Cara Memperpanjang SKCK Kadaluarsa Habis Masa Berlaku

By | 22 August 2015

cara memperpanjang skck

Cara Memperpanjang SKCK Habis Masa Berlaku – Jika sebelumnya saya sudah share mengenai “Cara Membuat SKCK Baru” kali ini saya ingin share bagaimana cara memperpanjang masa berlaku SKCK yang sudah habis masa berlakunya.

SKCK ini setahu saya berlaku selama 3 bulan untuk SKCK Polsek atau kecamatan dan 6 bulan untuk SKCK Polres atau kota / kabupaten. Kemarin saya membuat SKCK di Polsek hanya berlaku selama 3 bulan.

Secara umum SKCK yang sudah habis masa berlakunya namun belum berumur lebih dari satu tahun masih bisa di perpanjang. Jika SKCK sudah kadaluarsa lebih dari 1 tahun maka prosesnya sama seperti membuat baru kembali yakni mulai dari surat pengantar.

Nah lalu bagaimana cara memperpanjang SKCK kita yang sudah mati atau habis masa berlaku tapi belum lewat satu tahun? simak yang berikut ini:

Syarat Memperpanjang SKCK Lama

  1. SKCK lama yang asli
  2. Foto copy KTP
  3. Pas Photo 4 x 6 (4 lembar: dilebihkan buat jaga-jaga)
  4. Foto copy KK (Kartu Keluarga)
  5. Foto copy Akta Kelahiran

Cara Memperpanjang SKCK Kadaluarsa

Cara Memperpanjang SKCK Polsek

Berdasar pengalaman saya mengurus perpanjangan SKCK Polsek itu lebih mudah, tinggal datang ke Polsek kemudian sampaikan bahwa anda ingin memperpanjang masa berlaku SKCK. Nanti biasanya akan di minta foto, fc KTP seperti syarat – syarat di atas. Tinggal kita tunggu prosesnya.

Cara Memperpanjang SKCK Polres

Nah di polres ini yang kadang suka bikin bingung, tapi kamu hanya perlu menuju bagian ruangan atau aula untuk memproses SKCK. Berikut step dan urutannya:

  1. Datang ke Polres
  2. Serahkan dan berkas persyaratan ke bagian loket
  3. Isi formulir yang diberikan
  4. Serahkan formulir ke loket dengan membayar administrasi Rp. 10.000
  5. Pengambilan hasil pembuatan SKCK.
  6. Fotokopi SKCK sebanyak 10 lembar (jika hendak melegalisir)
  7. Serahkan fotokopi ke loket untuk di legalisir (jika hendak melegalisir)

Meskipun terdapat beberapa perbedaan atau kebijakan pada masing – masing daerah tentang teknis cara memperpanjang masa berlaku SKCK, namun secara garis besar kurang lebih sama.

Mungkin anda pernah bertanya – tanya, apa sih bedanya SKCK Polsek dan Polres? sebenarnya perbedaannya hanya pada dimana SKCK itu mau di gunakan. Misal SKCK digunakan untuk melamar kerja di dalam kota, maka SKCK Polsek (Kecamatan) sudah cukup, sedangkan jika digunakan di luar kota maka menggunakan SKCK Polres.

Biasanya ketika berada di Polsek anda akan di tanya dimana dan untuk apa SKCK di buat, nanti Polsek yang akan memutuskan apakah cukup SKCK Polsek atau harus ke Polres, jika ke Polres nanti akan di berikan surat pengantarnya.

Baca juga:

Demikian sharing mengenai Cara Memperpanjang SKCK Habis Masa Berlaku semoga bisa membantu.

Vimax Canada
Category: Bisnis Tags: ,

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

52 thoughts on “Cara Memperpanjang SKCK Kadaluarsa Habis Masa Berlaku

  1. Ahmad Aji S

    poin 6 itu yang, Fotokopi SKCK sebanyak 10 lembar. misalkan mau di legalisir aja kan

    Reply
    1. s.magie Post author

      Iya kalau mau di legalisir saja, kalau misalkan tidak ya bisa langsung pulang, kan sudah dapat SKCK-nya.

