bagus terlebih harganya cukup murah dan hampir sama seperti harga domain sewaktu membeli baru di registrar. Bagi kamu yang tengah mempertimbangkan untuk membeli domain bekas entah untuk website sendiri atau ingin di jadikan sebagai blog network berikut ini saya kasih tipsnya.

Pilih tools untuk mencari domain bekas

Jika kamu search di Google ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan domain bekas. Ada tool gratis dan juga ada juga yang berbayar, untuk yang gratis seperti Expireddomains.net dan yang berbayar seperti Domcop.com, mereka adalah dua dari beberapa yang menurut saya terbaik. Silahkan kamu dapat menggunakan layanan yang mana, atau punya layanan favorit sendiri juga boleh.

Pilih topik domain

Jika memungkinkan pilihlah domain expired dengan topik yang sama dengan blog yang nanti ingin kamu bangun. Mencari domain yang setopik atau se-niche tidaklah mudah, namun tentunya jika kamu mau berusaha semaksimal mungkin apa sih yang tidak mungkin didunia ini.

Kriteria domain expired yang bagus

Pertama: jumlah backlink

Domain dengan banyak backlink memang tak selalu bagus, tapi jika backlink dilakukan dengan cara yang benar maka bisa benar-benar mendongkrak popularitas domain tersebut di mesin pencari. Jadi utamakan domain dengan backlink yang bagus. Ada banyak tools yang bisa kamu gunakan untuk cek baclink domain, namun kalau saya cenderung lebih menyarankan Ahrefs untuk cek backlink domain. Namun jangan terkecoh dengan jumlah backlink yang banyak ya? perhatikan pada poin Keempat dan Kelima di paragraf selanjutnya.

Kedua: nilai DA dan PA yang baik

DA adalah Domain Authority sedangkan PA adalah Page Authority, kamu dapat cek nilai DA PA sebuah domain dengan tool https://moz.com/researchtools/ose/. Apa bedanya DA dan PA? untuk DA itu domain induk atau contoh domain.com sedangkan untuk PA itu page atau post dari domain induk contoh domain.com/cara-mencari-domain bekas.

Cara Mencari dan Memilih Domain Untuk PBN (Private Blog Network)

Jadi jika dalam sebuah domain PA-nya lebih tinggi dari DA kemungkinan besar kekuatan page atau post dari situs tersebut lebih kuat dari domain induknya. Sebagai contoh untuk blog, kebanyakan PA-nya lebih tinggi daripada DA, kenapa? karena blog trafiknya lebih di dominasi oleh artikel atau post. Jadi trafik visitor lebih banyak masuk dari pagenya bukan dari domain induknya.

Lalu bagaimana? tentunya jika ada domain dengan DA dan PA yang tinggi itu sangat bagus, tapi jika tidak fokuslah pada nilai DA-nya saja. Karena nyaris tidak mungkin bagi kita untuk mengembalikan link-link page yang hilang dari domain tersebut. Usahakan nilai DA dan PA diatas 20, atau minimal 20 untuk DA dan untuk PA bisa di kecualikan. Tool dari MOZ ini gratis ya? namun untuk bisa menikmati secara unlimited silahkan login.

Ketiga: nilai Trust Flow domain

Trust Flow sebuah domain dapat kamu cek melalui Majestic.com, tool ini gratis namun jika tidak terdaftar akun premium maka hanya dibatasi beberapa laporan domain perhari. Trust Flow ini semacam algoritma yang memberikan sejumlah nilai kepada sebuah domain, semakin tinggi nilai Trust Flow biasanya menandakan domain tersebut jauh dari kategori Spam dan jika sebelumnya domain tersebut dioptimasi dengan backlink maka teknik link building yang dilakukan cukup baik.

Cara Mencari dan Memilih Domain Untuk PBN (Private Blog Network)

Keempat: cek Spam Score

Jangan sampai kamu menganggap secara mutlak bahwa domain dengan banyak backlink itu sudah pasti bagus. Padahal belum tentu domain dengan ribuan link itu bagus, biasanya terjadi karena praktek optimasi SEO terutama di link building yang kurang baik. Sehingga domain tersebut justru dianggap Spam oleh mesin pencari dan bahkan tidak terindeks sama sekali atau deindex.

