Cara Membuat Widget Recent Post Berdasarkan Kategori di WordPress

By | 4 April 2016

Cara Membuat Widget Recent Post Berdasarkan Kategori di WordPress

Cara Membuat Widget Recent Post Berdasarkan Kategori di WordPress – Peranan widget di blog memang cukup penting, widget juga digunakan sebagai media navigasi oleh pengunjung. Widget recent post atau artikel terbaru yang biasanya di letakkan di sidebar ini memudahkan pengunjung untuk melihat artikel – artikel terbaru kita.

Sayangnya pada blog yang membahas berbagai macam topik, widget recent post menjadi kurang maksimal karena mereka manggabungkan semua kategori dalam satu widget. Hal ini terjadi karena tidak semua pengunjung menyukai semua topik di blog kamu.

Nah, solusi atas permasalahan ini adalah dengan menggunakan widget recent post sesuai kategori atau label yang berbeda – beda. Jadi nantinya sidebar kamu akan ada beberapa deret widget ke bawah, sesuai kategori artikel kamu.

Cara membuat widget recent post berdasarkan kategori artikel

Berbeda dengan di Blogger atau Blogspot yang harus otak – atik script ini dan itu, di WordPress sendiri kamu lebih di manjakan dengan berbagai macam plugin yang bisa kamu manfaatkan sesuai kebutuhan.

Untuk membuat widget recent post berdasar kategori kamu dapat memanfaatkan plugin Category Posts Widget. Berikut ini caranya secara garis besar:

  • install plugin tersebut disini
  • aktifkan plugin
  • langsung pergi ke Appearance – Widget
  • drag widget Category Post ke sidebar kamu dan sesuaikan sendiri

Cara Membuat Widget Recent Post Berdasarkan Kategori di WordPress

Sampai disini kamu sudah berhasil membuat widget artikel terbaru untuk kategori tertentu, silahkan tambahkan widget untuk posisi sidebar lainnya.

Widget ini cukup di rekomendasikan ya? saya lihat instalasi aktif mencapai lebih dari 80.000 dan sering di update pula, jadi terlihat kalau widget ini masih di urusi sama si empunya.

Vimax Canada
Category: Blogging Tags: ,

About s.magi

Jangan berpikir dua kali, ragu-ragu tak memberi kepastian. Mulai bertanya, biar penasaranmu terpuaskan. Gerakkan dunia, jangan biarkan dunia yang menggerakkanmu. Tuliskan kisah hidupmu, hidup terlalu singkat untuk alur kisah orang lain. Melangkahlah kemana hati ini melangkah. Go a head !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.