      Reply
    1. s.magie Post author

      Kalau sudah lebih dari satu tahun prosesnya harus buat lagi seperti pertama kali buat, dari mulai surat pengantar :)

      Reply
  2. Bernadette Lie Chu

    Wktu buat di manado. Masa habis n mau perpanjang di bekasi..caranya ribet gak ya pak/ibu..mksh

    Reply
    1. s.magie Post author

      Sepertinya kalau SKCK itu membuat atau memperpanjangnya di lokasi tempat mas / mba tinggal, belum pernah menanyakan juga apakah SKCK bisa di urus di luar kota/pulau :)

      Reply
  3. Anonymous

    skck sya kn keperluannya bekerja ditaiwan , tpi klo diperpanjang dan diganti dimelamar pekerjaan swasta bisa apa enggk ,

    Reply
    1. s.magie Post author

      Kalau di dalam SKCK ada keterangan untuk melamar kerja di Taiwan, seharusnya kamu membuat baru lagi jika ingin di pergunakan untuk melamar kerja lain. Tapi jika sebenarnya belum ada waktu mengurus SKCK baru mungkin SKCK yang ada digunakan terlebih dahulu dari pada tidak ada sama sekali. Karena sepengalaman saya sebagian besar perusahaan swasta akan mentoleransi sebuah syarat melamar pekerjaan untuk bisa di perbaiki lain kali jika memang kualifikasi si calon pelamar masuk. SKCK sebenarnya merupakan pelengkap, nah yang utama seharusnya adalah kualifikasi kamu :)

      Reply
  4. Foni pancawardani

    Knp di tempat saya biaya administrasi utk memperpanjang skck sebesar Rp 50.000,- itu sudah termasuk legalisir katanya. Blm lg disuruh buat rekomendasi catatan krimininal (RCK) dulu sebesar Rp 15.000,- Apakah itu sudah benar? Mohon informasinya

    Reply
    1. s.magie Post author

      Sayangnya tidak di informasikan apakah itu memperpanjang di Polsek apa Polres, pengalaman kalau di Polsek kemungkinan menghabiskan 50 ribu itu wajar. Saya tidak bisa menjelaskan rincian uang 50 ribu itu untuk apa saja, kalau kamu pernah mengurus SKCK di Polsek pasti paham. Pengalaman saya belum pernah membuat yang namanya RCK, atau mungkin sekarang ini ada kebijakan lain tidak paham. Nah kalau membuat / memperpanjang SKCK di Polres itu lebih rapi dan teratur dan biaya yang di keluarkan biasanya lebih sedikit. Apalagi cuma sekedar memperpanjang, tinggal masuk ke loket serahkan syarat2, bayar dan udah, pengalaman saya di loket tersebut biayanya 10 ribu.

      Reply
  5. Foni pancawardani

    Barusan saya memperpanjang skck di polres dikenakan biaya segitu. Apa itu pungli ya mas? Soalnya nggak ngerti yg begituan hehe..

    Reply
    1. s.magie Post author

      Kalau bayarnya di loket ya tidak pungli, kan di loketnya ada keterangan harganya sendiri. Kalau perpanjang sih biasanya cuma ke loket saja, tidak seperti saat membuat yang biasanya harus tes sidik jari juga. Ya sudah yang penting sudah jadi dan bisa segera di pergunakan sesuai keperluan :)

      Reply
    1. s.magie Post author

      Sepertinya tidak bisa, karena SKCK yang asli tersebut biasanya akan disimpan sebagai berkas.

      Reply
  6. Fadil

    Saya tinggal ditangerang ciledug, bikin skck dipolsek ciledug dan perpanjang ditempat yg sama, tapi untuk melamar kerja didaerah jakarta bisa ga ya?