Melalui MOZ kamu dapat cek berapa poin Spam pada sebuah domain, nilai yang diberikan MOZ ini berdasarkan algoritma dan metrix yang mereka kembangkan. Pada umumnya domain dengan nilai Spam diatas 5 itu cukup buruk dan hindari memilih domain ini.

Cara Mencari dan Memilih Domain Untuk PBN (Private Blog Network)

Silahkan jika ada tools lain kamu dapat menggunakannya, kebetulan saya kurang referensi tools apa saja untuk cek nilai Spam sebuah domain, yang jelas ini penting sekali.

Kelima: cek anchor text baclinknya

Semua sudah pada tahu kan apa itu anchor? ya teks yang bisa di klik, nah pada anchor backlink teks yang digunakan biasanya adalah kata dari keyword atau kata kunci yang ingin di optimasi dari domain tersebut. Namun sebaik-baiknya anchor text backlink adalah mereka yang terlihat natural. Jadi sangat tidak disarankan membuat backlink dengan hanya menggunakan satu anchor text, sebaiknya gunakanlah variasi teks agar terlihat natural.

Melalui tool Majestic kamu dapat cek prosentasi anchor text pada sebuah domain, jadi kamu dapat menilai apakah domain tersebut sebelumnya dioptimasi dengan backlink yang baik atau tidak.

Cara Mencari dan Memilih Domain Untuk PBN (Private Blog Network)

Seperti contoh diatas, hindari memilih domain expired dengan satu anchor text mencapai prosentasi sama dengan atau di atas 50%. Biasanya domain dengan anchor text terlalu berlebihan pada satu keyword nilai Spam Score-nya tinggi dan alhasil tidak ada dampak apa-apa yang diperoleh domain tersebut atau justru malah memperparah peringkatnya di mesin pencari.

Cek domain di Wayback Machine

Wayback Machine dapat kamu akses di Archive.org, jadi mereka ini adalah organisasi nirlaba yang menyimpan tampilan sebuah website, blog atau situs dari waktu ke waktu di archive mereka. Jadi kamu dapat cek seperti apa tampilan sebuah website di masa lampau. Sebaiknya hindari domain yang dulunya pernah digunakan sebagai e-commerce untuk suatu brand khusus dan hindari domain yang pernah digunakan untuk mempublikasikan konten dewasa.

Cara Mencari dan Memilih Domain Untuk PBN (Private Blog Network)

Melalui Wayback Machine kamu juga bisa mengetahui apakah sebelumnya domain tersebut menggunakan WWW atau tanpa WWW. Ini penting, sebagai acuan kamu dalam menginstall website tersebut dikemudian hari. Sebaiknya gunakan versi yang sama dengan domain sebelumnya. Karena bagi algoritma mesin pencari yang sebelumnya telah mengumpulkan metrix di domain tersebut, versi WWW atau tanpa WWW ini berbeda loh.

Demikian adalah beberapa tips dalam memilih domain expired, kamu perlu tahu satu hal yang mungkin terjadi adalah domain yang kamu beli tidak terindeks oleh Google. Domain bekas biasanya sudah tidak terindeks, tapi bisa kembali terindeks jika didaftarkan di Search Console Google kembali. Namun jika ada beberapa domain bekas yang kamu beli ternyata tidak terindeks Google mungkin kamu kurang teliti dalam memilih domain tersebut. Dan menjadi sebuah bonus jika domain bekas yang kamu beli masih ada poin di SimilarWeb, SEMrush dan Alexa.

Jika kamu membeli banyak domain dan digunakan untuk optimasi website utama atau money site usahakan untuk meregistrasikan domain tersebut di registrar yang berbeda, gunakan Proteksi ID atau jika tidak gunakan info data pemilik domain yang berbeda untuk setiap domain. Saya rasa cukup sekian tips dari saya, tentunya beberapa hal diatas hanya bahasan-bahasan umum saja karena jika di tulis lebih detail tentu akan sangat panjang. Jika merasa kerepotan mencari banyak domain misal untuk projek PBN, kamu bisa juga kok menggunakan jasa saya untuk mencari domain bekas yang bagus dan berkualitas plus konsultasi dan berdiskusi dengan saya. Atau ingin kamu ingin terima beres semua pengerjaan PBN dari awal sampai akhir akan saya bantu kerjakan, silahkan bisa menghubungi saya melalui halaman jasa pembuatan PBN (Private Blog Network).

Luxury138