    Reply
    1. s.magie Post author

      Sebenarnya secara umum tidak ada perusahaan yang melarang SKCK Polsek di buat melamar di kota lain, tapi sebaiknya memang kalau penggunaannya di kota lain sebaiknya memakai SKCK pembuatan di Polres kota/kabupaten. Nah disini tergantung apakah perusahaan tempat mas melamar kerja ada keterangan harus SKCK Polres atau tidak. Sebenarnya kalau melihat teknis di lapangan, ketika syarat melamar kerja kamu kurang sesuai namun kriteria kamu masuk maka perusahaan akan memberikan kesempatan/tenggang waktu bagi kamu untuk melengkapi persyaratan tersebut. Kembali lagi soal SKCK, kalau penggunaan luar kota maka Polres lah yang lebih berwewenang, sedangkan polsek hanya lingkup dalam kota, itu informasi yang saya terima sepanjang membuat SKCK.

      Reply
  7. Elita

    Skck sya sdh mati 3thun trus prosesnya hrs sprti mau buat baru lg?? Alamat tmpat tggal saya skrg dengan ktp sdh berbeda apakah srat pengantarnya hrs dr rt/rw yg sesuai dengan di ktp atau bs dgn alamat tmpat saya tggal skrg??

    Reply
    1. s.magi Post author

      Iya betul sekali Mb Elita, kalau SKCK sudah lebih dari 1 tahun maka sudah tidak bisa di perpanjang melainkan membuat seperti baru kembali dengan surat pengantar. Untuk identitas seharusnya di sesuaikan dengan KTP / Ijazah / akta dan misal pun ada perubahan dan tidak memungkinkan menggunakan identitas sesuai KTP, mungkin bisa menanyakan ke pihak Polsek / Polres apakah bisa membuat SKCK sesuai dengan alamat tempat tinggal sekarang ini.

      Reply
  8. Blenger

    Bang, kalo perpanjang skck yg mati lebih dr 2 taun ga make surat pengantar rt/rw bisa apa kaga ya? Biar langsung ke polsek aja gitu gmana?

    Reply
    1. s.magi Post author

      Kalau kadaluarsa lebih dari 1 tahun maka sebenarnya sudah tidak bisa di perpanjang melainkan harus membuat baru lagi, yakni harus memulai dari surat pengantar terlebih dahulu seperti dulu, pengalaman.

      Reply
  9. leny

    skck saya sudah kadaluarsa 1.5 thn dan sekarang saya akan membuat skck yang baru. tetapi saat ini saya sedang bekerja di luar negri. bisakah saya membuat surat kuasa / memberi kuasa kepada orang tua saya untuk membuatkan skck yang baru dalam hal ini semua persyaratan sudah lengkap termasuk sidik jari ?

    Reply
    1. s.magi Post author

      Kebetulan admin sendiri belum pernah melakukannya dan belum pernah mencoba menanyakan kepada pihak bersangkutan yang mengurus pembuatan SKCK. Tapi ada baiknya coba tanyakan terlebih dahulu hal tersebut apakah bisa di lakukan atau tidak.

      Reply
  10. anurul taufik

    Klo mau perpanjang skck pakek ft kopiny sj bisa gk.aslinya hilang.mksh

    Reply
    1. s.magi Post author

      Setahu admin SKCK asli harus di sertakan, belum paham juga jika ada ketentuan lain jika yang asli sudah hilang atau tidak ada.

      Reply
    1. s.magi Post author

      Kalau SKCK kan berlaku selama 3 atau 6 bulan, namun jika dari tanggal pembuatan SKCK belum lebih 1 tahun maka masih bisa di perpanjang.

      Reply
  11. eni nuraini

    Kn udah pnya sidik jari, klo cman bwa surat pngantar doang bsa gak, SKCK pnya ku udah mti 2 tahun..

    Reply
    1. s.magi Post author

      Sepengetahuan admin kalau SKCK sudah kadaluarsa melebihi 1 tahun maka harus memulai proses pembuatan dari awal lagi, jika kurang yakin bisa coba dengan menanyakan langsung pada polsek / polres tempat kamu hendak membuat atau memperpanjang SKCK.

      Reply
  12. arief

    Mau nanya min klo saya mau perpanjang tapi tidak ada kk apakah masih bisa?
    [edit]Kalau akteu kelahirannya ga ada gmna ya min?
    Apakah masih bisa?

    Reply
    1. s.magi Post author

      Kalau Akta setahu admin bisa di ganti dengan melampirkan data seperti Ijazah, tapi kalau untuk KK kayaknya harus. Atau begini saja coba tanya ke perangkat desa sembari membuat surat pengantar apakah sekiranya bisa tanpa menggunakan KK dan Akta? :)

      Reply
    1. s.magi Post author

      Setahu admin tidak ada denda, mungkin bisa di jelaskan kembali skck lebih dari 3 bulan itu maksudnya bagaimana. Jadi setahu admin ketika umur SKCK sudah lebih dari 1 tahun dari tanggal pembuatan dan sudah kadaluarsa (karena masa aktif SKCK sekitar 3 – 6 bulan) maka tidak bisa di perpanjang melainkan harus membuat baru lagi dan mengulang proses dari seperti buat pertama yakni dari surat pengantar dari desa – kecamatan baru ke polsek / polres :)

      Reply
    1. s.magi Post author

      Admin belum pernah mencobanya dan belum share tutorialnya mas, mungkin sementara bisa googling dulu :)

      Reply
    1. s.magi Post author

      mungkin bisa di tanyakan saja ke petugas atau perangkat desa, mungkin bisa di sertakan dokumen pengganti lainnya :)

      Reply
  13. rida

    skck saya udah mati dari 3 tahun yg lalu. buat bikin ulang surat pengantar itu dari RT, Rw trus apa lagi deh? atau di lampirin dengan berkas” seperti FC KTP dll? terima kasih

    Reply
    1. s.magi Post author

      surat pengantar
      Foto copy KTP
      Pas Photo 4 x 6 (4 lembar: dilebihkan buat jaga-jaga, polres butuh foto lebih banyak)
      Foto copy KK (Kartu Keluarga)
      Foto copy Akta Kelahiran

      nanti dari Desa sudah di kasih tahu berkas yang perlu di bawa
      kalau ke polres nanti minta surat pengantar pembuatan SKCK dari polsek :)

      Reply
    1. s.magi Post author

      Kalau SKCKnya belum melebihi satu tahun atau belum melampai tanggal kadaluarsa maka tidak perlu menggunakan pengantar RT RW, pengantar tersebut hanya untuk membuat SKCK baru atau SKCK lama sudah lama mati :)

      Reply
    1. s.magi Post author

      Tidak perlu, jika SKCKnya belum lebih dari 1 tahun maka tinggal bawa yang asli beserta foto saja, sepengalaman admin seperti itu :)

      Reply
  14. fajar

    Skck saya hilang , gimana ya proses nya , padahal baru tanggal 11 november kemarin di perpanjang, tolong info nya

    Reply
    1. s.magi Post author

      Admin belum pernah mengalami kondisi demikian, tapi jika admin di posisi masnya maka pertama admin akan bawa copy dari SKCK ke polsek / polres dan jika tidak bisa maka dengan berat hati harus memulai proses seperti membuat baru kembali :)

      Reply
    1. s.magi Post author

      belum pernah mencoba, tapi sepertinya tidak bisa karena jika di luar domisili berarti kamu di luar tanggung jawab polres / polsek bersangkutan :)

      Reply
  15. doni

    kalo skck yg dr polsek udah punya tapi mau perpanjang ke polres bisa?
    kalo gabisa apa harus buat lagi?

    Reply
    1. s.magi Post author

      Kalau SKCK polsek perpanjangnya ya ke Polsek, soalnya SKCK Polsek sama Polres beda, kalau ingin SKCK Polres tentu harus buat baru lagi dan juga melewati Polsek terlebih dahulu :)

      Reply
  16. Iman

    Maf mo tanya klo SKCK Bisa di perpanjang di polsek laen ga ktp saya daerah wktu bikin di daerah saya bumiayu lalu q mo perpanjang di depok polsek depok bisa ga.

    Reply
    1. s.magi Post author

      setahu saya hal tersebut tidak bisa, karena Surat Keterangan Catatan Kepolisian hanya lingkup Polsek / Polres tempat mas tinggal yang berwenang mengeluarkannya, sepertinya tidak bisa Polsek mengeluarkan SKCK untuk warga dari domisili lain :)

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.